4 tahun kemudian
Seluruh anggota grup WhatsApp 'Serambi masjid' telah mendapatkan kelulusan kuliah mereka.
Vyn mendapatkan gelar S.AB (Sarjana Administrasi Bisnis), begitu pula dengan Leo yang menempuh jurusan kuliah yang sama. Dalam program akademik internasional, S. AB setara dengan BBA (Bachelor of Business Administration), adalah sarjana dalam administrasi bisnis yang diberikan oleh perguruan tinggi dan universitas setelah menyelesaikan 4 tahun dan biasanya 120 kredit studi sarjana di bidang fundamental administrasi bisnis.
Gelar Mareta adalah S.Sn (Sarjana seni). Sarjana Seni yang diperoleh Mareta setara dengan Bachelor of Fine Arts (BFA), yakni gelar sarjana pendidikan profesional di bidang seni visual, seni rupa, atau pertunjukan. Siapa sangka Mareta yang sengklek nan galak itu adalah seorang pelukis.
Axter mendapat gelar M. Mar (Master Maritim), Captain/Nakhoda pelayaran dengan ijazah ANT I (Ahli Nautika Tingkat I). Sertifikat ini merupakan sertifikat kelas atas atau profesional yang dimiliki oleh pelaut.
Fred meraih gelar S.M (Sarjana Manajemen), setara dengan BBM (Bachelor of Business Management), program gelar sarjana dimaksudkan untuk melatih siswa dan mempersiapkan mereka untuk posisi kepemimpinan berkualitas di dunia korporasi maupun bisnis. Walupun Fred hobi berolahraga, dia tidak menempuh jurusan pendidikan jasmani. Minat Fred adalah sebagai pemimpin di bidang bisnis.
Dan yang terakhir Alice, gadis itu bergelar M.Pd. (Magister Pendidikan) yaitu gelar magister dalam bidang pendidikan yang diberikan kepada lulusan universitas, sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan, atau sekolah tinggi ilmu pendidikan di Indonesia. Pada program akademik internasional, Magister Pendidikan setara dengan Master of Education.
Axter telah mendapatkan kelulusannya, maka rencana dijalankan. Vyn telah memberitahukan teman-temannya perihal rencana Ana. Sore ini mereka berkumpul di laut pukul 16.30 sesuai lokasi yang Ana perintahkan.
Vyn dan Axter baru tiba di lokasi dengan Porsche. Vyn menyetir mobilnya ke lokasi yang telah di tentukan. Axter dan Vyn lalu keluar dari mobil itu.
Arah pandang Vyn tertuju pada Mareta, Leo, Fred, dan Alice yang telah tiba di lokasi lebih dahulu. "Mereka udah dateng aja," gumam gadis itu.
Arah pandang Axter turut tertuju pada 4 orang itu. Tetapi suatu hal menarik penuh perhatian Axter yakni sebuah kapal besar nan mewah yang berlabuh di dekat mereka. Besar juga kapalnya, batin Axter terkagum-kagum.
"Ayo honey, kita ke sana!" Ajak Vyn dan meraih lengan Axter. "Tuh, udah ada Mareta, Leo, Fred, sama Alice."
Axter menoleh ke arah seorang gadis yang menyahut itu. Karena terfokus pada kapal, ia hampir melupakan gadisnya yang hari ini akan ia pi- tidak ada. Lupakan saja. "Oh, iya, oke," Axter seketika merangkul Vyn. Mereka pun berjalan menuju Mareta, Leo, Fred, dan Alice yang telah menunggu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Juliet Rose
عاطفيةSevyn Augusta kembali dipertemukan dengan Axter Edward Ebravo, seseorang yang selama ini setia tinggal di hatinya. Seseorang yang sangat ia kagumi, lebih dari siapapun. Sevyn adalah pengagum rahasia Axter yang bersembunyi di balik kata 'teman'. Jan...