36. PARAMABIRA

131 8 1
                                    

Jakarta, 13 April 2018

Dedicated to PARAMABIRA

***

Gue gak tau kenapa gue nulis kayak gini, cuman gue lagi merasa mellow aja abis nonton video-video PARAMABIRA buat referensi.

Gue cerita dikit deh kisah hidup gue di PARAMABIRA.

Pertama kalinya gue masuk kampus, ada pameran UKM (bunga rampai) dimana mereka nunjukin bakat dan kelebihannya masing-masing. Di kampus gue ada puluhan UKM yang bisa lo pilih.

PARAMABIRA sebenernya bukan UKM yang nunjukin penampilannya secara wow waktu itu. Cuman beberapa orang, nyanyi pakai mic, dan acapella. Tapi buat gue, apa yang mereka perform itu bisa terngiang di otak gue dan teman-teman gue yang lain.

Waktu pendaftaran UKM, gue ragu antara mau ambil 2 UKM. Paduan suara atau teater.

Bentar.

Biar ga bingung, PARAMABIRA itu singkatan dari paduan suara mahasiswa bina nusantara.

Iya, gue kuliah di binus.

Nah, gue udah sempet duduk di kursi pendaftaran teater gengs, terus entah kenapa gue mengurungkan niat gitu dan gue cari tempatnya paramabira. Mereka bilang mau ada showcase dan gue akhirnya nonton lagi.

Lagi-lagi gue dibikin terpana sama mereka. Ternyata paduan suara itu gak sesusah kelihatannya.

Singkat cerita akhirnya gue daftar, audisi, dan berhasil masuk.

Waktu gue pertama kali latihan, I didn't expect myself to go this far. Kalau kalian tau, gue bukanlah orang yang punya suara sebagus Raisa atau Isyana. Suara gue standar, tapi gue tetep dateng latihan. Bodo amat deh.

Pelan-pelan, gue dibikin jatuh cinta sama PARAMABIRA. Sumpah, ini toxic banget. Kalau kalian tau, PARAMABIRA latihan jam 19.00-21.00, 2 hari, 4 jam seminggu. Which means gue harus latihan jauh diluar jam kuliah gue. Capek, cuman setiap kali gue latihan dan ngeliat progressnya, somehow it's worth it.

Awal-awal gue ikut Christmas Recita, yang seharusnya anak baru belom boleh ikut. Cuman nyanyi 3 lagu, tapi bagi gue itu berkesan banget. Kerja keras selama berbulan-bulan, latihan, pelajarin lagu bener-bener, kebayar waktu denger tepuk tangan penonton.

Serius deh, worth it.

Oh sebelom itu gue ada nyanyi wisuda dulu. Ada videonya lagi di youtube HAHAHA

Abis itu gue mulai daftar pengurus. Gue masuk divisi Creative, padahal gue ga gitu bisa design cuman yaudahlah ya.

Acara paling deket, Training Singers. Kata senior-senior TS itu serem. Ada yang kena marah lah, pasti disuruh nyanyi satu-satu juga. Deg-degan mati dah tuh gue sama TS. Tapi gue sebagai pengurus harus ajakin anak-anak yang lain.

Lo tau?

Susah.

"Yuk guys ikutan TS!" padahal dalem hati deg-degan.

TS belom kelar, gue ditawarin buat nyanyi Recita lagi. Kali ini bebas mau solo, duet, trio, quartet. Privilege banget, soalnya ga bakal anak-anak baru yang dipilih.

Jadi, mari kita jabarkan tugas gue selama beberapa bulan terakhir.

1. Design buat TS
2. TS
3. Design buat Recita
4. Latihan Recita
5. Recita

Pokoknya itu semua udah kecampur aduk.

Tapi kalian harus tau. Sekali lagi, itu worth it.

Gue mulai perhatiin temen-temen gue yang lama-lama mundur. "Seleksi alam" katanya. Beberapa ada yang gue tanyain, kenapa mundur? Pada bilang capek.

Setelah mereka jawab, gue malah balik nanya ke diri gue sendiri. "Kok gue gak capek ya?" akhirnya gue selidikin tuh.

Ea. Jadi detektif abal-abal.

Waktu gue liat ke belakang, ya emang ruinitas yang gitu-gitu aja bikin capek. Tapi salah satu alasan gue tetap bertahan di PARAMABIRA tuh 2. Anggotanya, dan prestasinya.

Gue kenal lebih banyak orang daripada sebelumnya, gue kenal senior gue sendiri, dapet temen baru, dan yang pasti gue ngerasa punya keluarga baru.

Yang kedua, prestasi. Gatau sih, ini sebenernya target gue dari awal masuk. Mau banggain nama Indonesia di luar negeri lewat PARAMABIRA.

2 alasan itu yang bikin gue bertahan sampai sekarang. Gatau sih nanti ke belakangnya gimana, tapi kalian salah satu alasan kenapa gue ga bosen ketemu hari Senin.

Karena gue bakal ketemu kalian!

Gak cuman itu, dibalik bagusnya dan suksesnya PARAMABIRA, ada seseorang yang gue kagumin.

Pepi.

Nama asli disamarkan guys.

Jujur gue kagum sama Pepi. Sabar banget ngadepin anak-anak PARAMABIRA yang kadang batu dan kalo dia marah pun, itu juga demi kebaikan orangnya sendiri.

Gue sempet nyanyi solo, yang berarti gue harus latihan personal, berdua aja sama Pepi.

Kurang so sweet apa coba.

Pertama kali latihan, gue gemeteran setengah mampus karena gue tau gue belom bisa lagunya dan HARUSNYA gue udah bisa waktu belajar sama Pepi.

Setelah hari itu, gue belajar lagu itu mati-matian. Di latihan entah keberapa, Pepi sempet ngomong "lo melebihi ekspektasi gue" dan entah kenapa gue seneng banget.

Ih iya maaf gue lebay.

Intinya gitu.

Gue juga respect sama senior-senior yang jauh lebih senior daripada gue. Kalian panutanku. Walaupun kadang sangar sih. TAPI SUARA KALIAN BAGUS.

Intinya begitu HEHEHE

Tetep jadi alasan gue semangat ketemu hari Senin ya!

I love u guys so much,
davia.

Write My LifeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang