Episode 11: Semesta Kebijaksanaan

31 6 0
                                    

Titik tertinggi dari pengetahuan bukan menciptakan kekuatan. Namun puncak dari segala pengetahuan adalah ketidaktahuan. Kebijaksanaan datang dari mereka yang menyadari dirinya tidak tahu. Kesadaran akan ketidaktahuan jauh lebih berati daripada ketidaktahuan atas ketidaksadaran. pengetahuan itu luas, akan tetapi, akal kita yang terbatas. Kita terbatas akan segala hal. Namun, kita memiliki potensi untuk mencapai hal-hal yang tidak terduga.

Sunyi dan bunyi adalah dua hal yang berlawanan, namun nyatanya "kebijaksanaan adalah bunyi yang mengabdi pada sunyi" , dan "pengetahuan adalah sunyi yang menguasai segala bunyi". Keduanya adalah semesta yang tidak dapat dipisahkan bertemu dalam cangkir kedermawanan.

Dunia ini sudah terlalu penuh dengan orang yang berisik. maka jangan penuhi lagi dengan argumen yang tidak ada artinya. Belajarlah berkata tanpa menyakiti, belajarlah melihat tanpa menghujat, belajarlah beropini tanpa menghakimi, dan peroleh lah rasa hormat dari sikap menghargai bukan bersikap serba tahu akan segalanya. Semua hal dalam hidup tidak selalu tentang apa yang dikatakan, namun terkadang semuanya tentang apa yang tidak terucap. " Pentingnya sebuah makna akan terlihat sampai dirimu bisa mengendalikan kebijaksanaan itu dalam hatimu. "

Sampai tulisan ini berakhirpun, aku tidak tahu apakah setiap teks yang kutulis telah tersematkan kebijaksanaan atau tidak didalamnya. Namun, setidaknya akar dari kebaikan terkandung didalam sana.

Dilatasi DiksiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang