BAHASA INDONESIA.
Mata pelajaran ini susah-susah gampang. Tingkat kesulitannya ada di mencari ide pokok dari suatu bacaan. Biasanya hampir semua pilihannya benar. Di sini kita perlu benar-benar teliti memahami apa yang dibicarakan paragraf tersebut.
Seharusnya mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak menjadi masalah buatku. Aku kan orang Indonesia tulen. Mamaku juga seorang penulis artikel di majalah. Ia pasti bisa mengajariku sedikit banyak tentang peraturan EYD.
Untuk mapel ini, aku targetkan nilai 85.
BAHASA INGGRIS.
Berbeda dengan Bahasa Indonesia yang memang sudah kupakai sehari-hari, Bahasa Inggris ini sangat jarang kugunakan, kecuali kalau sedang mengobrol bersama Sally atau sedang menonton serial Son of Anarchy. Sehingga pasti ada beberapa vocabulary yang aku tak mengerti artinya. Di situlah letak kelemahanku.
Tapi aku tak mau menyerah. Di sela-sela waktu yang tersisa, kuperbanyak kosa kataku dengan banyak membaca literatur bahasa Inggris dan tentunya menonton banyak film Hollywood yang dibintang Charlie Hunnam tanpa subtitle bersama Sally. Semoga saja cara-cara itu berhasil memperkaya pembendaharaan kata Bahasa Inggrisku.
Karena tak yakin bisa, jadi kupatok angka 75 untuk mapel satu ini.
BIOLOGI.
Aku tidak pintar menghafal rumus Fisika dan aku tidak suka menghafal jenis unsur Kimia. Oleh sebab itu, aku memilih mata pelajaran Biologi dari 3 Ilmu Pengetahuan Alam yang diujikan. Mungkin akan agak sulit bagiku untuk menghafal bagian-bagian organ tubuh manusia sebab selama ini aku selalu menyontek pada Mona sewaktu ulangan Biologi. Namun semua itu akan kupatahkan.
Kupikir Biologi itu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Segala yang terjadi di bumi ini pasti berasal dari unsur biologis. Aku pasti akan meminta bantuan Mona untuk mengajariku kiat-kiat belajar biologi yang menyenangkan.
Untuk itu, aku menargetkan nilai 70 untuk Biologi.
MATEMATIKA.
Tibalah kita pada mata pelajaran yang paling horor. Mengapa mapel ini harus diujikan? Sebenarnya apa fungsi kita mempelajari integral, logaritma, trigonometri? Toh itu semua tidak akan kita gunakan secara langsung dalam kehidupan kita.
Tapi Gery mengatakan bahwa aku salah. Integral bisa digunakan dalam ilmu ekonomi untuk menghitung surplus konsumen dan produsen dalam sebuah siklus produksi pabrik. Logaritma digunakan untuk perhitungan skala Ritcher dalam gempa bumi. Dan trigonometri digunakan oleh arsitek untuk membangun bangunan agar terlihat simetris dan dapat berdiri seimbang.
Ternyata banyak juga manfaat matematika yang baru kuketahui. Dan beruntung Gery dengan sabar mau mengajariku. Tak tahu lagi harus mengucapkan terima kasih yang seperti apa atas bantuan darinya.
Nilai 60 menjadi targetku dalam pelajaran Matematika.
❤ ❤ ❤
Ujian Nasional.
Aku duduk di meja yang telah disediakan. Kulihat teman-teman yang lain nampak tenang dan khusyuk. Sedangkan diriku cemas tak karuan. Yang bisa kulakukan hanyalah berpasrah. Aku sudah belajar sesuai dengan apa yang aku bisa. Semoga aku mendapat hasil yang terbaik.
Lembar soal dan jawaban tiba di atas mejaku. Aku memandangi sampul lembar soal itu dalam-dalam. Dalam hati aku berkata aku pasti bisa menaklukan soal-soal ini.
Setelah selesai berdoa, kubuka satu per satu lembar soal. Kujawab satu per satu soal dari awal hingga akhir. Aku tersenyum kecil.
BAHASA INDONESIA.
KAMU SEDANG MEMBACA
KEMBALI KE AWAL [COMPLETED]
RomanceBunga mencoba move on setelah putus dengan Rama. Namun kemana pun ia melangkah, ada bayangan sang mantan di situ. - 14 Juni 2018 -