Esoknya di kantin sekolah
"Kenapa dah sekarang muka lu jadi ikutan kusut?" Tangan Kwill meraup wajah Caplang.
"Lu pada kan tau, Engkong gue punya empang ikan."
"Hmm" jawab mereka kompak sambil manggut-manggut.
"Pas banget temennya babe ada yang buka restoran ikan."
"Hmm.."
"Trus diajakan laaah temennya babe ke empang buat liat-liat ikan. Temennya babe seneng banget tuuuh liat ikan pada gede-gede montok-montok."
"Hmmm"
"Pan nego dah tuuuh engkong sama temenya babe."
"Hmmm"
"Harganya dah cocok niiih kaaan."
"Hmmm"
"Dianterlaaah tuuuh ikan-ikan ketempatnya temen babe gue."
"Hmmmm"
"Trus masalahnya dimana?" Celetuk Excell.
"Hmmm" yang lain ikut ngangguk.
"Yaelah... sabar napah. Pan gua lagi cerita."
"Ya udah lanjuuut." Tukas Kwill.
"Trus batiba, Ncang gue dateng..set..set(sambil meragain).' Eh...gua denger lu jual ikan babe.'
'Iye, nape emang?', ' sini lah bagi hasilnya' masa gitu kata Ncang gue. Hasil darimanaaa pan coba? Yang punya empang pan Engkong, yang ngurus empang babe sama anak buahnya babe. Lah kok dia bisa minta uang juga??! Lah mending dateng baek-baek, minta baek-baek. Laaah ini dateng petantang-petenteng. Kagak pake Assalmualaikum, kaga pake ketok pintu, maen masuk kamar babe."
"Uuuuhhhh"
"Laaah kalo babe gue lagi indehoy ama emak gue gimana?"
"Masa iya mau indehoy kagak di kunci tuh pintunye?"
"Yaaa kan maksud gue istilahnya, kemana gitu sopan santun nya. Giliran gue kerumahnya dia, kalo kagak asalmualaikum sama lepas sendal jepit, ngebacot dah dia."
"Trus masalahnya dimana?"
"Execll masalahnya, Ncangnya Caplang masuk tidak pakai permisi. Dan juga minta uang hasil penjualan ikan."
"Iyaaa...gue tau Ibra, yang gue mau tau...ampe ribut kagak?"
"Ampe laaaah...masa iya kagak? Iyakan Plang?" Sahut Kwill.
"Iya...pan jelas dia udah minta warisan. Dah noh di bagi-bagi..."
"Gila...Engkong lu kan masih nafas...kok bisa udah bagi-bagi warisan?" Celetuk Cheallse.
"Ini dia juga masalahnya, istrinya Ncang matre banget, pelit banget..."
"Eh lu baek-baek daah tuh lu kali ngomong, ntar lu dapet istri kaya gitu."
"Diiih amit-amit dah jabang bayi. Omongan lu yaaaak." Pekik Caplang
"Trus duit ny di kasih gak?"
"Kagak laaag..gila kali yak tuh orang."
"Lu mana tau, emang lu liat sendiri?"
"Kebetulan Engkong sama Nyai lagi makan, trus kan mereka mau nengahin, tapi Ncang tetep keukeh minta duit hasil empang. Awalnya emang yaudah mau di kasihlaah dikit, tapi pas dikasih..masih gak terima, pilih kasih lah alasannya, Nyai sedih laaah trus nangis. Engkong juga ngasih taukan udah pada dapet jatah masing-masing. Tapi Ncang masih gak terima, ribut dahh tuuuh sampe Nyai pingsan...kita mau nolongin kagak boleh, tetangga gue denger tuuuh. Trus panggil ade nya Engkong. Coba ada gue di situ!!." Katanya kesal
"Cuss laaah kita OTW."
"Kemana Cell??"
"Kerumah Ncang lu laaah..."
"Ngapain?"
"Kalian tau kaaaan...kita kalo kerumah Caplang, Engkong pasti ngambil ikan yang gede-dege buat kita makan dan bawa pulang, Nyai juga suka bikinin kita jajanan dari kita masih kecil. Ya kali kita diem aja??"
"OTW laaah gua ikut!! Gue juga kesel sama Ncang lu!!"
"Bukannya kalau kalian berkelahi malah akan membuat suasananya malah tambah berantakan?"
"Iyaa lu Cell...tapi gak enak juga siiih kalo punya sodara kaya gitu." Ungkap Alex.
"Iyaaa...tuman jadi nya." Ungkap Tohir.
"Mmm...ya udah kalian tenang ajaaa." Kata Excell sambil senyum. Axcell dan Tohir cuma bisa saling ngelirik dan kemudian menghela nafas.
"Kenapa kalian?" Bisik Alex ke Axcell
"Gak papa.." katanya enggan.
"Dah bell...ayok laaah balik ke kelas dulu." Ajak Kwill.
Di kelas Caplang sudah mulai agak tenang setelah dia curhat, sekalipun dia masih agak kesel karena pasti Ncangnya bakalan datang lagi buat nyari ribut. Semenjak Ncang nya nikah dan punya anak Ncang nya makin kurang ajar ke Engkong dan Nyai. Dari minta warisan dibagi di awal, yang gak mau juga jengukin Engkong dan Nyai dan sekarang minta hasil empang yang jelas-jelas gak pernah ikutan ngurus.
'Semoga Excell gak berlebihan, bisa gawat kalo dia berlebihan. Apalagi Istrinya Ncang juga punya bekingan. Haaaah'
Di kelas Axcell.
"Lu mau ngapain?" Toyor Axcell
"Menurut luuuu?"
"Inget..istrinya punya bekingan."
"Si kucing garong??"
"Iya si kucing garong!"
"Si kucing garong malahan minta di lepas...makannya udah mulai gak enak."
"Apa makanannya?"
"Dia mau makan Nyai."
"APA??!!" semua anak di kelas langsung natap Axcell.
"Sorry..sorry...sorry" kata Axcell nyengir.
"Lu tau dari mana?"
"Nyai itu bau nya enak.. paling enak di antara yang lainnya. Si kucing garong pengen banget. Lu tau kan umur Nyai udah mau 70thn? Pas nanti 70tahun, waktu yang di tunggu sama si kucing garong."
"Trus lu mau pake apa?"
"Lu tau gak...kenapa kucing garong gak berani deketin Nyai?"
"Kaga"
"Karena Nyai juga punya kucing garong, tapi Nyai gak tau. Ntar gue lepasin kucing garongnya Nyai."
"Kok gue gak tau kalo Nyai punyai kucing garong?"
"Nyai aja gak tau kalo dia punya kucing garong, jelas aja lu sama Tohir gak bakalan tau."
"Kok lu tau?"
"Lu kan tau, alasannya."
"Trus si kucing garong selama ini ada dimana?"
"Di alam bawah sadarnya Nyai."
"Trus gimana cara lu banguninnya? Trus kalo di lepasin Nyai gimana?"
"Mmm...lu tau kaaaan kalo orang punya pegangan, pas sakaratull maut pastikan bakalan susah. Jadi...bakalan gue lepasin. Tapi gue juga harus bilang kekeluarganya Nyai, minimal kekeluarganya laaah."
"Caranya?"
"Kan tadi lu pada gue ajakin OTW."
"Gue tau OTW lu yang sekarang sama yang tadi beda." Toyor Axcell.
"Haaaahh...bisa gak siiih lu gak toyor kepala gue??!"
"Iye..iye..iyeee" Axcell ngusek-ngusek rambutnya.
"Hhuuuhh!!" Kezel.
KAMU SEDANG MEMBACA
Best Friends
Teen Fiction"excel aku suka kamu" ucap aisah Tuhan 1+ Tuhan 1, akankah kita bisa bersama? hujan badai rumahtangga dengan orang ke 3 mencintai yang sesama umatnya, tapi salah jenisnya.