--Glosarium #1--

4 3 0
                                    

Halo-halo, Shiiko di sini!

Pertama-tama, izinkan saya berterima kasih telah membaca dan mendukung kisah Theo dalam Howl of The Stray Dogs! Dua puluh enam chapter telah berlalu, dan Arc Pertama: Entrance Examination Arc, resmi berakhir!

Tentu saja, akhir dari arc pertana adalah awal untuk perjalanan Theo yang sebenarnya. Mulai dari belajar di Leonia, hingga terlibat masalah-masalah yang akan mengembangkan dirinya seiring berjalannya cerita. Follow terus kisah Theo dalam cerita ini, ya!

Oke, mari kita masuk ke pokok bahasan. Berhubung arc pertama sudah beres, saya membuat sedikit rangkuman dari poin-poin penting yang perlu untuk diketahui sebagai dasar untuk mencerna apa yang akan ditampilkan di arc selanjutnya. Sedikit di bawah ini adalah poin-poinnya.

1. Republik Shanan
Republik Raya Shanan berdiri di atas tanah berlumur darah dari bekas perang besar yang terjadi pada tahun 2008 sampai 2013. Pada masa itu, manusia dengan segala teknologi dan kekuatan yang mereka punya melawan para arcane dengan kemampuan di luar nalar. Walau memang arcane tetap unggul hingga akhir perang, telah diputuskan melalui pakta perdamaian bahwa hasil akhir perang adalah seri. Perang itu mengubah hampir seisi dunia, fisik maupun psikologis. Negara-negara hancur, tanah-tanah tenggelam, dasar laut menjadi gunung. Kemudian atas dasar persatuan, baik manusia maupun arcane melucuti simbol-simbol di seragam mereka, lalu sepakat untuk membentuk negara baru bernama Republik Shanan yang membentang luas dari kutub Utara hingga khatulistiwa. Penduduknya mayoritas adalah arcane, dengan segala budaya asal mereka dipertahankan dengan dibangunnya serikat kebudayaan untuk setiap negara asal.

2. Kerajaan Freajan
Meski perang besar telah usai, bukan berarti seluruh konflik hilang begitu saja. Dibangunnya Republik Shanan menyelesaikan masalah kerusakan dan kehilangan dari perang besar manusia-arcane, tapi bahkan pembentukan negara itu tidak cukup untuk bisa menghilangkan kebencian dan superioritas dari satu sama lain. Lima belas tahun setelah Shanan berdiri, manusia biasa merasa inferior dari para arcane. Utamanya adalah karena mereka harus menggunakan lebih banyak alat untuk menyelesaikan satu pekerjaan ketimbang arcane yang punya kekuatan spesial. Akhirnya, mulai terjadi diskriminasi ringan terhadap para manusia, yang seiring berjalannya waktu mulai membesar menjadi konflik nasional. Terjado pemberontakan umat manusia di berbagai daerah. Kemudian, karena sudah tidak tahan, merekabyang memberontak mengambil alih satu kota perbatasan dan menyatakan kemerdekaan sebagai Kerajaan Freajan. Shanan menyetujui selama Freajan tidak lagi mengusik Shanan. Sayangnya, wilayah kekuasaan Freajan rata-rata adalah wilayah buangan, wilayah yang sama sekali tidak produktif. Krisis nasional terjadi begitu cepat setelah negara berdiri. Orang-orang berebut makanan dan sumber daya, hingga terciptalah perang saudara. Perang itu dapat berhenti setelah lima keluarga elit ebrdiri mengendalikan negeri yang dibagi menjadi lima wilayah kekuasaan, sehingga tiap elit dapat mengurus wilayah mereka masing-masing. Tentu saja, hal ini tak selamanya berakhir baik secara rasa iri muncul antara satu wilayah pada wilayah lainnya. Sesekali konflik terjadi, tapi tidak separah sebelumnya. Mereka yang sudah tidak tahan kemudian memutuskan kembali ke Shanan, hanya untuk menyadari mereka sudah tidak diterima lagi di sana. Dari sanalah asal mula adanya teroris Freajan.

3. Arcane
Arcane adalah mereka yang diberkati. Mereka ini manusia, seluruh organ di tubuh mereka adlaah organ manusia. DNA mereka pun 96% DNA manusia. Namun, mereka sudah mengalami mutasi aneh yang membuat mereka mendapat semacam kekuatan supernatural.

4. Zes
Zes bisa juga dibilang "darah gaib". Setelah "Kejadian 1998", zes menjadi umum terdeteksi di tubuh semua manusia. Konsepnya mirip "energi gaib". Zes tidak akan pernah habis dalam tubuh manusia. dalam artian regenerasi zes dalam tubuh manusia sangtlah cepat hingga tidak mungkin habis. Namun, tiap orang punya kapasitas zes mereka sendiri. Jika seseorang mencapai kapasitas zes tertentu, maka mereka akan mendapat etre. Biasanya hal ini tergantung pada keturunan, karena itulah tidak semua orang bisa memiliki etre.

5. Etre
Etre merupakan kekuatan supernatural yang dimiliki para arcane. Efeknya beragam tergantung pada karakter, sifat, hobi, atau kebiasaan pemiliknya. Etre bangkit ketika kapasitas zes seseorang mencapai tingkat tertentu, dan biasanya tidak dari lahir. Umumnya, seorang arcane mendapat etre mereka di usia 4-10 tahun. Tapi terkadang ada juga yang baru mendapatkannya di usia empat belas. Lebih dari itu, maka mereka adalah manusia.

Ada banyak etre di dunia, secara tiap arcane biasanya memiliki etre yang berbeda satu sama lain. Akademi Leonia, sebagai pihak yang paling berpengaruh terhadap perkembangan pebelitian soal para arcane, mengelompokkan etre ke dalam tiga kategori berdasarkan apa yang bisa etre tersebut lakukan.

A. Aggressor-type: tipe ini memungkinkan seorang arcane untuk menciptakan serangan langsung, yang tidak perlu teknik tambahan untuk melakukannya. «Vanished Bullet» milik Mival dan pekuru cahaya milik berandalan yang Theo lawan di chapter #1 adalah contohnya. Mereka melontarkan serangan langsung tanpa perlu melakukan apapun. Aggressor-type biasanya diasosiasikan dengan simbol warna merah.

B. Affector-type: tipe ini memungkinkan seorang arcane untuk memanipulasi faktor di sekitar, baik bsrang fisik, kondisi psikis, hingga konsep dunia. Biasanya, tipe ini memiliki prinsip aktivasi. Contohnya adalah Theo yang harus menyentuh serangan yang datang agar «reflector»nya aktif, atau Mira Tully yang bisa memanipulasi hewan seperti boneka dengan catatan hewan itu harus mati dibunuhnya. Dalam Wild Dogs, tangan kiri Louis, Kansui Etsune adalah pemilik tipe affector yang dapat memanipulasi persepsi lawan dan menciptakan ilusi. Affector-type disimholkan dengan warna biru. Tipe ini merupakan yang paling umum ditemukan pada arcane.

C. Enhancer-type: tipe etre untuk memperkuat pengguna. Penguatan ini bisa dalam hal fisik, psikis, regenerasi, atau bahkan dengan senjata. Kemampuan menciptakan senjata dari cahaya matahari yang menyorot yang dimiliki Dian-salah satu bawahan Mira Tully-adalah contoh enhancer pencipta senjata. Glenda adalah enhancer untuk regenerasi, dan Tris sendiri adalah Enhancer-type dengan etre «Zap-zap Leg», sebuah etre yang membuat kakinya diselimuti petir. Enhancer-type disimbolkan dengan warna kuning.

---------------------------------------

Saya kira itu saja, haha. Selebihnya akan dijelaskan lebih lanjut di dalam cerita. Info di atas pun hanya poin-poin pengingat yang masih dangkal dari segi lore. Terus ikuti kisah Theo untuk membuka lebih banyak Lore di sini, ya!

Jangan lupa follow, cote, dan comment kalau ingin:) Terima kasih untuk yang sudah mengikuti dan vote, sampai jumpa di arc berikutnya!

---------------------------------------

**Bonus**
-+HelloChara+-

Nama: Theodore Morgan SephorisJulukan: The Black DogJ

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nama: Theodore Morgan Sephoris
Julukan: The Black Dog
J. Kelamin: Laki-laki
Usia: 15 thn
T

inggi/Berat badan:162cm/51kg

Warna rambut: Hitam
Warna mata: Biru (Awalnya hijau, tapi menjadi biru akibat efek samping etre. Matanya menyala ketika etre-nya aktif).
Hobi: Coding, desain robot, game
Etre: «Reflector»
"Mampu memantulkan serangan apapun yang dapat dia sentuh dengan kedua tangannya."

Midnight WolvesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang