"Hah?" pertanyaan dan kekagetan menyuara dari mulut gue. Sebuah undangan pernikahan berwarna pink lembut berpadu dengan corak keemasan sangat cantik yang sedang gue pegang.
Main nikah-nikah aja nih temen. Gue aja masih jomblo sejak lahir. Tertera nama salah satu temen SMA gue dulu yang akan nikah sama kakak kelas 3 tahun lebih tua darinya.
Setelah gue baca namanya, gue sedikit tertawa geli, seingat gue ini cowok dulunya pacaran sama kakaknya temen gue, nah sekarang malah nikah sama temen gue yang bernotabene sebagai adik dari si kakak. Nah lho? Pertikungan tidak terjadi pada persahabatan saja tapi juga merambat pada persaudaraan.
"Apaan tuh bang?" kaget. Gue kaget, gue toleh kesumber suara ada kepalanya si Dwi yang nyongol.
"Setan!" umpat gue kesal karna kaget.
"Undangan?," Dwi menarik kertas undangan itu dari tangan gue. "Gue kira slip gaji," diletakannya kembali kertas itu ketangan gue.
"Slap slip! Duit aja yang ada dipikiran lu!" gue toyor kepala Dwi sampai hampir jungkir balik.
"Dari pada ngebayangin cewek sexy? Dosa iya barokah kagak."
"Eaaaa," sorak kami bersahutan.
Selain bersaudara kandung, gue sama adik gue ini juga sebangsa senasib sejones. Jadi kalo ngomongin hal-hal cinta kita pasti cari pencerahan biar komplotan jones merdeka dan hidupnya lebih berwarna.
"Lu pegi sendiri dong bang?"
"Lu nanya apa ngatain?"
Elah malah cengengesan dia.
"Gue lupa mpok, lupa gue. Khilaf," ngeles aja lu jones, eh.
"Mau gue temenin kagak? I GB kuota dah per jam," tawarnya yang lebih tepat disebut palakan.
"Mending gue sewa yang laen aja. Lu ganteng kagak, yang ada bikin malu," tandas gue berlalu kekamar.
Lama-lama terkuras harta gue ngomong sama Dwi, morotin.
"Gue serius lho bang! Gue disekolah 10 cewek yang ngerebutin, bener dah!"
Udah macam sales keliling dia kalo masalah duit, ada aja yang ditawarin. "Bodo amat!" teriak gue dari dalam kamar.
"Awas ya lu! Lu nyesel ntar udah nyia-nyiain gue!" sahutnya nggak kalah sengit.
. . .
Minggu telah tiba, seperti biasa gue mendapat tugas siaran pagi minggu sampai sekitar pukul 10:00, itu artinya gue mendapat kesempatan buat kondangan disore harinya. Walaupun gue nggak tau mau ajak siapa. Tapi amanlah kan semua temen-temen diundang, jadi gue sok akrab aja ntar, kelar.
Berbeda dengan kebiasaan penampilan kondangan biasanya, kedua mempelai meminta tamu yang hadir disore harinya adalah teman-teman dari kedua mempelai saja, ditambah kami akan mengenakan seragam batik yang didominasi warna putih menjadi atasannya yang sengaja dikasih beserta undangan kemarin dan warna hitam sebagai bawahannya. Gue curiga ini bukan acara nikahan tapi reunian, apa jangan-jangan sekalian?. Sambil menyelam minum air, kembung dah lu!
Ada hal yang sedikit menjadi beban dihati gue, gimana kalo gue ketemu dia lagi?. Iya, dia yang mengisi hati dan otak ini, namun begitu saja berlalu pergi. Udah 2 tahun gue lulus, 2 tahun pula gue nggak ketemu dia. Dia bukan mantan gue, gue nggak pernah pacaran sama dia, tapi dia berhasil buat gue hampir gila. Cinta emang penuh derita dan air mata.
Gimana jadinya kalo dia gandeng cewek dan gue masih jones?. Dia pasti beranggapan gue cinta mati sama dia. Elah apa bener gue harus sewa orang?.
"Gunda gulana aja lu," ucap seseorang datang tiba-tiba macam setan.
KAMU SEDANG MEMBACA
JOMBLO SAMPAI HALAL
HumorJomblo? Satu kata sarat hinaan ya guys. Kenapa nggak pacaran? Nggak laku? Nggak ada yang mau? Dihhh tsadest!!! Bukan nggak laku, cuma lagi nyari yang mau langsung menghalalkan. Eaaakkkk. Kalo ada CEO ntar yang lamar gue, kelar idup lu :v