"Lah, Ara tumben banget ya telat?"
Azizi menggendikan kedua bahunya nggak tahu pas Adel bilang gitu ke dia. Iya, tumben banget emang Ara datang terlambat. Karena biasanya, Ara itu selalu datang paling awal di kelas XI IPA 2.
Azizi dan Adel hanya mengamati temennya itu yang lagi di hukum hormat sama bendera merah putih selama dua puluh menit. Dan hari ini, cuma Ara sendirian yang di hukum di lapangan karena murid SMA Margareth yang lain nggak ada yang datang terlambat.
Dibawah langit biru dengan matahari yang sangat terasa panas, Ara berdiri tegap sambil meletakkan tangan kanannya di dahi sisi kanannya yang berpeluh. Sesekali, nafas Ara terdengar nggak beraturan. Capek rasanya. Tapi mau nggak mau dia harus ngejalanin hukumannya.
"Capek kan? Siapa suruh terlambat," Ucap Hansel, ketua OSIS SMA Margareth kayak ngeledek.
Tangan kiri Ara mengepal, nahan emosi itu berat banget menurut Ara. Kadang Ara suka heran. Kenapa Hansel selalu aja bersikap menyebalkan sama dia.
Nggak hanya sekarang aja, Hansel seringkali gangguin Ara di sekolah. Mulai dari sengaja nabrak Ara, numpahin jus jeruk di mangkuk bakso Ara, dan bahkan pernah ngempesin ban mobil Ara. Anehnya, cuma sama Ara. Ke murid yang lain, malahan dia orangnya manis banget.
Hansel ngelirik arlojinya. "Udah dua puluh menit. Cabut dah lo," Ucap Hansel terus ninggalin Ara gitu aja di lapangan.
Ara cuma hela nafasnya aja. Rasanya, tenaga dia udah habis untuk ngeluapin emosinya ke Hansel.
"Hai, Ra!"
Ara langsung noleh ke asal suara. Pas liat ada cewek cantik yang nyamperin dia, Ara langsung senyum. Bukan karena Ara genit ya, tapi itu udah emang jadi kebiasaan Ara yang selalu bersikap ramah ke semua orang.
"Hai juga, Kath." Ucap Ara balas menyapa. Cewek itu ikut senyum. Terus dia nyodorin sebotol air mineral dingin ke Ara.
"Ini buat lo. Pasti capek banget kan?" Ara ngambil pemberian cewek yang di panggilnya Kath tadi sambil masang muka nggak enaknya.
"Nggak kok, nggak terlalu capek. Eh btw makasih ya ini, maaf ya jadi ngerepotin." Kata Ara ngangkat air mineralnya.
"Nggak ngerepotin kok, Ra. Santai aja."
Ara ngangguk-ngangguk. "Nggak ke kelas, Kath? Masa iya waketos bolos pelajaran." Tanya Ara ketawa pelan. Ngomong-ngomong, cewek yang sekarang ngobrol sama Ara namanya tuh Kathrina. Dia wakil ketua OSIS SMA Margareth. Jago banget bahasa Inggris dan ramah banget terutama sama Ara.
"Lah, lo nggak tau? Kan guru guru lagi pada rapat." Jelas Kathrina.
Ara menggeleng nggak tau. "Gue nggak tau. Mungkin gara-gara gue dihukum makanya gue sampe ketinggalan informasi."
"Ah iya juga ya. By the way, lo kenapa datangnya telat? Nggak biasanya tau lo begini," Tanya Kathrina nampak penasaran.
Ara senyum canggung. Dia males banget buat ngakuin alasan sebenarnya dia terlambat. Apalagi untuk orang-orang yang di anggapnya cuma teman sebatas lalu, Ara sangat nggak mau bercerita secara terbuka sama mereka.
"Eee... Ada something yang bikin gue datang terlambat gini. Eh, gue ke kelas duluan ya? Hari ini gue belum ada ketemu sama temen-temen gue, tas gue aja masih gue taro disitu." Ara nunjukin tasnya yang tergeletak di tepi lapangan. Ara sengaja bilang kayak gini. Karena kali ini, Ara mau ngehindar dari Kathrina. Ara takut ditanyain lebih dalam lagi.
"Tapi kan, gue juga temen lo." Balas Kathrina ngebuat Ara makin makin canggungnya.
Ngeliat Ara yang mulai nunjukin gelagat aneh, Kathrina langsung ketawa. "Bercanda kali, Ra. Yaudah deh buruan masuk ke kelas sana. Next time kita ngobrol lagi oke?"
"Siap mbak waketos. Gue pergi dulu ya." Ara senyum terus pergi ngejauhin Kathrina yang ikut senyum sama dia. Nggak lupa Ara ngambil tasnya terus dia cepat-cepat pergi ke kelasnya.
"Nah itu dia sohib gue. Sehat bre?" Ucap Adel dengan suaranya yang kuat pas Ara masuk ke kelas.
Ara tos-san sama Adel, sama Azizi juga tentunya. "Kalo gue nggak sehat, nggak mungkin gue ada disini kali."
"Iya juga sih. Eh btw, tumbenan amat lu telat? Ada masalah?" Tanya Adel sama Ara yang lagi sibuk beresin barangnya.
"Ada, gue mau cerita nih." Ara narik kursinya buat deketan sama temen-temennya. "Tapi ntaran aja deh. Nggak seru kalo di ceritain disini."
***
"Raaa, mau kemanaa?" Tanya Chika pas ngeliat Ara pake baju rapih yang kayaknya mau keluar.
"Main sama temen gue. Lo di rumah aja, jangan kemana-mana." Kata Ara sambil make jam tangannya.
"Ish nggak mau!" Protes Chika cemberut. "Bosen banget kalo dirumah sendirian."
"Bukan urusan gue sih," Balas Ara. "Eh, lu ada liat kunci motor gue nggak?" Tanya Ara nyari nyari kunci motornya yang nggak keliatan.
Chika yang lagi duduk di sofa ikutan nyari dari jauh. Pas ngeliat kunci motor Ara ada di atas lemari dekat tv, Chika langsung cepat-cepat ngambil benda itu dan nyembunyiinnya di balik badannya.
"Nemu nggak lo?" Tanya Ara lagi.
Chika menggeleng. Ara yang curiga sama kondisi muka Chika langsung masang muka mengintimidasi.
"Lo umpetin kan?" Duga Ara jalan pelan-pelan ke dekat Chika.
"Nggak!"
"Boong! Siniin kunci motor guee,"
"Nggak mau!"
Ara langsung nangkep tubuh Chika dan nyari nyari tuh kunci di badannya. Karena Chikanya terus berontak, Ara ngedorong Chika ke sofa terus di timpain sama dia.
"Ih! Awas! Lu berat tau nggak!" Teriak Chika berusaha awasin Ara dari atas badannya.
"Makanya kasihin kunci motor gue!" Balas Ara terus cari kunci motornya.
"Mana sih?!" Kesal Ara karena tuh kunci nggak nemu-nemu.
Ara ngegelitikin badannya Chika. Yang digelitikin langsung ketawa sambil dorong dorong badan Ara. Udah di pukulin berapa kali juga Ara nggak beranjak dari atas badan Chika.
"Ara pergi sanaaa ahahahahaha hahhh capee ahahaha.." Ara terus gelitikin Chika biar anaknya nyerah. Pas ngeliat muka Chika yang udah merah padam, Ara berhenti terus turun dari atas sana.
"Nyerah gue," Kata Ara duduk selonjoran di karpet bulu dekat sofa.
Chika ngeliatin Ara sambil ngos-ngosan. Yang di liatin bales natap, sinis banget pokonya. Belum apa-apa, Ara udah keringetan aja ngadepin si Chika Chika ini.
"Mau lo apaan sih? Hah?"
"Jangan pergiii," Rengek Chika udah kayak anak kecil.
Ara bangkit berdiri sambil ngerapihin bajunya. "Gue bakalan tetap pergi, titik!" Tegas Ara mulai jalan ke pintu keluar.
"Gimana lo mau pergi? Kan kunci motornya belum nemu?" Tanya Chika ngekorin Ara dari belakang.
"Gue bisa pake mobil." Jawab Ara.
"Ihhhh nggak boleh!"
"Siapa lu ngatur-ngatur hidup gue!?"
Chika diam pas Ara ngebentak dia kayak gitu. Hatinya sakit, padahal Chika bukan tipe orang yang baperan.
Chika pergi ninggalin Ara ke kamar dan ngunci pintunya. Ara yang ngeliat itu menghela nafasnya. Sambil mijet pangkal hidungnya yang kerasa berdenyut, Ara jalan deketin pintu kamarnya dan ngedengerin suara Chika yang lagi nangis.
"Anjing lah,"
KAMU SEDANG MEMBACA
GOLDEN HOUR - CHIKARA (On Going)
Novela JuvenilGolden hour, waktu emas. Bagi Ara, waktu emas dirinya adalah ketika sebuah perasaan aneh tiba-tiba tumbuh tanpa disiram saat berada di dekat Chika. "Kalaupun satu dunia menentang perihal kita, aku tidak gentar. Biarlah aku mati di garis perjuangan...