Esok hari,tujuan tour Jun So dan Ha Jin adalah mengunjungi makam Raja Gongmin dan istrinya, Ratu Indeok. Lokasi makamnya ternyata tidak begitu jauh dari makam Raja Taejo Wang Geon. Masih terletak di Haeson-Ri. Bedanya,makam Raja Gongmin terletak di area perbukitan.
"Ini dia,makam Raja Gongmin dan istrinya,Ratu Indeok." kata Mi Sun.
Makam Raja Gongmin dan Ratu Indeok disebut dengan nama Hyonjongrung.
Mausoleum Hyonjongrung
Haeson-Ri,Kaesong
Provinsi Hwanghae Utara.
Cr: PinterestTae Jung lalu menjelaskan pada Jun So dan Ha Jin tentang sejarah Raja Gongmin. Jun So jadi penasaran tentang Raja-raja penerus Goryeo sepeninggal dirinya. Terutama Raja Gongmin ini.
"Dia adalah Raja yang diakui sebagai seniman terbaik di Goryeo. Sosoknya juga termahsyur sebagai reformis yang menentang penjajahan Suku Mongol dari Dinasti Yuan China."
Karena sejak jaman Raja Chungnyeol,Goryeo dibawah pendudukan Dinasti Yuan yang mengharuskan setiap Rajanya menikah dengan Putri Dinasti Yuan.
Ratu Indeok atau yang juga dikenal dengan nama Putri Noguk adalah istri kesayangan Raja Gongmin. Patung-patung domba di Hyonjonrung itu melambangkan Ratu Indeok yang berasal dari suku Mongol,sedangkan patung macan melambangkan Raja Gongmin.
Mendengar penuturan dari Tae Jung jadi membuat Ha Jin teringat akan kisah kelam Raja Gongmin.
"Maaf Tae Jung-ssi,bukankah Raja Gongmin itu menjadi agak kurang waras setelah istrinya meninggal?" tanya Ha Jin.
"Itu benar sekali,beliau menjadi tidak peduli akan urusan pemerintahan dan menyerahkan semua urusan kerajaan pada seorang biksu bernama Shin Don. Beliau juga menjadi homoseksual."
Jun So bergidik mendengar jawaban Tae Jung. Ada Raja Goryeo yang homoseksual? Sungguh itu aib luar biasa.
"Kematian Ratu Indeok berdampak besar pada Raja Gongmin. Akhir hidupnya juga tragis.." lanjut Tae Jung.
Ha Jin manggut-manggut. Dia tahu karena pernah menonton film berjudul Frozen Flower yang dibintangi aktor favoritnya Jo In Sung dan Joo Jin Moo. Film yang menceritakan tentang perilaku menyimpang Raja Gongmin. Ternyata memang benar kalau dia adalah homoseksual setelah istrinya meninggal.
Selepas dari Mausoleum Hyonjongrung,mereka bertolak ke situs jembatan Seonjuk.
" Jembatan ini sangat terkenal karena seorang pejabat Dinasti Goryeo beraliran neo konfusianisme,Jeong Mong Ju dibunuh di jembatan ini oleh Yi Bang Won (kelak Raja Taejong,Raja ke 3 Dinasti Joseon) atas suruhan ayahnya,Yi Seong Gye (Raja Taejo,pendiri Dinasti Joseon) karena menolak membantu menggulingkan Dinasti Goryeo." kata Mi Sun menjelaskan.
"Jeong Mong Ju dikenang sebagai simbol kesetiaan terhadap Dinasti Goryeo." kata Tae Jung melanjutkan penjelasan Mi Sun.
Bekas darah dari Jeong Mong Ju masih dapat dilihat sampai sekarang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jodoh Pasti Bertemu
Fanfictionjudul terinspirasi dari lagunya Afgan-Jodoh Pasti Bertemu. Tentang kehidupan Go Ha Jin yang kembali bertemu dengan kekasih masa lalunya. Enjoy readers😊