Bab 9 "Keberangkatan"

40 6 2
                                    

Huo Daofu memperhatikan setiap detail kecil dari sekelilingnya segera setelah mereka meninggalkan gudang. Mereka tampaknya berada relatif jauh dari perkemahan utama, karena obrolan dari kejauhan yang didengarnya ternyata berasal dari kerumunan yang jauh lebih besar dari yang ia duga.

Kedua penjaga itu membawanya melewati tenda demi tenda dengan cengkeraman besi di lengan atasnya. Orang-orang duduk berkelompok di bangku kayu, melemparkan pandangan ingin tahu ke arah rombongan itu di sepanjang jalan, tetapi untungnya, minat mereka sering kali tidak bertahan lama.

Huo Daofu menegakkan bahunya sedikit, agar tidak terlihat seperti orang yang tidak diunggulkan di antara kerumunan petarung. Jika seragamnya saja tidak cukup, pertengkaran kecil yang keras dan keras di seluruh perkemahan sudah cukup menjelaskan.

Suara botol-botol yang beradu bergema di sekelilingnya, disertai suara meninggi dan tawa bernada rendah. Ini bukan jenis suara keras yang familiar seperti ketika Pangzi meneriakinya atas hal-hal yang tidak penting. Ini tidak mengenakkan karena membuat perutnya mual.

Penjaga di depan melemparkan tatapan sinis ke belakang bahunya setiap kali dia melangkah ke samping untuk menghindari prajurit yang lewat, tetapi Huo Daofu memastikan untuk mengabaikannya.

Cahaya kuning yang menyilaukan dari lampu di setiap sudut membuat sulit untuk melihat melewati batas kamp, tetapi jika dia menjulurkan lehernya, dia merasa mampu melihat siluet gelap kereta api sebelum dituntun ke salah satu tenda yang lebih besar. Dia mengerjapkan mata karena tiba-tiba banyaknya cahaya, terpantul dan semakin terang di kelima dinding putih. Begitu matanya terbiasa, dia melihat ke dalam ruangan yang luas - tetapi masih agak kosong. Penataannya sederhana dengan perabotan yang polos dan praktis, menyisakan ruang untuk tas dan peti yang mungkin berisi peralatan, tetapi saat ini sedang dibawa oleh dua pria dengan lengan baju digulung dan rambut menempel di dahi mereka yang berkilau.

"Tidak seperti yang kau duga?" tanya sebuah suara serak dari balik meja penuh dokumen. "Kau tampak terkejut."

Huo Daofu menoleh untuk melihat pria yang pernah ditemuinya bersama Wu Xie di pegadaian Nona Yang. Bersandar di kursinya dan menyeruput teh dari cangkirnya, dia tampak santai, tetapi yang lebih muda tidak membiarkan dirinya tertipu. Sepasang mata yang mengawasinya dari balik porselen itu tampak tipis seolah menawarkan senyum ramah, tetapi dia telah melihat banyak orang palsu untuk mengetahui seperti apa senyum yang tulus. Menghabiskan waktu bersama Wu Xie telah memberinya banyak pengalaman di bidang itu.

Pria di meja itu menunggu jawaban dengan penuh harap, tetapi Huo Daofu tetap diam. Cangkir itu dengan tenang diletakkan kembali ke atas meja.

"Tidak banyak bicara seperti temanmu, ya? Kudengar dia membuat keributan saat kami membawamu masuk."

Dia membubarkan para penjaga dengan melambaikan tangan. Mereka berdua membungkuk sopan sebelum kembali ke jalan yang mereka lalui, salah satu dari mereka dengan sengaja menabrak bahu tawanan itu, mendorongnya untuk mundur selangkah. Huo Daofu harus menahan ejekan atas penampilan arogan itu. Semoga itu adalah terakhir kalinya dia melihat orang itu. Dia kembali menatap pria di balik meja.

"Mengapa aku di sini?"

Pria itu mengangkat alisnya saat dia mendekat, tetapi kemudian bibirnya melengkung. "Silakan. Duduklah dan aku akan memberitahumu."

Huo Daofu mengamati kursi lipat di sampingnya sebelum menurut. Sambil sedikit berjuang untuk menjaga keseimbangannya di atas perabot yang bergoyang, orang asing itu membolak-balik beberapa kertas tanpa sadar hingga ia menemukan halaman yang dicarinya.

"Aku sudah lama memperhatikanmu." Ujarnya sambil meraih cangkirnya, membiarkan kata-katanya meresap.

Huo Daofu bukan seorang amatir, ia tahu bagaimana menjaga wajah tanpa ekspresi, tetapi stres menyusup ke dalam pikirannya - sebuah alarm untuk pria ini dan informasi macam apa yang bisa ia dapatkan. Yang lebih muda masih tidak tahu apa-apa tentang yang lain, yang berarti kerugiannya akan terus bertambah sampai tidak ada lagi yang bisa ditawarkan sebagai imbalan atas kepulangannya yang aman ke rumah.

I have a place in this world and I am not leaving it (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang