Bab 3 "Lari"

131 12 2
                                    

Ketiga orang di konter itu mendongak untuk melihat para pendatang baru memasuki toko dan melepaskan payung usang mereka. Nona Yang bangkit dari tempat duduknya.

“Ah! Simpan payung di luar! Kau tidak boleh membawanya ke sini, kau akan merusak daganganku.” Serunya, menunjuk ke arah aksesori plastik itu sebagai tuduhan.

Wu Xie menyaksikan saat seorang asing melangkah keluar dari yang lain dan mengangkat tangannya dengan senyum lebar terpampang di seluruh wajahnya yang datar, namun penuh luka tajam.

“Saya minta maaf atas kekacauan ini, Bu. Kami ceroboh.” Kata-kata terakhirnya ditujukan kepada teman-temannya yang bergegas melipat payung mereka dan menaruhnya agak jauh dari rak.

Meskipun usianya hampir sama dengan Wu Xie, suara pria itu lembut dan serak, seperti suara seorang tetua terhormat yang tidak pernah merasa perlu meninggikan nada bicaranya. Namun, Wu Xie memperhatikan sorot mata penuh perhatian dan rasa ingin tahu saat menatap Huo Daofu dan dirinya sendiri. Jika mereka hanya mengharapkan anggukan sopan, mereka salah. Pria itu berhenti di dekat meja kasir dan menoleh ke arah mereka dengan senyum yang terlalu tipis untuk menjadi senyum yang tulus.

“Kurasa itu anjingmu di pintu? Anjing yang sangat penurut. Kau pasti bangga?”

Wu Xie menegakkan tubuhnya dari sandaran meja. Sepanjang hidupnya yang sibuk, ia harus berhadapan dengan banyak orang yang semuanya menyembunyikan rahasia yang sama, tetapi dengan kedok yang berbeda. Ini tidak selalu berarti bahwa setiap orang yang menawarkan senyum ramah pastilah musuh, tetapi setelah sepuluh tahun ketika ia harus benar-benar belajar kembali cara menjaga dirinya sendiri, Wu Xie telah belajar cara meniru perilaku orang lain agar tidak mengungkapkan perilakunya sendiri. Ia harus tetap tidak terduga. Namun, ketika ia pensiun, keadaan berubah dan ia tidak perlu lagi terus-menerus waspada. Oleh karena itu refleks terlatih yang telah melindunginya berubah menjadi kebiasaan buruk yang sederhana yang terkadang Pangzi ingatkan kepadanya untuk dihentikan. Setiap kali ia melakukan ini - di toko kelontong, di jalan, setiap kali wajah baru muncul di lingkungan sekitar - meskipun ia tahu ia mungkin tidak perlu melakukannya, alasannya selalu; 'jaga-jaga'. Dan setiap kali, ia harus menghadapi tatapan khawatir Xiao Ge. Tetapi hari ini, tidak satu pun dari mereka ada di sini.

“Ya, sebagian dari dirinya adalah milikku, tapi bukan aku yang melatihnya.”

Pria itu menoleh ke arah pintu masuk, tampak sedang berpikir, dan Wu Xie tidak dapat menahan perasaan sedikit gelisah tentang apa yang mungkin tersirat selanjutnya.

"Makhluk ini sungguh cantik. Saya sudah lama berpikir untuk memeliharanya, tetapi akhir-akhir ini saya sibuk. Meski begitu, tampaknya ini merupakan investasi yang bagus. Hanya saja, ada kesulitan untuk bergaul dengan mereka."

Nona Yang mendesah lebih keras daripada kata-kata, menatap tajam ke arah mereka berdua. Ada lebih banyak aktivitas di toko hari ini daripada yang dia duga dan tetap saja, penghasilannya tidak naik sedikit pun.

“Ini bukan kafe untuk kalian duduk dan bergaul. Saya menjalankan bisnis sungguhan di sini. Apakah ada yang perlu menggadaikan sesuatu?”

“Ah maaf, maaf. Saya sedang mencari sesuatu.” Pria itu menoleh ke teman-temannya.

Saat salah satu dari mereka mulai meraba-raba saku mereka, Wu Xie mengutak-atik korek api di dalam sakunya sendiri dan melirik Huo Daofu yang telah menyibukkan tangannya dengan membetulkan borgolnya dan kini menatap mata yang lain. Dia telah memastikan untuk menyembunyikan kubus merah itu dari pandangan dan mengangguk sedikit sebagai tanda setuju seolah-olah telah mendengar pertanyaan yang tidak terucapkan itu.

Keempat pria di belakang orang asing yang cerewet itu semuanya berpakaian rapi, yang tampak sangat kontras dengan pakaiannya yang kasual dan rambutnya yang acak-acakan. Kamar-kamar seperti itu biasanya tidak memiliki banyak kantong atau kantong yang dalam untuk diperiksa, tetapi tetap saja butuh waktu yang sangat lama dengan gerakan-gerakan yang menegangkan dan mata yang melotot sebelum salah satu pria berpakaian hitam itu mengangkat telepon dan memberikannya. Telepon itu tampak seperti versi lama, dengan sudut-sudut yang tergores dan warna krem kotor yang melapisi tepinya. Orang asing di depan baru saja akan melanjutkan, tetapi menghentikan dirinya sendiri.

I have a place in this world and I am not leaving it (End)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang