Hari Sabtu,
Genta, Ani dan seluruh Anggota penggalang Terap lainnya segera menyusun acara yang akan di laksanakan nantinya. Susunan acaranya kurang lebih seperti ini :
Acara untuk hari ini :
- Upacara Pembukaan pukul 12.00-12.30
-Ishoma pukul 12.30-13.30
-Games pukul 13.30.00-15.00
-Ishoma pukul 15.00-16.00
-Lomba Cerdas-Cermat pukul 16.00-18.00
-Ishoma pukul 18.00-19.30
-Api unggun dan games pukul 19.30-21.00
-Berimajinasi di pulau kapuk pukul 21.00-04.00Hari Minggu
-Ishoma pukul 04.00-05.00
-Senam Pagi pukul 05.00-06.00
-Games dan Lomba pukul 06.00-10.00
-Pengumuman Lomba pukul 10.00
-Pelantikan penggalang rakit sekaligus Upacara Penutupan pukul 10.00 - Selesai.Seluruh Anggota Pramuka Calon Rakit terlihat Antusias dengan Persami kali ini. Terbukti dengan sikap tertib yang mereka tunjukkan. Mereka berbaris rapi sesuai dengan regu mereka masing-masing.
Upacara Pembukaan dipimpin oleh seorang Pratama Putra Penggalang Terap. Dan Pembina upcara kali ini adalah Teteh Ayu, Beliau merupakan salah satu pembantu pembina di SMP ini.
Upacara pembukaan berlangsung sukses. Alhamdulillah, tidak ada calon penggalang rakit yang pingsan kali ini.
Acara di lanjutkan dengan Ishoma. Seluruh penggalang bergegas menuju Mushola untuk melaksanakan sholat Dzuhur. Sedangkan yang sedang berhalangan, bisa menggunakan waktu untuk memasak makanan.
Kemudian, acara di lanjutkan dengan beberapa games, di antaranya game bermain enggrang, bakiak, dan teka-teki dalam bahasa Inggris. Untuk kali ini, Ani yang notabennya jago dalam bahasa Inggris, sangat berperan penting dalam game ini.
"Oke, sekarang Teteh mau nanya apa bahasa inggrisnya Pramuka? Kalau tau acungkan tangannya ya!" perintah Ani.
"Saya Teh!" seru seorang calon penggalang Rakit sembari mengacungkan tangannya.
"Ya kamu! Apa jawabannya?" tunjuk Ani meminta jawaban.
"Scout teh!" ucap anak perempuan tersebut.
"Yeah... That's right!" Ani memberinya applause diikuti yang lainnya.
Setelah games selesai, mereka melaksanakan Ishoma seperti biasa, setelah selesai Ishoma, akan ada lomba cerdas cermat Pramuka.
Bunyi Peluit terdengar nyaring.
Semua penggalang bergegas menuju lapangan utama untuk melaksanakan perlombaan yang sebentar lagi akan di mulai.
Kali ini, ada beberapa Kakak Penggalang Pramuka yang memberikan macam-macam Soal kepada seluruh Regu. Di mulai dari soal Pionering, Sandi, Perkemahan dan lain-lain.
Semua calon penggalang rakit berpartisipasi dengan bersemangat.Pukul 18.00
Adzan Maghrib tengah berkumandang.
Banyak Penggalang segera berlari menuju mushola sekolah untuk menunaikan sholat Maghrib. Namun, ketika itu hujan sedang turun sehingga membuat salah satu dari mereka terpeleset.
"Astaghfirullah..! Aduh kata kakekku kakiku kenakayu!" latah seorang penggalang ramu.
Teman-temannya segera menolongnya. *untungkagakdiketawain :3
"Makasih ya.." ucap anak itu berusaha berdiri.
"Yoi.. Masama.." ucap Teman-temannya.
Baju mereka basah semua. Lalu mereka segera menuju tempat wudhu yang telah disediakan.Beruntunglah mushola di sekolah ini memiliki 2 ac yang terpasang di setiap sudut. Walaupun dingin, tapi setidaknya dapat mengeringi basah dengan cepat, bukan?
Semua penggalang sholat brrjamaah dengan khusyuk. Sholat di Imami oleh Aa Roni. Setelah selesai sholat,
Aa Roni mulai berceramah tentang bagaimana cara menjadi orang yang sabar.Anak-anak terlihat serius mendengarkan ucapan yang keluar dari mulut Aa Roni.
"Nah sekarang, ada yang mau bertanya? Jika ada, silahkan acungkan tanganna" ucap A Roni.
"Aa Roni, saya teh punya temen. Tapi, tingkah lakunya teh nyebelin pisan.. Kalau ngerjain sesuatu teh serba males A. Piket males, kerja kelompok males, ya pokoknya serba males. Udah gitu manja lagi A. Saya udah sabar ngadepin tingkah temen saya itu A. Tapi gimana ya.., kan saya juga manusia, punya batas kesabaran juga. Tolong sarannya ya A. Makasih.." ucap salah satu anak lelaki tersebut.
"Pertanyaan yang bagus, nama kamu siapa dek?"
"Fino A!"
"Baik, Fino kan punya temen yang kata Fino nyebelin, terus Fino nanya ke Aa gimana cara ngadepin temen Fino yang nyebelin kayak gitu. Jadi gini Fino, selain dengan bersabar, Fino juga bisa membantu permasalahan temen Fino itu. Coba deh Fino tanya baik-baik sama temen Fino itu, apa masalahnya, kenapa kamu bertindak males seperti itu? Cari alasan dan penyebabnya. Setelah ketemu permasalahannya, baru deh Fino bicara dengan dia untuk memperbaiki di mana letak kesalahannya? Juga Fino harus bisa bersabar menghadapi teman Fino tersebut. Fino juga bisa berteman baik dengan dia, bantu dia untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Contoh sifatnya yang baik. Dan jangan tiru sifat pemalasnya. Perlu kita semua ketahui, bahwa sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar." tutup Aa Roni.
Anak-anak yang sedari tadi termenung mendengar nasihat Aa Roni mematung sejenak. Termasuk Fino.
"Wah.. Aa makasih banyak ya A atas nasihatnya, Insyaallah Fino bakal terapkan di kehidupan Fino. Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang sabar dan selalu menjadi orang-orang yang di sayangi Allah. Amiin.." ucap Fino.
"Iya, sama-sama Fino, Amiin.."
Acara siraman rohani itu ditutup dengan tadarus Qur'an.
Karena hujan tak kunjung reda, akhirnya mereka di perintahkan untuk memasuki gedung pertemuan sekolah untuk mengganti jadwal api unggun yang sepertinya tidak terlaksanakan.
Di sana, mereka disuguhkan film tentang sejarah Kepanduan.
Di mulai dari awal terbentuknya kepramukaan hingga eksistensi di hampir seluruh belahan dunia hingga sekarang..Setelah larut,
Pukul 21.00
Semuanya kembali ke dalam tendanya masing-masing dan mulai berimajinasi di Pulau kapuknya masing-masing.
Pukul 04.00
Semua penggalang segera menuju Mushola sekolah sembari menunggu Adzan Shubuh.Pukul 05.00
Semua penggalang melakukan pemanasan sebelum jogging mengelilingi sekolah.
Setelah melakukan perengangan atau lebih dikenal dengan istilah stretching.
Semua penggalang berbaris rapi dan bersiap keluar gerbang. Yeah.. Walaupun sebagian besar masih teler dan ngantuk. But, mereka fun-fun aja sih. Bahkan ada yang sampe kesandung polisi tidur saking senengnya.
Di sepanjang perjalanan banyak Yel-yel baru yang di ajarkan penggalang terap ke seluruh penggalang ramu. Semuanya bagus-bagus dan mampu meningkatkan rasa bersemangat di pagi hari.
Setelah senam, mereka kembali menuju lapangan sekolah dan mengganti pakaian training dengan baju pramuka lengkap lagi. Because, sebentar lagi ada lomba dan games yang siap menunggu.
***
Pukul 11.30
Saat-saat yang ditunggu pun tiba.
Sekarang penggalang Ramu SMP Internasional Jawa Barat resmi menjadi Penggalang Rakit. Banyak diantara mereka yang menangis haru. Ada yang speechless saking senengnya.
Btw, itu hari yang membahagiakan sekaligus mengharukan buat Seluruh Anggota Kepramukaan di SMP Internasional Jawa Barat.[]
I Love Scout!
Bersambung..
KAMU SEDANG MEMBACA
Kisah Anak SMP
HumorCOMPLETED EDITION Dilarang Melanggar Hak Cipta! Cerita ini menggambarkan tentang Siswa SMP kelas 8-Z yang mempunyai 2 sisi yang berbeda. Di satu sisi mereka itu Kakak kelas. Sedangkan di sisi yang lain mereka juga merupakan adik kelas. Masing-masing...