00 | PENGUMUMAN SANGAT PENTING TERKAIT MASA DEPAN BUMI JOGJA

255 12 0
                                    

Selamat malam-malam sahabat Bumi Jogja semuanya. Saya datang membawa pengumuman sangat penting terkait masa depan Bumi Jogja universe.

Pertama-tama,
Saya mau mengumumkan kalau Bumi Jogja di Wattpad telah di-unpublish untuk bab 21-40. Saya hanya menyisakan bab 1-20 saja di Wattpad untuk bisa dibaca secara gratis.

Kedua,
Start besok Bumi Jogja akan mulai di-posting di platform KaryaKarsa, di akun saya tentunya (blackmaples). Saya akan memposting bab 1-50 alias full bab hanya di KaryaKarsa dengan rincian sebagai berikut :
• Bab 1-20 tersedia gratis
• Bab 21-40 buka bab pakai koin (per bab-nya seharga 30 koin alias 3000 rupiah)
• Bab 41-50 buka bab pakai koin (per bab-nya seharga 50 koin alias 5000 rupiah), lebih mahal dari bab 21-40, karena bab 41-50 belum pernah tayang di Wattpad

Ketiga,
Bumi Jogja sudah tidak akan dijual di platform mana pun lagi selain KaryaKarsa.

Ke-empat,
Bumi Jogja sudah resmi saya tarik dari penerbit, jadi buku fisiknya sudah tidak akan diproduksi lagi oleh penerbit. Jika ada diantara kalian yang menemukan toko online mana pun yang masih menjual buku fisik Bumi Jogja, mohon untuk segera melapor ke saya.

Kelima,
Ini bukan curhat, tapi ini adalah alasan kenapa saya menarik Bumi Jogja dari penjualan fisik oleh penerbit. Jadi selama ini penerbit tidak transparan terhadap saya perihal laporan penjualan buku yang di awal dijanjikan akan selalu dilaporkan kepada saya setiap tiga bulan sekali. Faktanya mereka tidak melakukan hal itu secara tertib kecuali saya minta, hanya di tiga bulan pertama peredaran saja mereka melaporkan hasil penjualan buku tanpa saya minta, setelahnya tidak. Selain itu saya perlu memberitahu bahwa sejak Bumi Jogja saya kasih ijin edarnya ke penerbit, saya cuma terima royalti sangat kecil, padahal itu karya saya tapi yang untung lebih banyak mereka, sangat tidak sesuai dengan yang dijanjikan di awal. Jadi dengan penuh pertimbangan saya putuskan untuk tidak lagi mengedarkan Bumi Jogja dalam bentuk buku fisik.

Ke-enam,
Kenapa saya memilih KaryaKarsa? Kenapa tidak di Wattpad saja? Jadi sebenarnya ini masalah realistis dan tidak realistis. Mungkin pada mulanya saya menulis untuk sekedar hobi saja, tapi ternyata menulis buku cukup menyita waktu, dan Wattpad tidak memberi saya benefit apa pun untuk membayar waktu yang telah saya dedikasikan dalam hal menulis buku. Meski begitu saya tidak pernah lupa bahwa Wattpad-lah yang telah membesarkan nama saya dan Bumi Jogja, karena tidak dapat dipungkiri bahwa saya telah bertemu dengan pembaca-pembaca yang baik dan ramah seperti kalian semua di platform ini. Tapi kembali lagi, karena dewasa ini menulis menjadi aktivitas yang cukup menyita waktu, apalagi saya juga punya pekerjaan besar di kehidupan nyata saya, ini semakin membuat saya berpikir bahwa seharusnya tulisan saya layak untuk lebih dihargai. Itulah kenapa saya memilih KaryaKarsa, karena saya menilai KaryaKarsa jauh lebih menghargai penulis dibanding Wattpad.

Ketujuh,
Kenapa harus KaryaKarsa? Kenapa bukan Joylada atau Fizzo atau platform lain yang juga sama-sama membayar penulisnya? Ini jawabannya sangat simple, karena KaryaKarsa adalah platform lokal. Sudah saatnya kita lebih menghargai karya anak bangsa, bukan?

Kedelapan,
Paperless tentu saja. Jika kita bisa mengurangi penggunaan kertas, kenapa tidak? Kita tahu kan kertas terbuat dari apa? Ya, pohon pinus. Kita telah hidup di tahun 2024, dan saya sangat ingin mendukung gerakan mengurangi penggunaan kertas, dan beralih pada platform digital.

Kesembilan,
Gulita di Langit Senja alias Diary Abiyasa juga akan tayang di KaryaKarsa, tetapi gratis untuk full bab-nya nanti.

Kesepuluh,
Solo Raya akan dilanjutkan bersamaan dengan Seribu Kunang-Kunang, tentu saja cerita ini juga hanya akan tayang di KaryaKarsa. Untuk jadwalnya, nanti menyusul ya. Ini aku masih dalam rangka boyongan pelan-pelan ke KaryaKarsa. Nanti aku info lagi guys, tenang saja kalian.

Note : Mohon diingat lagi, Bumi Jogja akan tayang di KaryaKarsa start besok malam, bukan malam ini ya guys. Eh, nanti kalian carinya malam ini, ya pasti belum ada dong, hehe. Sabar dulu ya kawan-kawan.

Akhir kata,
Terimakasih telah mendukung saya selama ini. Sampai jumpa lagi. 😊

BUMI JOGJA (√)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang