FAJAR nggak kerasa udah dateng menyingsingkan semburatnya, gua dibangunin Abdullah, bergegas ngambil wudhu buat ke masjid, Khadijah juga sekalian dibangunin karena Ia lagi dapet jatah bulanannya jadi nggak bisa salat berjamaah sama Khadijah. Udah gua bilang kemarin sampai Ken telat dikit ngasih tahunya, momen malem tadi nggak akan pernah ada, gua mungkin masih tertahan jadi calon duda baru yang nunggu jadwal sidang.
Kita berangkat udah naik motor sekarang, jadi udah bisa agak ngebut-ngebut sampai ke masjid yang berlokasi di blok A. Dari blok gua ke masjid udah ujung tembak ujung jauhnya, bayangin kalau mesti naik mobil kaya dulu-dulu, udah lambat, boros lagi.
Kalau dulu posisi gua berusaha hindarin Abdullah sama Abi mertua di saf salat, sekarang udah beda lagi. Gua salatnya sengaja nyempil-nyempilin saf yang sengaja disimpanin Abi buat cucunya. Sekarang Abi mertua udah ngurangin jobnya jadi imam masjid bareng Ustadz Bahar, bukan nggak kuat lagi di usia-usia hampir pensiun nyusulin Papa yang udah pensiun duluan, tapi masjidnya udah kedatangan imam baru yang nggak lain nggak bukan adek gua paling emejing sepanjang masa ini. Ken. Dia dateng dari Turki udah hampir semingguan, nggak tahu gimana ceritanya dia bisa izin nyokap bokap Havva buat relain anaknya ngerantau ke negeri suaminya.
Dan, cepat atau lambat Ia mungkin akan marah besar lagi kalau sampai tahu tentang apa yang pernah terjadi di antara gua dan istri Ken di masa lalu. Tapi, sebelum semua kemungkinan itu terjadi, gua akan mastiin Ia nggak akan cemburu lagi ke perempuan mana pun, karena gua cintanya cuman sama dia. Bahkan sampai kita beda dimensi kelak pun, Ia masih akan selalu sama di dalam hidup gua. Menjadi perempuan tercinta setelah Mama dan Uminya yang melahirkan dia.
Almar’u ma’a man ahabba
Seseorang kelak akan dikumpulkan kembali bersama siapa yang mereka cintai.
(HR. Bukhari dan Muslim)
Ia memang bukan sosok pertama yang gua cintai, tapi dia ada di antara barisan yang selamanya akan tetap gua cintai. Sosok pertama tetap dipegang oleh Dzat yang mahacinta, lalu selanjutnya adalah hamba-hamba-Nya yang punya jasa dalam menghidupi kehidupan gua. Termasuk Ia.
Ibadah berlangsung khidmat, salat Subuh ini berakhir di pukul 05.20. Gua temenin dulu Abdul buat setoran hafalan ke Ustad Bahar, habis pulang sekolah dia nggak ada yang nganter ke tempat ngaji semenjak tinggal di rumah Sarah kemarin, jadi setornya pas subuh beres dia sama suami Sarah salat berjamaah, keterusan deh nyamannya setoran subuh sampai sekarang.
Sampai rumah udah hampir jam enam, setoran tadi sepuluh menit, di perjalanan lima menitan, sampai rumah Abdullah udah bagi kamar mandi sama Khadijah yang mesti ke sekolah masing-masing. Masuk ke kamar anak-anak ... eh masih ada yang masih tidur digangguin Uminya tenyata.
“Assalamu’alaikum, bangun hei,” ucap gua yang minta dia bangun, malah gua sendiri ngambil bantalan di belakang Ia sebantal sama dia sambil tangan gua nyebrang gangguin Edzar juga yang masih molor, rangkap sama modus-modusnya sekalian.
“Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarokatuh, anak-anak udah mandi, Bi?”
“Udah dong. Satu lagi nih, sepaket sama Uminya yang magernya minta ampun. Ayo bangun. Heeeiii…!” Kaki anak gua, gua tarik sampai jatuh dari bantalannya di ketek Ia. Ya Allah, tiga buntut benar-benar mengambil hakku!
“Aaaahhng…” Edzar bergeliat bangun, cepet-cepet gua ngumpetin tangan gua, biar nggak ketahuan yang narik dia siapa.
“Assalamu’alaikum anak sholihnya Umi. Udah bangun, Sayang?”
“Ahhmn… Umi. Utah pagi?” Serak suara khas bangun tidurnya.
“Udah. Ayo bangun, Nak,”
“Miii…” panggilnya kemudian lirih.
KAMU SEDANG MEMBACA
IA & IO
Spiritual"Luluh lantah keinginan gua pengen punya bini cetakan luar negeri!!! Gua super yakin jodoh bakal dari belahan dunia sana ... ini kok jadinya malah runtuh di tetangga!!!" Huft! Panggil aja IA. Pada akhirnya gua fix menjalani kehidupan keluarga baru...