Baru aja gue mau masukin suapan ke mulut, tiba-tiba aja pintu utama kebuka dengan keras. Bikin gue sama Harja meringkuk kaget mendapati cowok dengan dandanan acak-acakan sambil bawa pisau.
Gue cuma bisa diem liat sosok di depan. Harja langsung bangkit sambil nyahut sapu ijuk, ditodongin ke orang di depan pintu.
"Gas, kalo lo dendam sama gue gara-gara tadi, sumpah gue minta maaf banget. Jangan bunuh gue, Gas. Gue belom beres makan. Gimana kalo usus gue masih kelaparan waktu gue udah mati?" Harja udah gemeteran banget tangannya. Sedangkan gue berlindung di pojokan ruangan. Pokoknya kalo kenapa-kenapa, Harja duluan yang kena. Gue belakangan.
Tapi reaksi Bagas malah pasang muka bingung. "Apaan sih, orang baru beli pisau disuruh Yudhis." Abis itu dia jalan ngelewatin Harja dengan santai dan naruh pisaunya di rak pisau. Anjir, jantung gue udah headbang parah gara-gara itu doang. Harja bernapas lega sambil balikin sapunya.
Gak lama bel pintu bunyi. Bagas yang denger itu langsung lari ke depan dengan muka cerah. Iya, senyumnya lebar banget.
Kemudian dia masuk lagi sambil ngomong, "KITA PARTY!!!" dengan tangan neteng 3 double box pizza sama sekresek minumannya.
Harja langsung narik Bagas, "Ayo, bantuin gue abisin ini, nanti kita party." Gue cuma cekikikan aja. Padahal porsi nasi gorengnya gak banyak, tapi malah makannya berdua.
Setelah beberes dapur, gue ke balkon, nyamperin Harja sama Bagas. "Yang lain?"
"Abis ini nyam— Lah itu mereka."
Seketika garasi penuh dan balkon rame lagi. Seperti dugaan gue, Jilian yang bakal nyampe balkon lebih dulu. Abis itu disusul yang lain.
"Ada acara apaan? Lo gak nyogok gue buat kerjain proposal, kan?" tanya Jovian sebelum ambil pizza.
"Gue habis beruntung aja. Ini buat ucapan makasih aja sih ke Harja." Bagas naik turunin alisnya sambil natap Harja. Yang ditatap malah bingung sampe gak jadi ngunyah.
"Kok gue?"
"Gara-gara lo nonjok gue, akhirnya gue jadian sama Oliv!" Bagas nyengir lebar banget. Disaat semua natap Harja minta penjelasan, gue sama Bagas malah heboh sendiri ngucapin selamat.
"Lo nonjok dia dalam rangka apa? Aprilmob gak ganti di bulan Juli, 'kan?" tanya Dito sambil terus ngunyah.
"Gue ... gak sengaja tadi." Harja garuk tengkuknya.
"Oh, jangan bilang lo balik langsung nemuin Fio?!" tebak Bagas antusias. Yang lainnya semakin bingung. Ada apa? Kok alurnya lompat-lompat gini?
"Jelasin, Ja," ucap Yudhis dengan nada agak serius.
Harja bingung harus mulai dari mana, kejadiannya apa alasannya dulu. Tapi akhirnya Harja ngasih klarifikasi. Dari dia ngeliat Bagas sama cewek lain, soal nonjok Bagas dan alasannya, lanjut pulang ke kosan dimana udah liat Fio nangis yang bikin salah paham, dan akhirnya ngerti soal kebohongan hubungan antara Fio sama Bagas. Sontak semuanya ngakak. Ngetawain Harja yang udah malu banget mukanya sampe merah.
"Lagian lo tumben banget ngurusin yang bukan urusan lo?" tanya Jovian kemudian. Harja cuma angkat bahu dan lanjut makan.
"Bang Bagas nih, kalo makan pizza, pinggirannya taruh di wadah satunya! Jangan dicampur!" omel Candra.
"Tau nih, kenapa sih lo gak doyan pinggirannya?" tambah Dito.
"Keras," jawab Bagas sambil ngambil satu slice lagi. "Pindahin dong, Dra, kan gue yang traktir." Bagas udah pasang muka songong.
"Belagu lo!" Akhirnya dikroyok orang satu kosan.
Setelah acara party ala Bagas selesai, giliran gue sama Bagas beresin remahan-remahan haram yang bertebaran ini. Gue bagian nyapu, Bagas bagian ngambilin sampahnya.
"Tuhkan, apa gue bilang," ucap Bagas sambil masih mungutin sampah.
"Bilang apaan?"
"Harja pengen deket sama lo."
"Apaan sih, dia kayak gitu cuma karena di mata dia gue tuh pacar lo. Gak usah ngaco deh, Bang."
"Siapa yang ngaco?"
"Elo lah, siapa lagi."
"Trus, Harja ngapain waktu lo nangis? Sampe ciuman gak?"
"Dih, apaan sih, Bang, orang cuma pel—" gue menutup mulut gue sendiri.
"HA?! YANG BENER LO?!" Bagas udah ngakak jingkrak-jingkrak sampe sampahnya jatoh lagi.
"Ngomong doang, Bang. Gak ngapa-ngapain!"
"Lo tadi mau ngomong pelukan, 'kan? Ngaku lo!" goda Bagas ke gue.
Kan, kalo sekali salah ngomong di keadaan kaya gini tuh emang fatal banget!
"Gak anjir, Bang!" tolak gue. Tapi Bagas masih terus mojokin gue. "Bodo amat, lo sapu sendiri. Bye!" Gue sandarin sapunya di tembok kemudian turun karena haus banget.
Gila, nyangkal pikiran Bagas itu lebih susah dibanding ngadepin Jilian. Parah sih, kenapa juga gue bisa kelepasan ngomong gitu?!
"Kenapa lo?" tanya Jilian yang tiba-tiba ada di belakang gue. Gue cuma geleng-geleng kepala kemudian lanjut minum. "Lo tau gak, kalo orang ketawa tuh bisa bikin darah tinggi."
Gue mengerutkan alis, "Kok bisa?"
"Coba aja." Kemudian gue nyoba ketawa tapi awkward. "Tuhkan, gila lo ketawa sendiri."
"Sialan lo Jilian!!" teriak gue ke Jilian yang udah lari ke atas duluan.
*
Jam udah nunjukin pukul 7 tapi gue bener-bener gak bisa bangun karena rasanya capek banget. Baru aja mau pindah posisi tidur, tiba-tiba suara panci diadu sama spatula udah menggema di lantai dua.
"Bangun! Ayo sarapan!"
Itu suara Jilian. Tumben dah ini cacing pita udah bangun jam segini. Dengan dandanan seadanya, gw turun.
"Jov, jangan nangis Jov!" teriak Bagas sambil peluk-peluk Jovian yang masih ngantuk. Mencoba jadi dramatis yang gagal. Gue tau mata dia ngelirik ke gue. Pasti ngecengin gue.
Yang lain udah pada ribut sendiri di bawah, sedangkan Yudhis masih nyiapin makanannya. Gue beralih ngambil tomat di kulkas buat dicamilin.
"Dih! Emang enak?" tanya Dito yang natap gue jijik karena makan tomat.
"Enak kok, mau coba?" tawar gue sambil ngasih tomat yang baru. Tentu aja Dito nolak. Habis itu gue milih duduk di meja makan.
"Harja, siapin piring dong. Candra ngambil minum," perintah Yudhis.
"Yes, chef!" seru Candra.
Setelah makanan siap, semua berdoa dulu dipimpin sama Dito. Gue nunggu yang lain ambil nasi dulu. Sambil nunggu, gue ngambil sendok buat nyicipin masakan Yudhis.
"Hm, enak!" seru gue sambil masih nyicipin. "Ini apa bang?"
"Sop misu tuna."
Gue langsung berenti makan. "Tu-tuna?" Mendadak tenggorokan gue terasa gatel. Gue garukin sambil terus nelen ludah. Kulit leher gue mulai keluar ruam merah. Rasanya tenggorokan gue kebakar. Muncul gejala kedua, dimana cuma sepersekian detik setelah muncul gejala pertama. Napas gue kesendat. Gue gak bisa ambil oksigen sama sekali. "A-air, to-long."
Semuanya panik. Tapi mereka gak bisa ngapa-ngapain, atau lebih tepatnya gak tau harus berbuat apa. Yudhis langsung ngambil ponsel buat telpon ambulance. Dito sigap isi gelas gue dengan air. Belum sempat minum, gue udah pingsan duluan.
[]
KAMU SEDANG MEMBACA
SUMMER HOLIDAY
FanfictionMungkin kalau bukan karena Mama yang harus pergi ke luar kota sama Papa, gue gak akan dateng ke Jakarta. Mungkin juga kalau bukan karena Tante Tiara yang punya anak banyak, gue gak akan berdiri di depan kosan terbesar di komplek ini. Sayangnya, kata...