Chapter 17

565 39 0
                                    

Buk!

Dukk!!

Brukk!!

“Aww!!!”

“Aduh! Aduh! Ampuuun!  Saya kapooook!!!”

Mendengar  suara  gedubrak  rusuh  dari  dalam  disertai  suara  pekikkan  dari  Mbah Ker,  membuat  kami bertiga semakin membelalak.

Brukk!!!

Mbah  Ker  tiba-tiba  jatuh  terjerembab  di  depan  kami  yang  sedari  tadi  menunggu  di depan  pintu.  Kalau  kata  Mas  Sugeng,  itu  namanya  nyungsep.  Kak  Auston  dengan  sigap membantu Mbah Ker  untuk  berdiri. 

“Gimana, Mbah?”

Mbah  Ker  kurasa  tidak  mendengarkan  pertanyaan  Kak  Auston.  Buktinya,  matanya bergerak  liar  ke  sana  kemari.  Wajahnya  pucat  dan  kelihatan  parno  begitu.  Aku  jadi waswas kalau saja Mbah Ker justru kerasukan  hantu di dalam tadi.

Waduh.  Itu  bisa  gawat.  Kalau pawangnya hantu saja kerasukan,  bagaimana dengan nasib  kami  yang  zero  masalah  perhantuan  ini?  Siapa  yang  bisa  menyadarkan  Mbah  Ker nanti?

“S-setan...,”

Kami  terkejut  tentu  saja.  Apalagi  kata  itu  keluar  dari  Mbah  Ker  yang  sedari  tadi hanya  diam.  Padahal  kata  Kak  Auston,  Mbah  Ker  ini  jago  sekali  masalah  hantu.  Cih, apanya.  Keraguanku terbukti  sudah.  Dukun ini  pasti kalah dengan  hantu bule  itu.

“Kenapa sama hantunya,  Mbah? Udah pergi,  kan  hantunya?”

Mbah  Ker  malah  semakin  ketakutan  saat  Kak  Auston  menyebut-nyebut  tentang hantu itu lagi. 

“M-mona?”

Hah?  Aku  kontan  menoleh  saat  Mbah  Ker  menyebut  namaku  pelan.  Ekspresinya masih ketakutan. 

“Saya,  Mbah?”  Aku menunjuk  diri sendiri.

Entah  kenapa,  Mbah  Ker  tiba-tiba  melotot  melihatku  dan  langsung  mundur.  Dalam sekejap,  dia  lantas  berlari  menjauhi  rumah  kami  sambil  berteriak  nyaring.  Aku  sampai waswas kalau-kalau ada tetangga yang mendengarnya.

“Aaaa!!!  Saya kapoook!!  Jangan  panggil saya ke sini  lagiii!!”

Kami  bertiga  dibuat  terperangah  di  tempat.  Apalagi  saat  mendengar  teriakan Mbah  Ker.  Aku  tidak  percaya  apa  yang  sudah  hantu  itu  perbuat  sampai-sampai membuat simbah itu lari tunggang-langgang.

Aku  menelan  ludah  gugup.  Kulirik  Kak  Auston  yang  mematung  di  sebelahku.  “Kak, terus gimana?”

Kak  Auston  dengan  cepat  mengubah  ekspresinya  menjadi  datar.  Melupakan  kalau dia tadi juga ketakutan.  Maniknya menatapku lekat.  “Kenapa tanya,  kakak?”

“Lha,  yang  bawa dukun itu,  kan,  kakak.  Jadi kakak yang  harus tanggung  jawab.”

“Dukun itu bayarnya murah.  Kalo paranormal,  kan  mahal.”

Gubrak! 

Aku  sudah  perkirakan  ini  sebelumnya.  Pantas  saja.  Sejak  kapan  juga  Kak Auston  yang  pelitnya  naudzubillah  itu  mendadak  murah  hati  dengan  memanggil  dukun ke sini.

“Kakak juga kenapa malah manggil dukun?” Aku mengangguki pertanyaan  Mia. “Itu dosa,  Kak.  Ingat dosa.  Kakak,  kan  dosanya udah numpuk,  tuh.” Aku  membenarkan  ucapan  Mia  dalam  hati.  Salah-salah  uang  jajanku  bisa  jadi taruhan.

Kak  Auston  langsung  mendelik  tersinggung.  “Ei!  Masih  bagus  kakak  mau  panggilin dukun buat nurutin  permintaan Mona  yang  aneh itu.”

Syalan!

“Hm...,  aku  penasaran  kenapa  tadi  Mbah  Ker  manggil,  Kak  Mona?  Kok  aku  enggak dipanggil juga?”

Aku menatap  Mia  dengan  tatapan  aku-juga-gak-tau.  Lalu  Kak  Auston  menimpali  tiba-tiba.  “Tapi  Mbah  Ker  tau  darimana  nama  kamu? Perasaan kakak gak pernah kasih tau dia.”

Aku  diam.  Apa  mungkin  hantu  bule  itu  yang  memberi  tahu  Mbak  Ker?  Tapi  masa iya? Untuk  apa juga?

“Udah,  udah.  Sekarang  kita masuk,”  Kak  Auston menatapku.  “Kamu  duluan,  Mon.”

Aku mendelik  kaget.  “Lho, kenapa jadi aku?”

“Huuuh,  untung Kak  Mona  yang  suruh  masuk  duluan.”  

Delikanku makin tajam.  “Bukannya belain malah mendukung.”

Mia  cengengesan.  “Karena  ini  patut  didukung.”  Dia  lalu  mengusap  dadanya  lega. “Untung bukan  aku  yang  disuruh masuk  duluan.”

Kak Auston mengangguk  setuju.  “Sana  masuk.”

Aku  melengos  jengkel.  Kuhentakkan  kaki  kesal  sembari  berjalan  mendekati  pintu. Leherku  memanjang,  mengintip  dari  luar  keadaan  di  dalam  rumah.  Aku  menganga takjub.  Sungguh,  aku  berani  sumpah  kalau  tadi  sempat  mendengar  suara  macam-macam  benda  yang  mungkin  jatuh  dari  tempatnya.  Tapi  begitu  melihatnya  langsung, semua  benda  ada  di  tempatnya  masing-masing.  Masih  persis  sama  seperti  tidak  pernah terjadi  apapun  sebelumnya. 

Padahal,  tadi  saat Mbah  Ker  berteriak  ketakutan,  ada  suara-suara seperti benda jatuh  atau  dilemparkan  begitu.  Ini  aneh.

“Mona,  masuk.  Ngapain  malah ngintip,  nanti  dikira maling.”

Aku  menoleh  malas.  “Mana  ada  maling  di  rumahnya  sendiri,  Kak.”  Lantas kulangkahkan  kaki ke  dalam diikuti dua saudara  absurd  di belakang. Tidak  ada  apa-apa.  Keningku  berkerut  serius.  Apa  yang  sebenarnya  hantu  itu lakukan  pada rumahku?

***

Aku  berguling  di  atas  kasur,  mengutak-atik  ponsel.  Dan  memilih  untuk  bermain game. Arrgh!  Kepalaku  pening.  Boro-boro  belajar,  padahal  lusa  ada  ujian.  Aku  sangat bingung,  entah harus bagaimana  lagi.  Misiku  mengusir hantu itu gatot.  Alias gagal total.

Mendadak  hawa  di  kamar  berubah  dingin.  Aku  terkesiap  dan  kontan  bangkit  dari rebahan.

“Sudah selesai  mencari  sesuatu  dari benda persegi itu?”

Emak! Aku  tak  berani  menoleh.  Dengan  kaki  gemetar,  aku  melangkah  menuju  pintu dengan  perlahan.  Tak  apa,  perlahan  asal selamat.

Suara decakan  terdengar.  “Selalu saja begini,”

Aku  diam.  Jantungku  mencelos  saat  tiba-tiba  saja  hantu  bule  itu  sudah  berdiri tegak di hadapanku.  Menutupi  pintu.   “Bisa  tidak,  sekaliii...,  saja  kita  bicara  baik-baik?  Aku  tidak  akan  menyakitimu. Sungguh.”

Aku  masih  diam.  Tidak  tahu  harus  melakukan  atau  bicara  apa.  Otakku  mendadak buntu  untuk  berpikir.  Meski  gemetar,  diam-diam  kutatap  ragu  kedua  bola  mata  biru  itu. Sinarnya redup.  Namun dapat  kutangkap  ketulusan tak terbatas lewat  pancarannya.

Seulas  senyum  menawan  terbit  di  bibirnya  yang  pucat.  Aku  yakin,  kalau  saja  dia masih hidup,  pasti bibir itu berwarna merah muda.   “Kamu tidak akan  lari lagi,  kan  kali  ini?”

Aku  masih  tetap  diam.  Untuk  pertama  kalinya,  kehadiran  hantu  itu  tidak membuatku  gemetar.  Bahkan  aku  bingung  dengan  diriku  sendiri  yang  justru  tertegun menatapnya.

“Bagus.”  Senyumnya  kian  lebar.  “Sekarang  kita  berkenalan.”  Dia  menyentuhkan tangannya  ke  dada  persis  seperti  cara  berkenalan  orang-orang kerajaan zaman dahulu. Lalu berucap mantap. “Aku, Joe.”  


My Friendly Ghost

My Friendly GhostTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang