Bab 16 "Keuntungan dan kerugian"

56 8 14
                                    

Perjalanan pulang berjalan tanpa kejadian apa pun. Wu Xie bergumam tidak jelas dalam tidurnya, tetapi tetap memejamkan mata dan tubuhnya tetap tenang di hadapan Xiaoge yang tampak kaku. Pangzi, sebagai pria yang penuh perhatian, sesekali melirik pasangan itu melalui kaca spion, tetapi tidak berhasil memulai banyak percakapan karena Xiaoge - seperti halnya Huo Daofu di sisi lain Wu Xie - bersikeras untuk menyendiri.

“Aku mungkin harus bertahan di sini selama satu atau dua hari lagi.” Xiazi menggaruk tengkuknya sambil melihat Xiaoge menggendong rekannya melewati gerbang Wushanju sementara San berlari mengitari kakinya.

Pangzi menatapnya dengan ekspresi terima kasih dan menutup pintu mobil. “Kedengarannya bagus.”

Dia mengitari kendaraan dan berdiri di samping yang lain dengan kedua tangan di saku. Xiazi memperhatikan pasangan itu memasuki rumah. Huo Daofu menawarkan bantuan setiap kali dia bisa.

“Rasanya seperti kembali ke tiga tahun lalu.” Ucapnya dengan suara samar saat memori lama tentang dirinya, Pangzi, dan Wang Meng menerobos pintu yang sama saat Wu Xie berhenti menjawab panggilan, muncul kembali. “Menurutmu, apakah akan sama saja? Seperti saat itu, maksudku.”

Pangzi membuka mulutnya untuk menjawab, tetapi menutupnya lagi. Ia menepuk bahu pria itu dengan lembut dan melangkah di jalan setapak dengan satu ransel besar di kedua bahunya.

Rumah itu terasa kosong seperti sebelumnya. Lantainya menjadi dingin sehingga Pangzi memutuskan untuk langsung menuju radiator.

Xiazi menutup pintu setelah mereka dan melepas sepatunya. Dia melihat sekilas Xiaoge membaringkan Wu Xie di kamar tidur mereka saat dia mengarahkan langkahnya ke ruang tamu dan membuang tas-tas di dekat dinding. Dia segera menemukan sakelar lampu dan mulai melepaskan sarung tangannya, melirik ke jendela yang masih pecah di seberang ruangan tempat angin terus menerus menghantam tirai ke kusen jendela.

Suara langkah tergesa-gesa menarik perhatiannya saat Huo Daofu mendorongnya dan mengambil gunting dari laci paling atas. Si bungsu membanting kotak logam yang bersih dan klinis di atas meja dan berjongkok di samping tas-tas itu. Tangannya sedikit gemetar saat bergerak cepat dari satu kompartemen ke kompartemen berikutnya.

Xiazi menaruh sarung tangannya di atas meja. “Apa yang kau lihat?”

“Pangzi!” panggil Huo Daofu tanpa mendongak.

“Apa yang kamu inginkan?” terdengar suara Pangzi dari ruangan lain.

“Mana tasmu? Aku butuh lebih banyak obat penghilang rasa sakit.”

“Lorong. Kantong luar.”

Huo Daofu menyambar kotak itu dan menghilang di sudut lorong. Xiazi dengan tenang mengikuti keributan itu, tetapi dia tahu tidak banyak bantuan yang bisa dia berikan jadi dia bersandar di dinding sementara Pangzi membawa setumpuk selimut ke kamar Wu Xie.

Begitulah yang terjadi selama beberapa saat, orang-orang keluar masuk kamar tidur. Xiaoge selalu berada di samping Wu Xie hampir sepanjang waktu dan selama beberapa saat ketika dia tidak berada di sana, Xiazi akan selalu menemukannya mondar-mandir atau benar-benar diam di kursi di suatu tempat. Itu tidak akan menjadi hal yang aneh jika bukan karena fakta bahwa itulah satu-satunya yang pernah dia lakukan. Intervensi drastis Pangzi dengan menyeret temannya ke meja makan atau ke tempat tidur tidak pernah menjadi kejadian yang biasa seperti ini.

Xiaoge tidak pernah bertanya tentang ular-ular itu lagi, atau tentang mengapa Wu Xie digigit di kereta dan Huo Daofu tidak ingin membicarakannya. Rasanya seperti seseorang telah membentangkan selimut kedap suara yang besar di atas seluruh gedung. Xiazi tidak pernah suka berjinjit di sekitar orang-orang seolah-olah mereka akan patah terbelah dua jika ada gangguan kecil dan meskipun dia tahu bahwa kemungkinan besar itu tidak akan terjadi pada orang-orang tertentu ini, ketegangan itu tetap membuatnya tidak nyaman.

I have a place in this world and I am not leaving it (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang