Byuuuurrrrrrr......
"Maaf pak, saya tidak sengaja."
Sebenarnya pekerjaan gue bukan seorang pelayan restoran, tapi gue sekertaris dikantor ayah. Gue jarang masuk dan sering kabur kaburan, terus gue cuma bisa ngabisin duit ayah. Hobi gue seneng seneng sama temen temen. Ayah sama bunda udah lelah dengan kelakuan gue, hingga akhirnya gue dihukum ayah dan bunda gak dikasih uang bulanan ya terpaksa gue nyari kerja seadanya.
Basic gue bukan dikantoran. menurut gue duduk berjam jam sambil mikir itu hal yang membosankan.
Demi uang halal mak, anak mu rela jadi pelayan restoran. Saat mau mengantarkan minuman pelanggan, gue kepleset karena lantai licin dan minuman di nampan yang gue bawa melayang entah kemana. Mungkin pengen terbang kali ya. Sialnya terbangnya ke arah pelanggan dan tumpah di bajunya.
Amazing nya lagi, muka tuh orang sangar, ehh garang maksudnya. Mukanya langsung merah padam, menahan emosi. Pengen rasanya gue kabur ke planet lain hari ini juga. Namun sayangnya gue cuma manusia biasa yang banyak khilafnya, akhirnya dengan raut muka takut tak berdaya yang dibuat buat ala sinetron tipi gue beraniin deh tu minta maaf."Ya, lain kali hati hati." Jawab pria itu datar.
Buset nih orang, gak punya ekspresi kali ya. Datar amat tuh muka. Tapi bodo amat deh, biarin aja yang penting gue selamat. Dia gak marah marah dan gak laporin ke atasan. Bisa gawat kalau gue dilaporin, kalau cuma dimarahin mah gue udah biasa, lha kalau dipecat ? Gue mesti nyari kerjaan lain lagi, kan susah jaman sekarang nyari kerja.
Tapi ya, dia kan lagi sama cewek, mana cantik lagi. Kok ceweknya diem aja wajahnya ditekuk gitu. Mungkin takut juga kali sama cowoknya yang bermuka sangar itu, wajar sih."Sekali lagi saya minta maaf pak, saya permisi."
Gue kira kayak drama di tipi tipi, saat ada pelayan numpahin minuman ke baju cowoknya terus si cewek langsung nyiram balik pelayannya dan marah marah, terus lapor atasan dan langsung dipecat. Terus sipelayan nangis bombai dan langsung dikasih backsound lagu sedih.
Ibu tiri hanya cinta kepada ayahku saja....
Selagi ayah disampingku
Ku dipuja dan dimanja.......Tapi bila ayah pergi
Ku di nista dan dicaci......Bentar bentar, kok gue jadi nyanyi lagu dangdut. Lebay amat gue. Kan dia bukan emak bapak gue. Haha anjir, kok gue jadi bego gini. Mending gue langsung kabur ke belakang aja deh, cari aman. Udah untung gue gak kena semprot.
Pas gue buka pintu dapur, anak anak semua pada melototin gue. Kok gue ngrasa kayak peran utama drama di tipi tipi ya."Ngapa lo semua lihatin gue kayak gitu ? Gue cantik ya ? Emang ya dari sono noh gue udah cantik jadi kalian biasa aja lihatin gue." Kata gue santai.
"Cantik pala lo kutilan. Lo tau gak apa yang lo perbuat barusan ?"
Sejak kapan pala gue kutilan ?
"Tau kok Tasya sayang, gue abis ngeguyur bapak tadi pake air es. Orang gue gak sengaja.""Lo tau gak dia siapa ?" Tanya Tasya lagi.
"Ya enggak, emang dia siapa ?" Kata gue lagi, maklum lah anak baru kalau gak kenal siapa siapa.
"Dia itu Abimana Dwi Orlando, pemilik perusahaan Trans Starlando dan lo abis buat masalah sama dia." Kata Tasya lagi.
"Masalah apa lagi ? Orang gue udah minta maaf dan dia udah maafin kok." Kata gue.
"Dia itu orangnya nekad. Gue takut kalau dia menghantuimu dimasa depan, bisa bisa lo tewas digantung."
"Heh kuncup, mulut lo kurang asupan ? Ngomong seenak jidat aja. Kalau bukan sahabat, udah gue telen lo. Btw, cewek nya itu kok diem aja sih ? Gue tau, pasti tu cewek yang sama dia takut sama wajah garangya itu." Kata gue.
"Denger denger sih itu cewek yang mau dijodohin orangtuanya sama dia. Tapi si cewek gak mau karena udah punya kekasih."
"Dijodohin ? Huahahahaha gila aja, tampang boleh ganteng, duit boleh banyak, tapi kok dijodohin."
"Mulut lo bau jigong. Asal jeplak aja tu mulut. Gue sumpahin lo jodoh sama dia." Umpat Tasya.
"Amit amit jabang baby."
"Kalian mau kerja atau ngobrol ? Kembali kerja." Teriak nonya Sonya lampir.
Kami pun ngibrit masing masing dan kembali bekerja. Beh gila ya, sehari gak teriak teriak gak bisa tuh orang. Pantes aja dipanggil mak lampir sama anak anak. Cantik sih boleh, tapi kalau udah marah marah, luput dah tuh cantiknya.
Pergantian shift selesai.
Yuhuuuyyy waktunya gue pulang, gue ganti baju pakai kaos oblong putih dan celana jeans dan pake flat shoes. Jalan jalan bentar boleh kan, siapa tau nemu cowo cakep dijalan. Terus dibawa pulang dan dijadiin pajangan rumah.Gue emang cantik sih, tapi gue lebih suka kemana mana naik sepedah, lebih cepet dan jarang kena macet. Pas gue sampai daerah lumayan sepi, disana ada mobil berhenti.
Loh bukannya itu bapak bapak yang gue siram air es tadi. Gue harus kabur sebelum dia lihat gue nangkring disini sebelum gue dapet masalah lagi.
Tapi kok kelihatannya dia lagi kebingungan gitu, gue kesana aja deh."Hay om, om kenapa bingung gitu ?" Sapa gue.
"Ban mobil saya kempes, saya ingin menghubungi bengkel langganan saya tapi batrai handphone saya lowbatt. Saya lupa bawa charger."
"Oalah, gue mau nolongin tapi handphone gue juga mati. Mending lo ikut gue om. Gue anter lo ke bengkelnya langsung. Mobil lo tinggal disini, biar diambil pihak bengkel. Tapi naik sepeda ini, gimana ? Baik kan gue."
"Naik sepeda ?" Katanya sambil menaikkan sebelah alisnya.
"Iyalah naik sepeda, mau naik apalagi ? Kapal ? Disini gak ada laut lagian disini jarang ada kendaraan lewat. Awas loh nanti dibegal."
"Yaudah saya ikut kamu."
"Nah gitu dong om, daritadi kek, om yang ngayuh sepeda didepan ya. Gue yang berdiri dibelakang."
Dia mengambil alih sepedah, dan gue naik dipancatan belakang. Tangan gue megang bahunya. Kok kita jadi kayak orang pacaran gini ya yang lagi mainan sepeda kayak di tipi tipi gitu.
Apa iya gue korban sinetron ?Pas sampai pertigaan depan, dia hampir nabrak mobil didepannya. Otomatis langsung di rem mendadak sepeda gue, dan kalian tau ? Gue langsung meluk dia. Yalooh, mimpi apa gue semalem bisa meluk cowok ganteng. Kalau ini mimpi, bangunnya dipending dulu yalooh biar gue bisa menikmati dulu.
Lagi asik ngelamun gue denger suara cowok berdehem, lah ganggu gue aja."Eheeemmm..."
"Ehh om, maaf om. Om sih nge rem mendadak kan jadinya gue gak bisa jaga keseimbangan." Kelah gue. Malu lah kalau ketauan menikmati.
"Oh ya ? Bukannya kamu mau meluk meluk saya ?"
"Weeehhh, kagak lah. Ya kalaupun terjadi ya itu namanya rejeki, gak boleh ditolak." Kata gue spontan.
Dia tersenyum, meskipun senyumnya tipis. Kalau dia tersenyum gini gantengnya bertambah satu level daripada lihat muka dia flat gtu. Lama lama gue diabetes mandangi dia mulu.
Sesampai dibengkel, dia turun dan gue langsung cabut. Mending gue pulang daripada nyari masalah sama bapak ganteng.
Apalagi kalau dia inget kejadiaan tadi direstoran, wah jadi kepiting cincang gue bisa bisa. Bener kata Tasya, gue harus hati hati. Ogah gue tewas digantung.Jrenggggg.... Jreeeengggg...
Gue berhenti dengerin suara orang gitar. Pas gue cari arah sumber suaranya, ternyata anak anak jalanan lagi pada ngamen. Kasihan, harusnya masih kecil gini bukan ngamen, tapi sekolah.
Harusnya gue bersyukur, masih bisa hidup enak, makan enak, pendidikan tinggi. Sedangkan mereka, mau makan saja harus ngamen dulu.
Gue pun turun dari sepeda, pengen menyapa anak anak tersebut."Hay adik adik, kakak boleh ikutan ngamen gak ?"
"Boleh kak, sini." Kata mereka girang.
Jreeeeengggg jreeeengggg....
Bersambung .......
KAMU SEDANG MEMBACA
Partner Hidup
General Fiction"Kamu harus nikah dengan saya sekarang." "Nikah pala lo. Nikah aja sono sama yang mau sama lo. Lo kan ganteng tuh ya, pasti banyak dong yang ngantri." "Dan kamu salah satunya." "Heh kuncup, pede banget lo. Lo tu sebenarnya mau ngajak nikah apa mau n...