Jadi pernikahan aku dan Mas Danik itu pake adat jawa atas usulan Mas Danik. Katanya biar gak luntur budayanya.
Aku deg-degan banget pas liat Mas Danik jalan menyambangi pelaminan. Dia senyum, aku senyum. Kangen banget karena kami dipingit hampir lima harian. Gila woi aku sehari ga ketemu dia aja hampa banget rasanya. Tapi kami sering curi-curi video call sih, ditambah lagi ketemuan bentar pas dia ultah kemarin hehehehe.
Anak lele mujaer heboh gila kaya ga pernah pergi kondangan. Jaehwan sama Sejeong dateng padahal beberapa saat lalu mereka baru aja naik pelaminan. Yeu mentang-mentang pengantin baru si Jaehwan ga mau ngelepasin gandengannya si Sejeong.
Beda lagi sama Gunmin yang heboh ngelive di instagram hadeh. Yongguk dateng juga dan matanya berkaca-kaca ya ampun tuh anak emang kalo sisi softnya udah robek, bakal soft banget dia. Si Ponyo hadir! Aku seneng banget doi dateng nikahan aku ya ampun.
Dan yang ga luput dari penglihatan aku adalah Kak Jonghyun yang duduk di sebelah Kak Ong. Dari tadi dia nyebarin senyum tipis dan Kak Ong sesekali ngajak doi ngobrol.
Btw aku masih suka ngakak pas tau kalo Mas Danik manggil Kak Ong itu Mas Ganteng hahahahahahahaha gatau kenapa dah dipanggil Mas Ganteng.
Mata aku mengarah ke orang tua aku yang ada di sebelah. Kayanya udah lama banget aku ga ketemu mereka, sampe-sampe aku ga tau wajah papa aku udah banyak kerutannya.
Kita terlalu sibuk dengan diri kita sendiri sampe kita ga tau kalo mereka bertambah tua.
Dan orang tua aku juga terlalu sibuk kerja sampe mereka ga tau mau jengukin aku kapan.
Wajah papaku keliatan sendu banget. Matanya berkaca-kaca. Perlahan tanganku nyentuh punggung tangannya. Awalnya beliau terkejut, tapi sedetik kemudian beliau ngegenggam tangan aku dengan erat.
Bahkan aku lupa rasanya digenggam sama ayah sendiri, dipeluk sama mama sendiri karena mereka emang sibuk dan aku yang lebih memilih hidup sendiri.
Setelah upacara ini itu akhirnya kami ngelewatin proses sungkeman. Kami nyungkem sanak saudara Danikㅡsadly, Danik itu udah ga punya orang tua. Dan yang terakhir adalah nyungkem keluargaku.
Danik nyungkem Papa. Papa ngelus kepala Danik pelan banget.
"Sekarang saya melepaskan satu anak saya untuk diberi marga kamu. Kamu barusan aja janji sama kita semua kalau Hana adalah sepenuhnya tanggung jawab kamu, maka dari itu jangan kecewakan kami dalam menghidupi Hana."
Aku ga sanggup banget ngeliatnya. Walopun aku sering pisah dengan orang tua, perpisahan kali ini rasanya aneh. Dan air mata aku mendesak untuk keluar.
"Saya usahakan untuk membuat Hana bahagia bersama saya."
"Hana itu ... lebih sering sendiri. Jadi jangan pernah tinggalin dia seperti yang kami lakukan ya?"
Aku makin nangis waktu ngeliat Danik ngangguk lalu narik aku untuk nyungkem Papa.
"Pa, I'm still your lil princess kok."
Papa meluk aku erat sambil terisak. "You're always be my lil princess, Kang Hana."
Aku sedih banget waktu denger Papa manggil aku bukan pake marganya, tapi pake marganya Daniel.
Seorang ayah tuh ya walaupun ga sedekat apapun kita dengan beliau, pasti sedih juga waktu tau anak perempuannya bahagia dengan lelaki lain.
KAMU SEDANG MEMBACA
DEJA VU✔
Fiksi PenggemarPerjalanan Hana yang mengulang memori dan tentang Daniel yang mengembalikan perasaan. Spin Off dari cerita "Tacendaㅡ[kang daniel]" So please read Tacenda FIRST before read this book!