19

191 32 1
                                    

"dimulai dari sini....." sasori menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi kali sisi.

"jadi sekarang ustad akan memberikan soal, ujian kali ini lisan kalian harus cepat menjawabnya. Semakin cepat menjawab nilai akan semakin tinggi, kita mulai" sasori mengambil bukunya dan bersiap membacakan soal.

"Hadits yang ketentuan matan Haditsnya disandarkan kepada Nabi tetapi diriwayatkan dengan kata-kata yang memungkinkan bahwa sandarannya bukan Nabi, disebut…."

"marfu’ Qauli" jawab karin dengan semangatnya.

"hinata?"

"Hadits Marfu’ Sarih"

"Hadits Marfu’ Fi’li" ucap sakura.

"100 untuk sakura" ucap sai.

"ayo lagi ustad next..." Hinata menghelah nafasnya pelan ia mulai fokus.

"dengarkan baik-baik" sai melihat satu persatu santri didepannya.

"Ilmu yang mengkaji tentang para perawi Hadits, baik dari sahabat, tabi’in, maupun angkatan setelahnya disebut ilmu ..."

Hinata mengangkat tangan duluan. "Asbabul wurud"

"karin?" tanya sai.

Karin menggelengkan.

"sakura?"

"Ilmu Rijalul hadits"

Sasori rasanya ingin sekali berteriak menyebut nama sakura karena gemasnya.

"100 untuk sakura" ucap sai.

Hinata dan karin melihat sakura "mbak.. kok bisa tau semua"

"enggak hin, mbak ingat pernah mencatatnya sewaktu ustad shikamaru menjelaskannya"

"halahh.. hanya kebetulan aja, lagian soal-soal ini di ajarkan di tingkat dasar wajar dia ingat" celetuk karin.

Sai dan sasori menggelengkan kepalanya melihat adik naruto sifatnya memang berbeda sekali dengan kakaknya.

"ustad sasuke.." karin melambaikan tangannya.

"lagi belajar?" tanya neji.

"iya kak, ustad sasori dan ustad sai mengajari kami" sahut hinata jawab neji tetapi bola matanya melirik naruto.

Naruto duduk "kami boleh ikut bergabung?"

"boleh ustad" hinata tersenyum semangat.

"anggap saja kami dewan juri, jadi latihan jangan gugup, Oke. Lanjutkan!" shikamaru mau melihat sampai mana kemampuan santri-santri ini.

'ada kak sasuke, aku harus cari perhatian dia' batin karin melirik sakura.

"Keadaan Perawi, keadilan dan kecacatan serta syarat mereka dalam menerima dan meriwayatkan Hadits dibahas dalam …."

"Ilmu Hadits Dirayah" hinata cepat menjawab pertanyaan naruto.

"benar hin"

Karin melirik hinata tak suka padahal dia yang mau jawab agar sasuke terpukau olehnya, "next!"

"Perintah wajibnya puasa Ramadhan terdapat dalam Al-Quran surat......"

Karin cepat mengangkat tangan.

"Karin.."

"Al-Baqarah ayat 1-163??"

Sakura menggelangkan kepalanya "Al-Baqarah ayat 183" sahut sakura.

"salah. yang benar itu 163!!" sela karin dengan sangat yakin.

"hinata? Bagaimana denganmu?" tanya naruto.

Istri Ustadz END ✔✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang