K. Sivan (Kailasavadivoo Sivan)

2 1 0
                                    

Kailasavadivoo Sivan, yang lahir pada tanggal 14 April 1957 adalah ilmuwan luar angkasa India yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Organisasi Penelitian Luar Angkasa India dan Komisi Luar Angkasa India. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Pusat Antariksa Vikram Sarabhai dan Liquid Propulsion Systems Centre.

Sivan lahir di Mela Sarakkalvilai, dekat Nagercoil di distrik Kanyakumari di negara bagian Tamil Nadu, India. Ayahnya bernama Kailasa Vadivu dan ibunya bernama Chellam. Sivan berasal dari keluarga petani. Sivan meraih gelar sarjana di bidang teknik dari Institut Teknologi Madras pada tahun 1980. Dia kemudian mendapatkan gelar magister di bidang teknik kedirgantaraan dari Institut Sains India, Bangalore pada tahun 1982, dan mulai bekerja di ISRO. Ia memperoleh gelar doktor dalam bidang teknik kedirgantaraan dari Institut Teknologi India, Bombay pada tahun 2006.

Sivan mengerjakan desain dan pengembangan kendaraan peluncuran untuk Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO). Sivan bergabung dengan ISRO pada tahun 1982 untuk berpartisipasi dalam Proyek Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV). Ia lalu diangkat sebagai Direktur Liquid Propulsion Systems Center ISRO pada tanggal 2 Juli 2014. Sivan memperoleh gelar Doctor of Science (Honoris Causa) dari Universitas Sathyabama di Chennai pada bulan April 2014. Pada tanggal 1 Juni 2015, ia menjadi Direktur Vikram Sarabhai Space Centre. Sivan menjadi kepala ISRO pada 15 Januari 2018. Di masa kepemimpinannya, ISRO meluncurkan Chandrayaan-2, misi kedua ke bulan pada 22 Juli 2019.

AnythingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang