5

20 1 0
                                    

5. Berhenti berharap










9 tahun lalu.




Berawal dari tak sengaja membuka laci kamar lama mamanya di rumah kakek Abimana, Sheey memaksa ingin tahu semuanya.

Segalanya.

Yang bersangkutan dengan Mamanya. Termasuk jawaban mengapa ada photo pernikahan Adistia Sekar dan Raja Pangestu di tahun 1997.

Usia Sheey baru menginjak 14 tahun, dia memaksa akan mengerti apapun yang di maksud dari cerita kakeknya nanti. Tepat, dihari hari kenaikan kelas 2 SMP, dia mendapatkan kejutan yang luar biasa.

Ditahun 1997, mamanya menikah dengan Raja Pangestu. Menghadirkan cinta seorang anak laki-laki di tahun 2001, Kenn Bratadikara Pangestu.

“Di usia 1 tahun, Kenn. Mama mu dan Raja resmi berpisah!”

Dengan mata berkaca-kaca Sheey menyahut lemah. “Kenapa....”

Abimana berpaling pada sang cucu, memberinya sorot mata risau. “Kesalahan nenekmu! Terlalu mencampuri rumah tangga putrinya sampai berkibat fatal.”

“Ne-nenek, pasti punya alasan melakukan itu—“

“Ya!”

Napas Sheey tercekat didetik itu juga. Merutuk dalam diam, karna telah mengutarakan pertanyaan tersebut, yang bahkan dia sendiri merasa ragu untuk mendengar jawabannya.

“Menuduh menantunnya selingkuh menjadi tindakan paling buruk, lebih buruk saat nenek mu memiliki bukti seolah itu nyata. Dan semua orang dirumah ini adalah yang terburuk dari perbuatan nenek mu.” Abimana tampak menitikan air mata saat mengingatnya.

“Ka-kalian perca-ya??”

Sang kakek menunduk malu di era tangisnya. Dan Sheey ikut terisak membungkam mulut kuat. gadis 14 tahun itu bersimpuh lemah di lantai berasalan karpet tebal.

1 tahun setelah penceraian, nenek menjodohkan mama dengan Pria bernama Sofyan Irfandy. Anak tunggal dari seorang pejabat jaksa itu mengaku menyukai mamanya, siap menerima dengan sepenuh hati tanpa menghiraukan status janda yang dimiliki. Di tahun 2005 mama menikah dengan Sofyan Irfandy—papanya.

Menjalin rumah tangga selama 6 tahun menjadi rekor terlama dari rumah tangga Sekar sebelumnya. Kehadiran Sheey mungkin menjadi alasan mamanya kuat bertahan.

Tidak ada yang tau kalau papanya itu.

Pemabuk.

Suka marah-marah sama mukul mama.

Puncaknya di tahun 9 dari angka dua ribu, setelah pertengkaran hebat menimbulkan korban jiwa. Sheey yang baru berumur 3 tahunan itu harus menyaksikan perpisahan antara papa dan mamanya.

Mereka bercerai.

Garis takdir hidup tidak ada yang tau. Jodoh, mati seolah menjadi suatu privacy di masing-masing orang. begitupun akhir dari sebuah cerita, mengapa Sheey bisa terdampar dalam kisah Raja dan Sekar.

“Raja, orang pertama yang menolong nyawa Mamamu. Raja orang pertama yang menegak keadilan dalam kasus rumah tangga Mamamu, seolah dia telah menunggu begitu lamanya, Raja datang pada Kakek untuk kembali memantaskan diri menjadi pendamping Mamamu. Tepat, 1 tahun setelah kepergian Nenekmu.”

Point utamanya memang kesalah pahaman. Perselingkuhan dipastikan tidak akan terjadi di kisah orang yang saling mencintai. Dan apa yang dilihat Sheey pada seorang Raja memang begitu nyata. Menyayangkan takdir yang membawa mereka kedalam jurang penyelesaian bertahun-tahun lamanya.

It's Me (ON GOING)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang