BAB 5 •| AG&PG

3.9K 298 118
                                    

Hello selamat membaca
Vote dan komen ya.
𓃡𓃡𓃡

Hiruk pikuk mulai terdengar, satu per satu siswa mulai memasuki kelas, terlihat Bella yang sibuk dengan buku tebal berjudul 'Ilmu Pengetahuan Alam' ia membolak-balik kertas tipis itu dengan cepat tanpa memperdulikan sekitarnya.

"San, kamu habis ini lanjut dimana?" Suara nyaring dua orang siswi terdengar mengganggu indra pendengaran Bella.

"Ck, Aku bingung, orang tuaku ingin Aku sekolah di SMA Mutiara, tapi kan tahu sendiri bagaimana susahnya masuk sekolah itu" Decaknya.

"Ah, nasib kita sama saja ternyata. Entah seperti apa reaksi keluargaku jika Aku tidak lulus" Lirihnya.

Dahi Bella berkerut, apa memang sesusah itu untuk masuk ke sana? Bella menggeleng kepala, tingkat kepercayaan dirinya mengatakan akan mudah jika ia berusaha, lagipula otak geniusnya bukan seusia anak pada umumnya.

Dia menutup buku tebal itu, bertepatan dengan bell nyaring menandakan ujian akan dimulai.

Seorang guru dengan setelan wajib PNS memasuki ruangan ujian, semua siswa maupun siswi duduk di tempat sesuai nomor ujian mereka.

"Oke, ujian ini berlangsung hanya 90 menit, jadi pergunakan waktu kalian dengan baik dan jawab sesuai kemampuan kalian tanpa ada kata menyontek" Itulah kalimat pembuka yang sering dikatakan pengawas ujian.

Bella menerima lembar jawaban dan juga soal-soal ujian IPA, Dia mengisi kertas jawaban dengan identitas dan beberapa poin tertentu yang diminta dengan memberi bulatan hitam pada kertas tersebut.

Beberapa menit setelahnya barulah ia membuka soal-soal itu ada 45 butir soal, 39 multiple choice dan 6 soal essay dengan 3 konsentrasi ilmu yakni biologi, kimia dan fisika. Ia tahu betapa pentingnya ujian nasional ini, selain untuk membuka jalan masuk ke SMA Mutiara juga agar nanti bisa menaikkan reputasinya jadi ia bertekad untuk memberikan yang terbaik.

Untuk memangkas waktu, Bella membuka soal-soal itu dan memutuskan untuk memulai dari soal-soal essay yang membutuhkan waktu lebih untuk menulis. Dia mulai membaca satu per satu soal dan menuliskan jawabannya.

1. Apa fungsi utama dari mitokondria dalam sel? Bella tersenyum. Ia tahu jawabannya dengan pasti. Mitokondria adalah pusat pembangkit energi sel. Ia menuliskan jawabannya dengan mantap dan melanjutkan ke soal berikutnya.

2. Jelaskan perbedaan utama antara sel tumbuhan dan sel hewan!. Bella menulis tentang dinding sel yang ada pada sel tumbuhan tapi tidak ada pada sel hewan, serta kloroplas yang berfungsi untuk fotosintesis pada tumbuhan. Ia menambahkan sedikit detail tentang vakuola yang lebih besar pada sel tumbuhan.

Saat ia menyelesaikan soal-soal biologi, Bella merasa semakin percaya diri. Ia telah mempersiapkan diri dengan baik. Kemudian ia beralih ke soal-soal kimia.

3. Tuliskan tiga jenis ikatan kimia dan berikan contoh masing-masing! Dia menuliskan ikatan ionik dengan contoh natrium klorida (NaCl), ikatan kovalen dengan contoh molekul air (H₂O), dan ikatan logam dengan contoh tembaga (Cu).

4. Apa yang dimaksud dengan reaksi eksoterm dan endoterm? Berikan contoh masing-masing. Bella menjelaskan bahwa reaksi eksoterm adalah reaksi yang melepaskan energi, seperti pembakaran kayu, sedangkan reaksi endoterm menyerap energi, seperti fotosintesis.

Selanjutnya, Bella melanjutkan ke soal-soal fisika, yang menurutnya adalah bagian paling menantang.

5. Apa hukum Newton pertama tentang gerak? Dia mengingat pelajaran dari kelas fisika dan menuliskan bahwa hukum Newton pertama, atau hukum inersia, menyatakan bahwa suatu benda akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan konstan kecuali ada gaya luar yang bekerja padanya.

6.  Sebuah bola dengan massa 2 kg digantung pada tali sepanjang 1 meter dan diayunkan dari posisi setinggi 0,5 meter dari titik terendah ayunan. Ketika bola mencapai titik terendah ayunan, hitung kecepatan bola tersebut. (Asumsikan percepatan gravitasi 𝑔=10 m/s² dan abaikan gesekan udara serta tahanan tali.)

Bella sedikit menghelah nafas, Dia membutuhkan kertas tambahan jika harus menulis rumus-rumus untuk soal tersebut. Tidak banyak, hanya saja akan lebih bagus jika ia menulis dengan rapi bukan amburadul. Dia berdehem sejenak, lalu mengangkat tangan menarik atensi pengawas dan beberapa siswa lainnya.

"Ada apa Bella?" Boom, kini seluruh atensi mengarah padanya.

"Apakah bisa menambah kertas jawaban untuk soal essay, Bu?" Tanyanya sopan.

Pengawas menganguk, berjala menghampiri meja Bella dengan selembar kertas.

"Terima kasih, Bu"

Bella tidak menghiraukan keingintahuan yang terpancar dari mata siswa lainnya, jelas siapa yang tidak panik jika seorang diantaranya lebih dulu selesai.

Bella melanjutkan menjawab soalnya. Mula-mula untuk menjawab soal tersebut, harus mengetahui berapa titik energi potensial awal pada benda (EP) ketika bola berada di posisi setinggi 0,5 meter dari titik terendah ayunan, energi potensial gravitasi (EP) bola adalah:

EP = mgh
𝐸𝑃 = 2 kg × 10 m/s² × 0,5 m
EP = 2kg × 10m/s² × 0,5 m
𝐸P =10 J

Selanjutnya mencari berapa nilai Energi Kinetik di titik terendah (EK) ketika bola mencapai titik terendah ayunan, seluruh energi potensial gravitasi telah berubah menjadi energi kinetik (EK). Jadi,

EK = 1/2 m.v²

Di mana v adalah kecepatan bola di titik terendah. Karena energi potensial berubah menjadi energi kinetik, maka:
EK = EP
Jadi
10 J =1/2 × 2 kg × v²
10 J = 1 kg × v²
v²   = 10 m²/s²
v    = √10 m/s
v    ≈ 3,16 m/s

Kecepatan bola ketika mencapai titik terendah ayunan adalah sekitar 3,16 m/s.

Bella bernafas lega, Dia hanya membutuhkan sekitar 45 menit untuk mengerjakan soal essay tanpa hambatan sedikit pun. Selanjutnya Bella menyingkirkan jawabannya ke samping meja agar lebih leluasa membuka soal pilihan ganda yang timbal balik.

Bella mengerjakan soal dengan semangat, meskipun dalam hati Bella menggerutu karena menempati raga seorang anak SMP yang harus memusingkan mengenai pendidikan selanjutnya.

"Harusnya Tuhan mengirimku menjadi petinggi negara, sepertinya akan lebih cocok berkelahi dengan para koruptor dan bersaing menandingi dinasti politik daripada harus berhadapan lagi dengan urusan sekolah ini" Rancaunya dalam hati.

𓆈𓆈𓆈
TBC.

MAAP LAMA GUYS LAGI SIBUK SKRIPSIAN HUU

NEXT NGGAK?
SPAM YAAA BIAR INGAT.

THANK YOU
SELAMAT MEMBACA.

Btw soal-soalnya aku ambil yang paling mudah untuk ukuran SMP ya, dan soal essay di ujian nasional seperti sudah tidak ada sekarang..

Hanya ku jadikan pelengkap saja...

Tandai bila ada typo, biasanya aku udah teliti tapi ada aja yang nggak kelihatan typonya.

Luv yuu gess.
See you next chap.





A GENIUS & PSYCHOPATH GUARDIANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang