19. Istikharah 3 : Langkah Terakhir

79 22 0
                                    

"IOOO... IOOO... IO... BANGOOON!!!"

Pekikan di pintu luar sana udah mengaung hebat, gua yang sempet bangun salat Isya malam tadi, habis tuh lanjut tidur di jam yang udah nunjuk pukul sepuluh, jadi kebangun lagi sekarang. Jam di dinding masih nunjuk pukul tiga dini hari, orang iseng siapa lagi yang ngebangunin jam segini? Tolong, kalau pengen ngerjain raga gua, ditunda aja dulu. Tunggu hati gua baikan baru raga gua yang dimainin. Tahu kok gua, hidup gua emang paling menarik dijadiin bahan permainan.

Pas gua buka pintu kamar, tiba-tiba muka Ken muncul depan gua. Sebenernya pengen kaget dia tiba-tiba di rumah, setahu gua dia habis jalan-jalan lagi ke belahan dunia Barat tanpa ngajak gua nyari spot wisata sejarah lagi, kali aja jodoh gua nyelip di perjalanan liburan kita lagi kan, siapa yang tahu? Sayang, mood gua lagi nggak bersahabat untuk ketemu siapa pun, termasuk Ken yang tiba-tiba dateng sepagi ini.

"Bisa nggak kalau dateng tuh langsung ke kamar lu aja, nggak usah gangguin orang?!" ketus nada gua yang bener-bener mewakili hati gua yang lagi nggak baikan.

Pintu kamar terbanting keras dan nggak peduli dia ngumpatnya udah kaya apa, gua bisa denger mulut Ken kek nggak punya rem lagi. Kamar kita kebetulan hadap-hadapan, jadi apa yang gua atau dia lakuin bisa kedengeran satu sama lain.

Tidur gua udah keganggu kalau udah begini nih, gua udah nggak bisa balik tidur denger Ken yang geladak-geluduk di kamar ngebongkarin barangnya sepagi ini, ditambah dia ngomel mulu kaya emak-emak nggak dikasih diskon tukang sayur, makin ngebuat kuping panas aja.

Sigap, gua tiba-tiba kepikiran untuk ngambil satu langkah terakhir gua mumpung udah kebangun dan susah balik tidur lagi. Gua berusaha nenangin diri dulu sebelum ngambil wudhu, gua bakal laksanain Istikharah yang terakhir untuk persoalan yang gua hadapin ini!

Apa pun hasilnya kedepan, gua udah siap. Akan sama Aiko atau bukan, gua akan terusin langkah gua.

Kalau emang gua harus nunggu sampai usia gua cukup mateng lagi pun, gua akan siap sembari benerin diri gua juga. Ingat, O, lu tuh nggak tahu apa-apa tentang hidup lu! Allah yang tahu semuanya, jadi minta ke Dia yang maha memahami keresahan lu ini.

"Allahu akbar ..."

Takbir pertama berkumandang lirih di lisan gua dengan penuh permohonan yang besar, gua berharap langkah gua kali ini nggak salah.

Entah ... entah sejak kapan gua jadi berharap Allah menggantikan sosok yang lebih baik kelak jika memang bukan Aiko yang menjadi pilihan yang diperuntukkan buat gua. Gua berharap dia yang menggantikan adalah orang yang paham seluk beluk dunia pernikahan juga seperti Syafira sehingga dia bisa nemenin gua untuk lebih mudah beribadah.

Bukan gua nggak percaya Aiko bisa nemenin gua untuk ibadah juga, tapi gua mengkhawatirkan diri gua sendiri yang mungkin akan terlena dengan tujuan nikah gua yang pengen ibadah. Gua tahu Aiko, gua kenal dia, pun gua tahu gimana cinta gua yang mungkin berlebihan ke dia. Gua nggak pengen berakhir dengan rasa berlebih seperti ini yang berpontensi melukai gua ketika kelak dia mulai berubah, atau mungkin berakhir dengan keseretnya gua masuk pada kecintaan yang melebihi cinta gua kepada Dia yang udah menciptakan gua hadir di bumi-Nya. Gua berharap ketika kelak gua menemukan dia yang benar-benar dipantaskan untuk diri ini, cinta gua ke dia udah bener karena Lillah.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh." Kupalingkan pandangan yang sejak tadi fokus ke sajadah kini menoleh ke kanan dan ke kiri, lalu seraya mengangkat tinggi-tinggi kedua tangan lepas mengusaikan prosesi ibadah dengan salam tadi.

"Ya Allah, hamba memohon petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, hamba memohon keputusan-Mu dengan kekuasaan dan kebesaran-Mu, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedang aku tidak. Engkau maha mengetahui sedang aku tidak, dan Engkaulah yang mengetahui segala yang belum kuketahui,"

IA & IOTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang