WAKTU yang pernah gua omongin bareng Aiko beberapa bulan lalu pun terjadi dan sedang gua jalanin sekarang. Aiko udah pergi melanjutkan pendidikannya di negeri ayahnya dengan menahan gua di negerinya ini menunggu sesuatu yang gua sebut pasti akan datang.
Oh iya, gua lupa ya ngomongin soal Havva dan keluarga gua yang udah terlanjur dateng ke Turki hari itu. Lamaran memang tetap dilaksanakan, tapi bukan atas nama gua. Ken yang maju ngelamar Havva dengan kebocah-bocahannya lamar perempuan di usia 19 tahun, entah dia seriusan atau cuman berusaha nyelametin gua supaya nggak diamukin Mama sama Papa yang repot-repot terbang ke negeri dua benua itu.
Tapi, gua rasa Ken serius sih. Kapan juga dia pernah ada niat nyelametin gua?! Ibarat kata alat dapur, boleh deh dia dijadiin sumbu kompor sakin seringnya percikin api setiap Mama nemu kesalahan gua.
Cuman yang namanya masih kecil, dateng ke keluarga terpelajar, terdidik, terhormat, ngelamar putri bungsunya, ya iyalah ditolak. Papa marah besarnya ke gua sama Ken nggak kira-kira, sampe gua takut balik Indonesia lagi, wkwk, tapi nggak sampe dibuang sih, gua mau makan apa kalau orang tua sendiri nggak ngirimin uang!
Gua juga udah izin ke mereka untuk kerja di sini. Hehe, alesan gua sih kerja, aslinya pengen nunggu Aiko pulang. Pascasarjana nggak bakalan lama kok, dua tahun doang, sekalian gua nyoba dan daftarin diri di salah satu perusahaan otomotif di sini. Berbekal nama kampus yang rating ke-2 universitas berkesan dalam urusan lapangan pekerjaan, masuklah gua di sebuah perusahaan ternama, yang brand-nya di Indonesia pun jadi salah satu brand otomotif yang banyak diminati.
Gua menghabiskan usia dua puluh tiga tahun gua dengan kerja sepanjang hari, malem kadang gua jenguk nyokap Aiko kalau lagi di Jepang, sisanya gabut berantem sama Ken, nelepon Sisi yang udah dipegangin HP, atau kabar-kabaran sama Aiko.
Soal gua sama Aiko, keluarga yang tahu cuman gua sama Ken doang, yang tahu Ken seneng sama siapa juga cuman gua doang, jadi sama-sama jaga rahasia aja. Kadang-kadang nih anak emang comel. Tahu nggak dia seneng sama siapa? Sama Havva, coy! Udah gua bilang dulu dia pasti suka sama si Havva, pake ngeles pengen ngelempar gua ke sayap pesawat segala, eeeh ... dia udah terbang duluan ternyata.
Lebih-lebih jaman gua ta'aruf, katanya Havva nanya soal gua tuh ke Ken langsung, biarpun cemburu jawabin pertanyaan-pertanyaannya Havva, dia tetep suka ternyata, jaman ngelamar pun Ken sakit hati parah ditolak keluarganya dengan alasan anaknya mau dikasih makan apa? Keluarga Havva ada benernya, ada nggak benernya juga sih. Ken aja masih dibiayai, pake acara pengen biayain anak orang segala. Nggak benernya karena gua sendiri pernah denger keajaiban kalau setelah nikah tuh rezeki seseorang akan diperlancar, jadi nggak perlu khawatir soal rezeki. Setiap orang kan punya rezeki masing-masing, nah kalau udah nikah kan otomatis rezeki berupa kebutuhan bakal dicari suami, suami juga ya nggak mungkin lah leha-leha doang, rezeki tuh dicari ya boys, bukan ditunggu. Buat yang cewek rezekinya insyaa Allah ditungguin aja, biar laki-laki yang nyari. Seberapa yang lu dapet, ya berarti rezeki buat lu dan keluarga lu segitu.
Gua kadang-kadang suka encer juga ya ngomongnya, nggak sia-sia gua dicambok-cambokin Ustadz Bahar dulu kalau ngomongnya udah setinggi ini, ehehe. Mana bisa dulu gua fokus nginget apa kata Ustadz Bahar kalau dikit-dikit ngantuk, habis ngantuk dibiarin doang. Menurut gua ya, dari pengalaman dididik Ustadz Bahar, yang manja kaya gua gini tuh nggak boleh dilembutin, ada gua makin lembek kalau gua ditegur dikit tiba-tiba nangis habis tuh guru gua yang minta maaf.
Kan kedengeran kurang ajar gua!
Makanya cara termutakhir saat itu adalah dengan maksain murid-murid paham apa kata gurunya. Jadilah pelepah tipis yang sengaja ditaro di atas meja ngebuat gua mesti perhatiin apa kaya Ustadz Bahar. Hasilnya, bisa lu liat sekarang. Ilmu gua yang udah hampir dua dasawarsa mau dipaksa keluar dari kepala pun nggak bisa-bisa lagi keluar.
Anak sekarang? Dipelototin doang, udah ngadu ke polsek? Durhaka lu! Beneran! Lapor tuh kalau masalahnya emang udah krusial, penganiayaan kek, pelecehan kek, ini dipelototin doang, masa ke polsek? Belum pernah lu gua kenalin pelepah Ustadz Bahar.
Btw, ngomong soal Ustadz Bahar, gua jadi inget murid kesayangannya yang nggak lain tetangga gua sendiri. Jadi, si Syafira Syafira itu, dulu jaman ngaji tuh paling cakep bacaannya. Tiap Jumat kan Ustadz Bahar ngetes bacaan kita, dari tajwidnya segala macem tuh mesti bener semua, otomatis semua yang ngaji baik yang dilatih sama dia ataupun istrinya, Ustadzah Dita, kumpul semua di masjid beres jum'atan. Dulu kita ngaji tuh cewek cowok dipisahin, yang cewek ngikut Ustadzah Dita, cowok ngikut Ustadz Bahar. Kumpul tuh di hari Jumat, dites dua orang-dua orang, pas giliran gua, gua dapetnya ternyata sama si dia. Tahu reaksi dia gimana? Pulang dia!
Itu ngeselin banget sumpah, gua ampe ngaca di rumah berkali-kali, nyari sisi gua yang mirip genderuwo di badan. Kagak ada. Masih ganteng alhamdulillah. Dia aja yang aneh! Nggak ada angin, nggak ada badai, tiba-tiba pulang cuman karena pasangan ngajinya gua.
Pernah juga kita kalau Ahad kan mesti kultum pagi-pagi––btw, dulu gua masih sholeh banget jaman kecil, gede doang baru salah––kultum tuh tempatnya ilmu dan pelepah nangkring di atas meja Ustadz Bahar nyongkelin siapa-siapa yang masih tidur. Si Bisu nih pas hari itu diminta Ustadz Bahar maju ke depan, maju tuh dia, ngasih salam, mukaddimah, lu tahu nggak setelah itu dia ngapain? Dia ngacuhin gua, tahu! Nggak nengok sama sekali ke barisan cowok gara-gara gua duduk paling depan doang! Mikir keras tuh gua, nih orang ada masalah apa coba ke gua? Suka kali ya sama gua? Suka tuh ngomong!
Ets, bentar! Emang kalau dia ngomong, gua mau ngapain coba? Nggak mungkin gua tiba-tiba ikutan suka sama dia, kan? Oh, no, no, no! Gua udah punya Aiko dan gua bakal pamerin tuh ke dia kalau emang dia suka sama gua. Nih bini gua!
Udah ah, males nginget tuh sisa-sisa manusia jaman batu. Mending gua telepon Aiko, pujaan hati gua yang bentar lagi bakal jadi milik gua, SEUTUHNYA.
Emang cuman dia apa yang sekarang bahagia sama suaminya yang ngelamar dia pas gua mau berangkat ke Jepang? Gua juga bakal bahagia kali!
***
To be continued
KAMU SEDANG MEMBACA
IA & IO
Spiritual"Luluh lantah keinginan gua pengen punya bini cetakan luar negeri!!! Gua super yakin jodoh bakal dari belahan dunia sana ... ini kok jadinya malah runtuh di tetangga!!!" Huft! Panggil aja IA. Pada akhirnya gua fix menjalani kehidupan keluarga baru...