11. Wonbin dan Kehidupannya

219 27 2
                                    

──────────────────────
Recommended Song to Listen:

STREET SPIRIT (FADE OUT) - RADIOHEAD

Happy Reading! 📖

──────────────────────


Wonbin masih aja ngelamun dengan perasaan merana dalam hati yang tak kunjung reda. Sambil menikmati rokok djarcok dan kopi di sore hari, dia duduk sendirian di teras rumah.

Udah dua hari an Wonbin gak pergi ke fotokopi, soalnya dia "dikurung" sama emaknya. Lagian suruh siapa gak pulang ke rumah hampir seminggu?

Sambil memutar lagu Street Spirit (Fade Out) punyanya Radiohead, dia ngelamunin kehidupannya yang membosankan. Entah kenapa suara Thom Yorke yang udah bikin galau gulana, makin-makin bikin mewek.

Karina yang habis pulang kerja dari pabrik, langsung disuguhi pemandangan menyedihkan oleh adiknya yang bongsor itu. Karina langsung nyamperin adeknya terus duduk disampingnya.

"Lu kenapa lagi, sih? Ada masalah apa sebenernya?" tanya Karina yang mulai khawatir, takut adeknya kejerat pinjol terus dikejar-kejar debt colector.

"Gak apa-apa. Lagi menikmati senja yang lebih muram dari biasanya." bales si Wonbin yang lagi kesurupan Jason Ranti. Puitis abis ngomongnya.

Karina menghela nafas pelan, ngerasa emang ada yang gak beres sama adeknya. "Ada apa, sih? Lu gak bosen nyembunyiin perasaan lu kayak gini? Gue kakak lu, Bin. Lu punya gue kalo lu ada apa-apa."

Wonbin cuman diem terus lanjut ngisep rokok djarcok nya yang terasa lebih berat. Itu kretek rasanya lebih panas di tenggorokan dari biasanya.

Karina juga milih diem aja. Dia tau adeknya gak akan ngomong kalo bukan karena dia sendiri yang mau. Karina ikutan ngelamun sambil natap langit jingga, mikirin cicilan rumah yang belum selesai.

"Kak, lu kangen Bapak gak?" celetuk Wonbin tiba-tiba sambil niup asap rokok ke langit yang jauh.

Karina reflek nengok kearah Wonbin dengan ekspresi kaget, walau ujung-ujungnya berubah jadi masam. Karina ngalihin pandangannya ke lantai teras yang udah retak-retak, karena udah diinjak-injak bertahun-tahun.

"Dikit." jawab Karina.

"Bohong."

Karina cuman nunduk sambil mainin kuku buat ngedistraksi pikirannya yang udah kemana-mana.

"Emak kemarin nangis-nangis tuh karena dia takut gua kayak Bapak, ya?" tanya Wonbin lagi sambil nyenderin punggungnya ke kursi.

"Apa sih, Bin? Lu jangan ngelantur kemana-mana. Emak tuh khawatir lu kenapa-napa. Emang gak wajar seorang ibu khawatir ke anaknya sendiri?" kata si Karina sambil mengerutkan dahinya.

Wonbin mengangkat bahunya terus nyeruput kopinya yang udah mulai dingin. "Khawatir takut anaknya nyusul bapaknya."

"Wonbin!"

Karina greget banget pengen nimpuk si Wonbin, cuman dia juga gak tega kalo lagi mode sad begini. Karina menghela nafasnya berat sambil mijet pelipisnya.

"Gua kangen deh sama Bapak, pengen ngobrol."

Kata-kata Wonbin bikin Karina ngerasa hatinya makin berat. "Ya... Gua juga, sih..."

Kedua kakak beradik itu ujung-ujungnya menghabiskan sore sambil merenung dengan pikiran masing-masing sampai gak ngeh kalo sore udah berganti jadi malam.

"Wonbin? Karina?" Panggil seseorang dari dalam rumah yang langsung dibalas sahutan oleh keduanya.

"Iya, sebentar."

Karina salim dulu ke Emak sebelum pergi ke kamar buat ganti baju. Sementara Wonbin langsung aja ke belakang buat naro gelas kotor bekas kopi, sekalian dicuci.

Emak yang baru beres masak, langsung nyamperin Wonbin yang lagi sibuk nyuci gelas. "Bin... Aya naon? (Ada apa?)"

"Teu nanaon Wonbin mah, Mak. Ieu jagjag wae. (Wonbin gak-apa kok, Mak. Ini sehat-sehat aja.)" balas Wonbin sambil senyum ke Emak.

Emak ngegelengin kepalanya terus nepuk pundak Wonbin. "Emak tadi ngadangukeun pas Wonbin jeng Karina nuju ngobrol di teras. (Emak tadi ngedengerin pas Wonbin dan Karina lagi ngobrol di teras.)"

Wonbin menghela nafasnya terus matiin keran air cuci piring. "Aslina, Mak... Teu nanaon. Biasa weh ai anak muda mah sok galau. (Beneran, Mak... Gak apa-apa. Biasalah anak muda suka galau.)"

Emak yang masih gak percaya terus ngeliat kearah si Wonbin, seolah nunggu dia buat jujur. Wonbin langsung alihin obrolan, gak mau ngobrol soal hal yang bisa nyakitin Emak.

"Mak, udah masak? Wonbin lapar." kata si Wonbin sambil cengengesan.

"Udah atuh. Tapi cuman sama itu tuh, kangkung sama tempe. Gak apa-apa?" Wonbin langsung ngegelengin kepalanya sambil megang tangan Emaknya.

"Gak apa-apa atuh, Mak. Apapun masakannya, kalau Emak yang masak pasti enak." jawab Wonbin sambil nyengir.

Emak cuman senyum tipis. "Ada-ada aja. Yaudah, sok makan. Karina mah paling ketiduran lagi di kamarnya, mau Emak bangunin dulu."

Sambil nunggu Emak sama Karina, sedangkan Wonbin langsung duduk di meja makan. Mata Wonbin langsung tertuju ke kursi kosong didepannya yang udah gak ditempatin siapapun bertahun-tahun, kursinya Bapak.

Wonbin langsung ngegelengin kepalanya, nyoba gak berlarut-larut dalam kesedihan. Dia langsung aja nyuap, walau pikirannya melayang-layang.

Padahal kalo Bapak masih disini, Wonbin mau cerita banyak. Cerita soal temen-temennya, love-hate relationship dia sama kerjaannya sekarang, dan soal Minji.

"Wonbin galau tau, Pak. Mana galaunya soal cewek, jelek banget. Bukan pacar lagi, hadeh." gumam Wonbin sambil ngunyah makanannya.

"Menurut Bapak, mending Wonbin ngapain?" tanya Wonbin kearah kursi kosong didepannya.

Setelah beberapa saat, Wonbin menghela nafasnya, ngerasa udah gila ngomong sendirian di meja makan. Dia langsung masukin banyak nasi ke mulutnya biar dia fokus makan, daripada mikirin yang aneh-aneh.








──────────────────────
( IAN Note! )

Halo semuanya!
Apa kabar? Semoga semuanya sehat-sehat selalu, ya.

Di chapter ini sengaja saya buat lebih fokus ke Wonbin dan kehidupannya, biar readers bisa lebih mengenal si tukang fotokopian kesayangan kita.

Makasih juga buat readers sekalian yang sudah setia membaca work FOTOCOPY, serta selalu meninggalkan bintang dan komentar untuk saya. Senang kali rasanya bisa berinteraksi dengan kalian semua!

Kritik dan saran juga akan saya tampung dengan senang hati. Jadi jangan sungkan-sungkan, ya.

See you, all!

FOTOCOPY | Wonbin & Minji (AU)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang