7

908 112 10
                                    

"Hati-hati, jalannya licin. Pegangan sama partner masing-masing. Habis ini jalannya nanjak. Lewat belakang batu besar sebelah sana," jelas Harja sambil nunjuk batu gede 4 meter kedepan.

Gue sama Bagas udah pegangan erat banget buat nyari tanjakan yang pas. Dibantu sama Dito, akhirnya kita semua sukses buat ngelewatin batu itu. Tapi sayangnya, rintangan ga cukup sampai sana aja. Kita turun lagi. Nyebrangin sungai depan yang dalemnya semata kaki dan naik lagi ngelewatin akar-akar pohon. Jujur aja, gue yang pakai sepatu gini aja licin banget. Ngelihat jalannya udah kaya dibalut lumpur, gue semakin mengeratkan genggaman gue ke Bagas.

"Dikit lagi nyampe," teriak Harja dari depan.

Gue udah sangat bersemangat buat ngelihat air terjunnya. Suara air terjun juga mulai beradu sama aliran sungai yang ada di bawah. Dan sesuai ekspektasi, mata gue disuguhi pemandangan yang bikin gue gak nyesel ngelewatin jalan naik turun dan licin itu.

"Keren banget!" bisik gue dengan penuh kekaguman.

Dito, Jilian, sama Candra udah heboh karena kita bisa lihat air terjunnya. Harja segera nurunin bawaannya. Begitu juga gue dan yang lain.

"Bongkar!" perintah Harja.

Bagas, Jilian, sama Harja langsung ngeluarin tenda yang ada di atas ransel mereka. Bareng-bareng kita diriin tenda di jarak sekitar 30 meter dari air terjun.

Cuma butuh 15 menit buat ketiga tenda itu berdiri. Harja langsung masukin tas-tas yang ada di luar ke tenda masing-masing. Tentunya gue sendirian di satu tenda. Harja, Bagas, Jilian ada di tenda sebelah kanan gue, sisanya di sebelah kiri gue.

"Bagas sama Dito cari kayu bakar ya, Yudhis sama Candra prepare buat makan." Setelah mereka mulai melakukan apa yang disuruh Harja, sekarang presiden berbalik arah menatap gue. "Lo sama gue beresin tenda." Gue ngangguk aja dan langsung masuk ke tenda gue.

"Kita gimana?" tanya Jilian ke Harja sambil nunjuk Jovian.

"Terserah lo pada mau ngapain. Jungkir balik kayang juga boleh," jawab Harja tanpa ngeliat dua manusia yang udah kesenengan karena gak dapet kerjaan.

Gue menata matras dan kantung tidur di sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri buat ransel dan tempat sepatu gue nanti. Harja juga ngelakuin hal yang sama. Bedanya, karena tenda Harja lebih besar dari gue, dia bikin tidurnya jajar 3 dan naruh ransel di bagian belakang. Jadi nanti gak bingung kalau nyari barang masing-masing. Berlaku juga buat tenda sebelah kiri gue. Harja bagian beresin matras dan kantung tidur, sedangakan di luar tenda gue cuma ngeliat Harja yang tinggal ngangkatin tas keempat orang pemilik tenda.

Gak jauh dari tenda, terdapat Jilian sama Jovian lagi asik nyanyi-nyanyi pakai gitar kecil yang sengaja dibawa sama Jilian. Mungkin karena bosen, Jilian metik gitar asal dan bikin puisi sambil natap air terjunnya. Jovian? Gak usah nanya. Dia udah gaya sok-sokan jadi romeo mendalami puisi Jilian.

"Udah, gak usah didengerin. Sarap emang mereka," ucap Bagas yang udah dateng sambil bawa kayu bakar.

Gue cuma cekikian aja trus bantu Bagas buat nyusun kayu bakar. Yudhis udah nyusun bahan-bahan makanan yang nanti sore bakal dia masak.

"Main air boleh gak nih?" tanya Jilian yang udah ngelepas bajunya.

"Serah lo aja anjir," jawab Harja yang udah geleng-geleng.

"Ikut gak?" tanya Bagas ke gue. Gue cuma geleng-geleng aja dan memilih masuk ke tenda.

Tangan gue langsung cepet-cepet nyari jaket jeans buat dirangkap sama hoodie. Sekadar informasi, gue tipe orang yang gak betah dingin.

Dari tenda, keliatan gimana manusia berumur 20 tahun ke atas pada berubah jadi bocah 14 taun. Senyuman mereka mengembang waktu pada gantian setor punggung di bawah air terjun. Bisa gue denger suara Jilian keras banget bilang, "Kayak dipijitin anjer!"

SUMMER HOLIDAYTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang