Harja asik menikmati americano di bangku tinggi sebelah kiri ruangan. Pandangannya langsung tertuju pada macam-macam tumbuhan dibatasi oleh tanaman rambat di temboknya.
Cafe Sunflow namanya. Tempat favorit Harja dan anak kampus daerah sana. Gimana gak betah kalo tiap ke sana selalu disuguhin suasana yang damainya gak kira-kira. Mulai dari jalan beralaskan kerikil dibatasi oleh tanaman hias di sampingnya, ruangan dengan lantai kayu, dan pencahayaan kuning biasan sinar matahari yang ketutup jaring paranet. Ditambah, harga menu di sini gak bakal bikin kantong diet. Udah pasti masuk favorit list, 'kan?
Niat awal Harja ke sini mau jernihin pikiran aja, alasan kedua karena dia di kosan gak bisa bikin americano seenak di sini. Tapi niat Harja terusik waktu ada suara berisik di belakangnya, pria dan wanita yang mungkin nyoba buat pamer kalo mereka adalah pasangan.
"Norak," decih Harja pelan.
"Bagas, jangan lawak dulu. Beresin nih rangkumannya. Awas aja kalo kepanjangan di laporan," ucap wanita itu.
Bagas?
"Siapa yang lawak? Lo aja yang receh."
Tunggu, jangan bilang....
Harja nengokin kepalanya. Bener aja, Bagas di sana sama cewek. Yang jelas bukan Fio karena dia pake dress, warna kuning lagi. Ada topi baret di atas kepalanya. Bagas ngapain?
"Gue pukul nih ya?" ancam cewek itu.
"Mau dong dipukul cewek cantik kayak lo." Bagas udah nyengir sambil ngegodain cewek itu.
Harja? Dia berusaha buat netralin pikirannya. Ini bukan urusan dia. Ngapain harus ikut campur? Tapi Fio gimana? Enak aja dia selingkuh di belakang Fio! Gak inget apa soal Fio jatuh waktu kemah? Ah, pasti gak inget. Kan lagi seneng-seneng.
Harja memukul mejanya dan mengumpat, "Brengsek!"
Satu tinjuan berhasil dilayangkan pada Bagas. Setelah Harja membiarkan Bagas mengetahui pelaku dari lebam pipinya, Harja menyambar jaket dan kunci mobilnya, kemudian pergi begitu saja. Menulikan telinga soal betapa khawatir cewek itu ke Bagas. Fio harus tau soal gimana brengseknya Bagas.
Harja sedikit berlari menuju kamar Fio. Awalnya ragu buat ngetuk, tapi keraguan itu runtuh gitu aja waktu denger isakan tangis Fio di dalem.
*
Sayangnya, penghayatan ini gak berlangsung lama. Tiba-tiba Harja buka kamar gue dan langsung duduk di hadapan gue. Dia nangkup pipi gue dengan muka panik.
"Astaga, Fi! Jangan nangis.... Gue tau Bagas emang brengsek, lo jangan nangisin cowok kayak dia ya." Harja langsung narik gue ke pelukannya. Dan nangis gue makin kejer karena mendalami posisi Mbak Park.
Harja ngelus kepala gue. "Udah, Fio. Lo jangan nangis lagi. Habis ini gue hajar si Bagas."
Gue ngelepasin pelukannya. Mengelap ingus gue pake tisu. "Ba-bagas...."
"Iya, gue tau kok kalo dia selingkuh di belakang lo."
Gue geleng kepala. "Ba-Bagas bukan pacar gue." Tangan gue sibuk ngelap air mata.
Mata Harja langsung melotot. "Ha? Lo gak bohong kan?"
Gue ngangguk, "Akal-akalannya Bagas aja mau ngerjain lo. Gue sama dia gak ada hubungan apa-apa." Itu suara gue masih agak kesendat gara-gara sesenggukan.
Gue mengambil tisu lagi, setelah bunyi srot yang panjang dari hidung, Harja ngomong lagi, "Trus lo nangisin apaan?"
Gue nunjukin Harja laptop gue yang masih nyetelin Mbak Park lagi nangis bombay.
"Ngobrol dong kambing!!" Harja kemudian bangkit dan nutup pintu gue keras-keras. Dan gue masih bengong liatin dia.
*
Hari udah mulai malem. Gue berniat turun buat nyari makanan. Di bawah udah ada Harja lagi nonton TV. Gue kira dia keluar lagi karena gak kedengeran suara apapun dari kamar gue.
Mata gue menyusuri isi kulkas. Apa yang bisa dimasak?
"Bang, lo udah makan belom?" tanya gue setengah teriak. Tapi Harja diem aja. Gue cuma ngangkat bahu, gak mau diganggu paling.
Gue kepikiran buat masak nasi goreng aja, karena resep yang gak ribet buat perut gue yang udah ngeluh kelaparan. Gue mengambil beberapa siung bawang putih sama merah. Mata gue berbinar waktu menemukan satu buah dada ayam.
Dengan sekali geprek, bawang putih sama merah itu langsung penyek. Setelah cincang kasar bawang, tangan gue beralih menuju nasi. Gue ngambil dua porsi makan buat gue sama Harja. Setelah wajannya panas, gue masukin ayam yang udah dipotong dadu beserta garam dan merica.
Setelah angkat ayam yang udah mateng, gue masukin bawang bombai, wortel yang udah dipotong dadu, dan bawang yang udah dicincang tadi. Ini nih, masuk tahap favorit gue. Campur yang ada di wajan tadi dengan telur, trus aduk sampe telurnya orak-arik. Satisfying banget ngaduk telurnya!
Abis itu tambah sedikit minyak dan masukin nasinya. Diikutin saus tiram, daun bawang, sama ayamnya. Aduk deh sampe mateng. Setelah dua piring nasi goreng itu gue taruh di meja makan, gue jalan ngampirin Harja.
"Bang, makan yuk? Udah gue masakin tuh."
"Gak laper," ucap Harja dengan mata masih natap TV. Tapi beberapa detik kemudian, perut dia bunyi. Yhaaa, gagal boongnya.
"Gue tau lo laper. Jangan gengsi, busung lapar mampus lo." Gue balik ke meja makan sambil cekikikan.
Harja beralih matiin TV dan duduk di meja makan. Duduk gue sama dia berhadapan. Gak pake ngeliat gue, dia langsung lahap makanannya. Gak peduli dia cueknya gimana, asal masakan gue dimakan dengan lahap kayak gini aja udah seneng banget.
"Lo ... sekhawatir itu sama gue?" tanya gue sedikit ragu. Tapi Harja gak ngegubris omongan gue. "Sorry ya, gue udah bohong sama lo." Tanpa sadar gue senyum.
Harja berhentiin aktifitas makan dia. "Apa lagi yang gak gue tau?"
Gue menaikkan alis. "Soal?"
"Pertama, soal lo anak ibu kost. Kedua, soal lo cewek pura-puranya Bagas. Habis itu apa lagi? Jangan bikin gue kayak orang bodoh. Orang sakit jiwa juga gak mau dibohongin kayak gini." Harja makan lagi tapi dengan ritme pelan.
Gue ngeliat bibir dia yang agak cemberut. Gue tersenyum tipis, lucu. Harja yang kayak gini gak akan gue temuin lagi kayaknya. Yang ngambek tapi tetep makan karena kelaparan. Yang gak mau ngeliat gue karena kesel banget.
"Gak ada kok. Bukan gue yang ngatur skenario kayak gini, Bang. Tapi tetep aja, gue minta maaf banget. Sebenernya gue sama temen-temen lo gak ada niatan buat bikin lo merasa bodoh kok."
Harja masih diem. Masih terus ngunyah yang ada di dalem mulutnya. "Karena nasi gorengnya enak, gue maafin."
"Lho, jadi lo maafin gue karena nasi gorengnya enak?"
Harja ngangguk. "Enak. Makasih." Kemudian dia lanjut makan.
Baru aja gue mau masukin suapan ke mulut, tiba-tiba aja pintu utama kebuka dengan keras. Bikin gue sama Harja meringkuk kaget mendapati cowok dengan dandanan acak-acakan sambil bawa pisau.
[]
KAMU SEDANG MEMBACA
SUMMER HOLIDAY
FanfictionMungkin kalau bukan karena Mama yang harus pergi ke luar kota sama Papa, gue gak akan dateng ke Jakarta. Mungkin juga kalau bukan karena Tante Tiara yang punya anak banyak, gue gak akan berdiri di depan kosan terbesar di komplek ini. Sayangnya, kata...