Kata2 Pak Thomas terngiang di telinga Jerry ketika ia beranjak ke tempat tidurnya. Ya, argumen yang diberikan oleh Josh dan Pendeta Thomas, serta penolakan dari klub ateis akan kebenaran telah membuat mata Jerry terbuka.
Tampaknya memang keberadaan Tuhan tidak dapat disangkal. Bahkan fakta keberadaan Tuhan ini didukung oleh bukti2 rasional.
Pertanyaannya adalah, Tuhan yang mana? Jerry teringat ucapan Richard Dawkins bahwa manusialah yang menciptakan sosok2 Tuhan menurut keyakinan mereka masing2. Menurut Josh dan Lia, Kristen adalah agama yang paling benar. Tetapi menurut Jerry, itu klaim yang tergesa2.
Bagaimana aku bisa tahu bahwa Kristen dan Tuhan orang Kristen adalah yang benar? Pikirnya. Padahal, di dunia ini banyak sekali agama, selain 6 agama yang diakui di Indonesia, Jerry juga sempat mendengar adanya agama2 lain, seperti Shinto, Tao, Bahai, Jainisme, Zoroaster, bahkan agama2 modern yang tampaknya selaras dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti Flying Spaghetti Monster, Scientology, Pana Wave, dan lain-lain.
Bagaimana mengetahui bahwa Yesus adalah satu2nya Juruselamat dunia? Itu agaknya pandangan yang terlalu naif dan eksklusif, pikir Jerry. Sampai saat ini, ia berpikir bahwa jika Tuhan ada maka pasti semua agama menyembah Tuhan yang sama. Jadi, bukankah pada akhirnya semua agama sama saja?
Jerry terus berpikir dan akhirnya jatuh tertidur. Mungkin besok ia akan menemukan jawabannya. Semoga.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pacarku Seorang Atheis
SpiritualJerry, pacar Lia, mendadak memutuskan untuk menjadi seorang atheist. Lia berusaha mati2an membuat Jerry kembali "ke jalan yang benar."