"Gak bisa ya, Ma, Fio di rumah aja selama liburan?" Dengan sekuat tenaga, gue ngaduk adonan yang udah Mama siapin. "Padahal Fio pengen banget males-malesan di rumah."
"Fionita anak Mama yang cantik, tai kucing aja di luar, masa kamu yang liburan di rumah mulu?" Ini Mama gue bukan, sih? Nyamain anak kok sama tai kucing.
Gue naruh baskom adonan di sebelah loyang, "Fio itu capek, Ma, kuliah dari pagi sampe malem, belom lagi kalau lembur."
Mama nuang adonan ke loyang. "Gak ada alasan, pokoknya kamu liburan ke rumah Tante Tiara. Kalau gak mau tidur aja di luar."
"Ih, Mama tega! Kalau digigit nyamuk gimana?"
"Sekalian aja di gigit macan. Bersyukur dong, udah Mama kasih liburan. Sambil menyelam lama-lama menjadi bukit, siapa tau dapet jodoh." Mama udah ketawa-ketawa trus masukin loyangnya ke oven.
Gue mengalihkan perhatian pada masakan Mama di panci kompor sebelah. "Ini masak apa sih, Ma?"
"Masak dada ayam. Aduk gih, nanti gak rata matengnya."
Gue ngambil sendok besar buat ngaduk, "Lah, ini kan ceker ayam, Ma?"
"Dada itu. Liat deh, tuh kan dia dada dada."
Ya Allah Mama.
*
Yap, di sinilah gue berada. Menatap bangunan dua tingkat bercat putih. Ditemani Tante Tiara yang udah cengar-cengir merasa bersalah. "Maaf ya, karena anak Tante banyak, kamu harus nginep di kosannya Tante," ucap Tante kemudian.
Setelah Tante bangga dengan kosanmya yang terelit di perumahan ini, gue nelen ludah sendiri saat mengetahui fakta bahwa kosannya adalah kos bebas, alias cewek-cowok bisa ngekos bareng. Maksud gue, Tante yakin mau naruh ponakannya di sini? Gak takut di cabik-cabik macan? Gak takut ponakannya yang cantik bin bohay ini diapa-apain?
"Ini ya kuncinya, kamarnya kamu sebelahnya balkon, pokoknya kalau habis naik tangga lurus aja trus belok kiri. Tante mau nganterin Dafa ke Holand Backery dulu." Tangan Tante Tiara ngasihin kunci dengan gantungan burung hantu.
"Eh, Tante, ini Mama bawa kue, gak usah ke Holand Backery." Gue ngasih kerdus isi kue buatan Mama.
"Ih, makasih loh!" teriak Tante Tiara nerima kerdus gue. "Tapi siapa bilang Tante ke Holand Backery mau beli kue? Tante mau pinjem kipasnya, panas nih!"
Lah, Tante ngelawak? Gue cuma ketawa kecil ngeiyain Tante Tiara. Setelah Tante Tiara pergi dari halaman, gw masuk dan ngelihat kosannya kosong. Oh, manusianya lagi pada kuliah kali. Gw langsung menuju kamar yang ditunjuk sama Tante sebagai kamar gue.
Kaget sih, ya namanya juga kosan elit. Kamarnya luas, ada kamar mandi dalemnya juga. Yah, kalo kamar gini mah betah banget pasti gw di kosan doang sebulan. Tinggal liat aja, tetangga kamar sosoknya kayak gimana.
[]
KAMU SEDANG MEMBACA
SUMMER HOLIDAY
FanfictionMungkin kalau bukan karena Mama yang harus pergi ke luar kota sama Papa, gue gak akan dateng ke Jakarta. Mungkin juga kalau bukan karena Tante Tiara yang punya anak banyak, gue gak akan berdiri di depan kosan terbesar di komplek ini. Sayangnya, kata...