" abang ini kenapa teliak? " tanya ano. sedikit memiringkan kepala kecil nya dan menatap heran ketiga pria tersebut. emang nya ini di hutan sampai berteriak seperti itu? ano kan kaget, untung saja jantung nya tidak copot.
vedric, dexter, dan hans yang sekarang ditatap oleh ano dengan mata biru bulat lucu nya sedang menahan untuk tidak mencium dan menggigit pipi anak itu. apalagi dexter, kalian tahu kan kalau dexter sangat menyukai anak kecil? ia sangat ingin memeluk ano sekarang. tapi rasa malu menguasai dirinya. aku salah besar karna mengikuti gengsi ini.
" jangan hiraukan mereka sayang. sekarang om mau tanya sama ano " ujar drex
" tanya apa om? "
" ano senang tidak saat bersama kami? maksud om. om dan abang lexi "
" senang!! soalnya om dlex sama abang lexi baik sama ano "
" kalau begitu ano mau kan ikut bersama om? nanti ano tidak mencari om atau abang lexi lagi, karna ano sudah bersama kita " drex rasa bahwa tidak ada lagi penghalang dirinya untuk membawa ano ke mansion. melihat semua anak nya setuju mengadopsi ano tentu membuat drex senang.
" ano mau ano mau om!!! tapi ano tanya kak bagas dulu bial kak bagas ga caliin ano "
" om sudah bilang kok ke kak bagas. dan katanya ia memperbolehkan ano ikut bersama om "
" benelan?! kalau gitu ayo om ano mau jalan jalan naik mobil besal la- " tiba tiba ano mendekati bagas. ia melihat ada nenek darmi, uzi, dan dimas, mereka semua berkumpul.
" kak bagas, nenek dalmi, kak uzi, kak dimas. ano mau ikut om dlex, katanya meleka mau ajak ano belsama!!! " seperti nya ano masih belum paham perkataan dan keadaan yang saat ini ia hadapi. ano berpikir bahwa maksud dari 'ikut bersama om' itu hanya jalan jalan seperti yang ia lakukan dengan drex kemarin.
ano kamu tidak sadar kah? mereka semua sedang sedih sekarang.
" iya nak... ano senang kan ketemu sama om drex dan abang lexi? " tanya nenek darmi dengan keadaan mata yang sudah memerah karna menangis.
" umm!! nenek mau ikut? yuk nek kita naik mobil besal. kak uji sama kak dimas ikut juga "
" tidak ano.. ano saja yang naik " mungkin ini yang terakhir dirinya dan ano bertemu. cucu kesayangan nya akan pergi menjalani hidup baru.
" iya ano kamu aja yang naik "
" ga ah gua mau disini aja " ujar uzi dan dimas. mereka berdua tahu kalau ano akan dibawa pulang bersama pria kaya itu. ano lucu makanya mereka menyukai ano.
Bagas baru saja menceritakan ini semua kepada nenek darmi, uzi, dan dimas kalau ano akan di adopsi oleh drex. sangat mendadak, mereka saja sempat terdiam sejenak.
" ano " ucap bagas dengan nada yang terdengar sangat pelan
" iya kak? "
" mulai sekarang, ano tidak bekerja disini lagi ya " bagas menyamai tinggi ano dan menatap dalam mata biru itu. ano terkejut. apakah ia melakukan kesalahan? apakah kak bagas membenci ano? nanti dimana lagi ano mencari uang?
" kenapa??? ano salah apa kak bagas? ano janji ano cali sampah yang banyak dan lajin. kak bagas hiks! a-ano ntal ga punya uang " isak ano. mata nya sudah berkaca kaca mendengar ucapan bagas.
" hey ano, ano tidak salah apa apa kok ano kan anak baik. ano tidak bekerja disini lagi karna akan pergi bersama om drex, iya kan? tapi itu untuk selamanya. yang arti nya ano tidak akan kesini lagi. ano akan hidup dirumah yang mewah, punya mobil besar, dan yang baik sama ano seperti ayah dan ibu "
" dan sekarang ano di jemput oleh om drex untuk membawa pulang ano. mereka akan menjadi keluarga ano sekarang " bagas berusaha membuat ano paham dengan kata kata yang mudah dipahami. tidak tahu saja kalau bagas tadi sempat bingung bagaimana mengucapkan nya, karna air mata nya sudah turun dan dada nya yang sangat sesak, ia harus berpisah dengan ano.
Bagas telah menjadi saksi bisu kehidupan ano setelah orang tua ano meninggal dunia. ada rasa tidak rela untuk melepas anak ini, tapi ia juga tidak bisa menghancurkan takdir ano. ano berhak bahagia dan ini jalan hidup nya.
" k-kelualga? ano punya kelualga sekalang? sepelti ayah dan ibu? "
" iya seperti ayah dan ibu. ano akan hidup bahagia "
" belalti sekalang om dlex ayah nya ano? iya kak bagas? "
" iya ano. sekarang om drex itu ayah nya ano. ayo kesana dan peluk ayah " ano pun menghampiri drex dan memeluk erat kaki nya.
" ayah hiks! ayah dlex " sungguh lexi yang sedaritadi hanya diam menatap ano, sedang menahan agar air mata nya tidak jatuh. ketika melihat ano, lexi kembali mengingat perkataan nenek darmi di hari itu. kejadian yang begitu cepat.
Ketiga anak drex yang juga hanya diam, sekarang salah satu nya sudah menangis duluan, orang itu dexter. vedric dan hans tidak menangis hanya menahan sesak saja di dada nya.
" sayang. anak ayah " drex menggendong ano dan mencium pipi bulat nya. ano menaruh kepala nya di dada drex. menangis, mengeluarkan semua emosi yang selama ini ia pendam.
anak sekecil ano sudah pandai memendam perasaan nya.
" hiks! a-ayah.. ayah ano "
" iya sayang ini ayah. ayah ano selamanya "
Mereka semua terharu karna melihat pemandangan ini. mereka bersyukur sekaligus bahagia melihat ano yang akan menjalani kehidupan baru nya sekarang.
Ano mengalihkan tatapan nya menjadi menghadap mereka, orang yang ano sayangi. kak bagas, nenek darmi, uzi, dan dimas. ano tersenyum lebar. drex yang peka, menurunkan ano dari gendongan nya. ia paham bahwa ano dan mereka harus berpisah.
" nenek, kak uji, kak dimas. ano punya kelualga "
" ya.. ano punya keluarga. ano harus bahagia mulai sekarang ya? "
" iya nek!! "
" kamu jangan nakal ya harus nurut sama ayah " ujar uzi
" cil lu jangan cengeng terus ya " dimas takut kalau keluarga baru ano tantrum karna menghadapi ano yang cengeng
" ano ga cengeng huh "
" iya kak uji ano ga nakal ano anak baik!!! "
" ano, mungkin ini perpisahan kita. ano harus jadi anak baik ya? seperti yang sudah kak bagas ajarkan kepada ano. kak bagas sayang sekali sama ano, tidak ada lagi anak pemulung yang bernama ano sekarang. yang ada hanya anak lucu dan baik, yaitu ano. janji sama kakak jangan lupakan kak bagas dan lainnya. promise? " ujar bagas seraya memeluk ano dan tak lupa mencium kening anak itu.
" ummm! plomise. kak bagas baik sama ano dan selalu kasih uang ano. jadi ano ga akan lupain kakak!!! telimakasih udah melawat ano " tak tahan lagi. air mata bagas turun begitu saja mendengar ucapan dari ano. ano pun memeluk bagas dengan erat.
Ternyata, yang kita pikirkan bahwa tidak ada orang baik di dunia ini dan takdir yang tidak bisa diubah. itu salah, nyata nya saat kita selalu berusaha dan yakin bahwa akan ada perubahan hidup. semua akan terjadi, entah dengan cara apa pun tuhan mengubah nya.
seperti langit, ia tidak selamanya gelap. akan ada saat nya ia terang karna matahari.
dan di setiap pertemuan akan selalu ada perpisahan. kita tidak bisa menghentikan nya, semua berjalan sesuai dengan apa yang tuhan tentukan.
ano, terimakasih sudah bertahan sejauh ini.
finally we did it 💗 kehidupan ano yang baru akan dimulai sekarang. ano udh ga makan nasi sisa lagi, udah ga nahan laper lagi, dan udh ga sendirian lagi🥺
huhuhu malem bgt aku up nya, soalnya kadang aku suka lupa buat up. jd daripada lupa mending aku langsung deh.
btw votmen yaaa biar aku tau kalo ano disukai sama kalian semua💝
KAMU SEDANG MEMBACA
Keano Domino ( END )
RandomKeano, anak laki laki cadel berumur 5 tahun yang hidup sendiri dan harus berjuang untuk bertahan hidup dari jahat nya dunia. Semua berubah ketika orang tua ano meninggal dunia dan meninggalkan anak kecil itu sendirian disaat ia masih butuh perhatian...