Terjebak Administrasi

263 8 3
                                    

Mendengarkan lantunan lagu dari mbak mbak cantik macam Raisa bagiku memang sebuah hiburan. Apalagi membayangkan bagaimana cantiknya paras dari mbak Raisa. Duh duh duh. Tapi bukan masalah cantik atau enggaknya. Yang mau dibahas disini adalah lirik salah satu lagunya Raisa. Terjebak Nostalgia. Nah terjebak Nostalgia itu kan Raisa. Tapi untuk guru guru, termasuk saya, kami semua terjebak administrasi. Saking banyaknya dokumen dokumen yang harus dipersiapkan, hingga kami kadang lupa bahwa inti dari pembelajaran kami ada pada muridnya.

Weits. Tunggu dulu. Yang sering terjebak administrasi bukan cuma gurunya lho. Teman teman murid juga seringkali terjebak administrasi. Yang aku maksud administrasi disini lebih kepada pola pikir formalitas tanpa menyentuh dasar tujuan pendidikan. Terkadang mereka belajar hanya sebelum ulangan. Bertanya sehari sebelum ulangan. Ataupun tidak menyadari materi apa saja yang sudah dipelajari selama semester ini.

Well, lets have a confession then. Aku pun sebagai guru mereka juga terkadang lupa hal hal kecil seperti kisi kisi soal, dll. Aku akui aku adalah guru yang sangat amat pemalas untuk hal hal administrasi macam RPP silabus dan kawan kawan. Tapi aku pun juga tak bergerak untuk mengubah pola pikir mereka. Yang aku lakukan cuma mengeluh dan mengeluh dengan keadaan yang ada. Belum ada inovasi yang menggigit yang pernah aku lakukan untuk para teman teman muridku.

Well, yuk berubah. Jangan cuma terjebak Nostalgia eh maksudnya terjebak pola pikir administratif.

Catatan GuruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang