022

55 2 0
                                    

tubuh putri terasa lemas padahal dia tidak ada melakukan aktifitas apapun, dokter hendra masuk kedalam ruangan putri untuk memeriksa keadaan putri, didalam ruangan hanya ada raihan, gita, nadya dan kusuma.

"Dokter aku sebenarnya sakit apa sih dokter?" Tanya putri

Dokter hendra memandang orang tua putri yang mengganguk mengartikan untuk memberitahukan penyakit yang diidap putri "kamu terdiagnosa penyakit kanker darah atau leukimia"

"Leukimia" ucap putri dengan raut wajah yang sulit diartikan.

"Iya leukimia, jenis Leukimia Limfotik Kronik yang kamu idap, kamu harus semangat untuk sembuh, saya permisi keluar dulu" dokter hendra pergi menghampiri nadya dan kusuma "ada yang harus saya bicarakan, silahkan ke ruangan saya" nadya dan kusuma pergi keluar dari ruangan putri bersama dokter hendra.

Putri masih termenung memikirkan penyakit yang ia miliki, raihan mencoba membuyarkan lamunan putri "hey"

Putri mengusap air mata nya dan tersenyum melihat raihan lalu berbaring memejamkam matanya "tuhan cobaan apa lagi ini" gumam putri dalam hatinya.

Nadya dan kusuma sudah duduk dihadapan dokter hendra

"Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL) Jenis kanker darah yang putri idap saat ini" ucap dokter hendra kepada nadya dan kusuma

"Stadium 0 : Limfositosis darah tepi dan sumsum tulang
Stadium I : Limfositosis dan limfadenopati
Stadium II : Limfositosis dan splenomegali/hepatomegali
Stadium III : Limfositosis dan anemia (Hb<11 gr/dl)
Stadium IV : Limfositosis dan trombositopenia <100.000/mm3 dengan/tanpa gejala pembesaran hati, limpa, kelenjar
Terapi untuk CLL jarang mencapai kesembuhan karena tujuan terapi bersifat konvensional, terutama untuk mengendalikan gejala. Pengobatan tidak diberikan kepada penderita tanpa gejala karena tidak memperpanjang hidup. Pada stadium I atau II, pengamatan atau kemoterapi adalah pengobatan biasa. Pada stadium III atau IV diberikan kemoterapi intensif.
Angka ketahanan hidup rata-rata adalah sekitar 6 tahun dan 25% pasien dapat hidup lebih dari 10 tahun. Pasien dengan stadium 0 atau 1 dapat bertahan hidup rata-rata 10 tahun. Sedangkan pada pasien dengan stadium III atau IV rata-rata dapat bertahan hidup kurang dari 2 tahun." Jelas dokter hendra mengenai stadium kanker darah Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

"Putri termasuk stadium berapa dokter?" Tanya kusuma.

"Putri termasuk kanker darah stadium 3 pak kusuma"

"Stadium 3" sahut nadya

"Iya bu, dapat bertahan hidup kurang dari 2 tahun tetapi ini hanya perkiraan para dokter sedangkan maut itu sudah ada yang atur yaitu tuhan jadi banyak-banyak berdoa untuk kesembuhan putri"

***

Untuk pertama kali dalam hidup putri harus merasakan yang nama nya kemotrapi "dibawa santai aja mbak putri" ucap suster yang berada disamping putri

Putri memberikan senyuman nya "rasanya di kemo itu gimana sih, sus?" Tanya putri

"Kalau orang-orang yang pernah kemo ada yang bilang sakit tapi kalau kamu kuat pasti kamu nggak bakal rasakan sakit saat kemo, mungkin kamu hanya merasakan efek dari kemo aja"

Lima orang gadis masuk kedalam ruangan putri dengan membawa bucket bunga ditangan mereka.

"Hai" sapa mereka serentak menghampiri putri yang sedang duduk dikursi roda

"Hai" balas putri kepada teman-temannya

"Semangat ya putri kita disini doain lo supaya lo cepat sembuh" ucap fitri

Heart !!!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang