Apakah kalian tahu, bahwa semua yang kita lakukan itu memiliki batas?
Makan, tidur, bekerja.
Semua itu memiliki batas, bukan?
Sama juga sepertiku di sini, meski aku memiliki hak untuk melaporkan semua cerita yang melanggar "Content guidelines" tapi harus ingat, bahwa aku memiliki batasan dalam melaporkan sebuah karya yang melanggar.
Contohnya, aku tidak boleh sembarangan dalam melaporkan sebuah cerita yang melanggar. Kemudian, sehari aku hanya boleh melaporkan sebuah cerita yang melanggar minimal 10 karya.
Bila aku melampui batas yang sudah ditentukan, siap-siap aja akunku bakal kena suspend, atau yang lebih mengerikannya lagi, akunku bakal DIHAPUS.
Itu mengapa Deva bilang kita perlu berhati-hati dalam melaporkan sebuah karya. Jangan hanya karena "Atas Nama Hak" kita jadi seenaknya.
Jangan hanya karena kita terlalu bersemangat dalam mereport, lalu melampaui batas. Atau, yang lebih parahnya lagi, mentang-mentang benci dia, lalu kita berkeinginan untuk memusnahkan karyanya, padahal karya itu tidak bermasalah.
Siap-siap deh akunnya kena masalah karena telah melakukan itu.
Ha ha ha #plak
Penulis juga memiliki batas kan dalam menulis?
Benar, kalian bebas menulis apa saja yang ingin kalian tulis, bahkan 22 genre, sekalipun.
Namun, jangan melampui batas dengan melupakan bahwa Wattpad memiliki "Content Guidelines" dan "Code Of Conduct".
Begitu juga dengan pembaca. Kalian memang memiliki hak untuk membaca apa yang ingin di baca. Tapi, jangan melampaui batas.
Bacalah cerita yang sesuai dengan usiamu. Jangan membaca cerita yang bukan untuk usiamu, karena itu sangat berbahaya.
Masih di bawah umur masa baca cerita untuk yang di atas umur?
Ya kali susu formula untuk usia tiga tahun, dikonsumsi untuk anak usia satu tahun.
Gak boleh kan?
Jadi, ingatlah pada batasan-batasan.
Biar aman.
Penulis tak akan kehilangan ceritanya, bila cerita yang dia tulis bukan cerita porn.
Pembaca pun tak akan kehilangan bahan bacaan, bila yang di baca bukan cerita porn, sehingga tak akan berdampak buruk, bila bacaan yang kalian baca sesuai umur.
Dan aku pun tak akan kena suspend bila aku tidak melampaui batas dalam melapor.
Semoga kita semua sadar akan batasan-batasan itu.
Terimakasih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jangan Baper 2
RandomIsinya tidak jauh-jauh dari yang sebelumnya. ATTENTION!! Please, do not baper when you going to read this. Cukup baper saja dengan dia yang banyak-banyak memberimu warna. Enjoy!