Cangcimen Cangcimen! Aku Jualan Kamu Yang Beli, Men.

2.2K 193 186
                                    

Orang jualan pakaian dalam ma biasa.

Orang jualan seblak juga biasa.

Terus, jualan yang gak biasa apa dong?

Jualan Followers dan Voment.

Apa itu?

Katrok banget kamu elah, masa kaya gitu gak tahu.

Jualan followers dan voment adalah penawaran untuk menambah angka followers dan voment kepada akun lain dengan harga tertentu untuk terlihat ingin banyak followers atau karyanya terlihat banyak yang menyukai.

Biasanya orang yang tertarik dengan hal kaya gitu ialah orang yang gila Followers ama voment. Atau, orang yang gak bersyukur dengan apa yang ia miliki, atau, iri melihat akun sebelah banyak followersnya dan ceritanya banyak yang baca. Atau, bisa juga karena kebanyakan duit. Atau, isi sendiri.

Namun, aku kasihan sama mereka loh. Ngenes banget sumpah.

Gimana gak kasihan?

Followers yang mereka punya ternyata palsu, bukan followers yang bener-bener pengen nge-follow mereka.

View, Vote dan Coment yang mereka dapatkan ternyata juga palsu, bukan VVC yang datang dari pembaca setia dengan tulus.

Sounds like, dia cepat kaya karena menggandakan uang. Atau, dia bisa lulus karena menyuap Guru.

Wkwkwkwk perumpamaanku buruk banget dah. #plak

Mereka terlalu malas untuk berusaha, jadi maunya yang instan-instan saja. Padahal yang instan itu tidak baik. #miesedanggorengmantap *harhar*

Gak ada yang bisa dibanggakan dari hal itu. Ya kali bangga punya followers dan VVC banyak tapi pake cara kek gitu?

Dan yang paling merasa dirugikan karena masalah ini adalah mereka penulis yang gak ngerti apa-apa, penulis yang memulai semua dari nol. Penulis yang berusaha sekuat tenaga supaya ceritanya layak dibaca, penulis yang berjuang dengan sungguh-sungguh juga Wattpad dan para newbie.

Mereka pasti akan dipandang buruk juga karena masalah ini. Pasti bakalan banyak yang seudzon berpikiran bla bla bla jika menemukan penulis yang baru lahir tapi pengikut dan pembacanya sudah bejibun.

Gak habis pikir sama penulis-penulis jaman now, bukannya makin cerdas malah makin bobrok saja.

Apa gak cukup bikin Wattpad buruk dimata orang dengan adanya kasus pembullyan, pornografi juga plagiarisme, sekarang malah menambah kasus dengan jualan followers dan voment kek gitu.

Coba berusahalah dengan kemampuanmu sendiri, berjuang dengan sungguh-sungguh, nikmati prosesnya, dan kamu akan memetik hasilnya dengan senyum bangga suatu hari nanti.

Yang baik itu kekal, dan yang buruk itu sekejab.

Gak akan kamu dapatkan apa-apa dari hasil buruk kek gitu. Cerita yang kamu tulis dengan susah payah hanya akan dibaca dan diberi voment oleh orang yang kamu beli. Bukan orang-orang yang dengan tulus datang untuk membaca ceritamu.

Pikirkan baik-baik masalah ini. Jika sama-sama berjuang, kenapa tak berjuang dengan cara yang benar saja?

Lihatlah berapa banyak orang yang kamu rugikan karena ulahmu?

Dan lihatlah betapa menyedihkan dirimu.

Jangan Baper 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang