5

968 107 2
                                    

"Siapa nih yang barangnya belum siap buat kemah besok?" tanya Bagas.

Gue angkat tangan paling tinggi. Karena gue ke sini gak ada persiapan apa-apa soal kemah.

"Selain Fio?"

"Gue, Bang. Kurang kantung tidur. Punya gue hilang," ucap Jilian.

Bagas ngangguk aja. "Habis ini ikut gue ya, nanti kita siapin bareng-bareng."

Gue balik ke kamar buat ganti baju dan ambil tas kecil buat tempat headset, powerbank, beberapa bar coklat sama permen. Jilian juga udah berdiri di depan teras. Sedangkan Bagas lagi manasin mesin mobil.

Begitu Bagas ngasih aba-aba suruh masuk mobil, tiba-tiba ada orang yang lari ngeduluin gue dan langsung duduk di kursi sebelah sopir. Yang jelas bukan Jilian, karena dia lagi jalan bersebelahan sama gue.

Dilihat dari luar mobil, wajah Harja gak datar banget sambil benerin seatbelt. Padahal gue pengen banget duduk di depan. Alasannya bisa nyetel lagu favorit gue di HP. Tapi pupuslah harapan gue.

"Lo kenapa ikut?" Kalau gak salah itu yang gue denger waktu baru buka pintu mobil.

"Lo mau nyari barang ke mana? Gue yang lebih tau soal ginian," jawab Harja yang agak ketus.

Bagas cuma naikin bahunya trus nunggu gue sama Jilian masuk, baru dia tancap gas. Harja beberapa kali ngasih arahan ke Bagas untuk belok ke mana aja. Gue memilih buat tetep diem ditemenin sama headset gue.

Waktu mau masuk bagian terbaik dari lagu yang gw mainin, tiba-tiba Jilian nyolek lengan gue. Dia bilang, "Cek Line," tanpa suara. Gue langsung buka aplikasi yang dimaksud Jilian.

Jilian's Room Chat

Jilian : Presiden gak suka kalau ada yang keluar pakai headset. Lepas headset lo.

Gue noleh ke Jilian sambil naikin alis. Kayak bilang, "Harus banget emang?" Jilian cuma ngangguk doang. Gue ngelirik Harja dari belakang. Kenapa gue harus ngelakuin hal ini demi orang kaya dia?

Tapi akhirnya gue nolak. Gue tetep pakai headset gue. Gak peduli sih, ini kan hak gue. Jilian juga nyerah maksa gue buat lepas headset setelah mencoba buat narik dari samping dan spam chat.

Gak lama kemudian, akhirnya kita sampai di tempat yang di maksud Harja. Masih dengan headset di telinga gue, kita semua masuk ke toko peralatan camping. Sekadar informasi, Harja udah natap gue dan headset gue bergantian trus memalingkan pandangan. See? There's nothing happen.

Bagas ngambil barang-barang yang sekiranya gue butuhin. Mulai dari matras, sepatu yang solnya tebel, dan dua kantung tidur buat gue sama Jilian. Bagas udah ancang-ancang ambil dompetnya tapi langsung gue sodorin kartu kredit pribadi gue.

"Ini barang gue, Bang. Gue aja yang bayar," ucap gue.

"Gue aja. Kan kita yang ngajaknya dadakan, sayang duit lo keluar cuma buat ini doang." Bagas nyisihin kartu kredit gue.

"Ya justru karena ini barang yang akan gue pakai sendiri, gue aja yang bayar. Mending lo bayarin makan aja nanti, Bang, dari pada bayarin ini." Bagas akhirnya nurut aja. Setelah proses pembayaran, kita semua balik lagi ke mobil.

"Tendanya Fio gimana, Bang?" tanya Jilian sebelum mesin dihidupkan.

"Ini kita lagi mau jemput tendanya," jawab Bagas sambil senyum lebar.

Mobil mulai jalan lagi. Setelah melewati macet yang lumayan bikin gue ngantuk, akhirnya kita masuk ke semacam perumahan. Mobil Bagas melaju kenceng sampai hampir ke blok terakhir, dan berhenti di depan rumah tingkat 3 bercat oranye kuning.

Tinggal pencet klakson tiga kali, gak lama kemudian gerbang udah ada yang ngebukain. Cowok dengan kaos putih dan celana pendek itu senyum nyuruh kita masuk.

"Apa kabar lo, Fer?" tanya Bagas sambil salaman. Harja juga ikut salaman. Gue sama Jilian kikuk mau ikut salaman juga.

"Oh iya, ini Jilian sama Fio." Bergantian dari kita salaman memperkenalkan diri.

"Ferdi," katanya.

Setelah sesi kenalan, akhirnya kita masuk rumah dan Ferdi melesat ke dalem buat ambil barang yang mau dipinjem Bagas. Kita gak ngabisin waktu banyak di sana. Setelah dapet barang, ngobrol-ngobrol dikit soal kampus dan tetek bengeknya, akhirnya kita memutuskan untuk segera balik karena udah sore.

"Bang, laper nih!" keluh Jilian.

"Mau makan apa? Gue lagi pengen makan seafood nih. Kalian mau gak?"

Gue sama Jilian setuju buat makan seafood. Katanya, Bagas ada resto yang recommended banget di sekitar sini. Jadi kita langsung meluncur ke tempatnya. Presiden kita lagi irit ngomong. Dia gak ngomong selama perjalanan. Bahkan cuma ngomong beberapa kali doang waktu di rumah Ferdi.

"Ayo makan!!" seru Bagas waktu kita berhasil dapet tempat parkir. Maklum, di sini tempat parkirnya terbatas. Jadi, kalau gak dapet tempat parkir, kita gak bisa makan di sana.

Masih dengan headset, gue bersenandung kecil sambil jalan ngelewatin kolam-kolam ikan. Anehnya, presiden membiarkan Bagas sama Jilian buat jalan duluan. Sedangkan presiden memilih buat berjalan di depan gue. O-ow, sepertinya gue terancam nih.

Waktu lewat jembatan kecil menuju meja makan, tiba-tiba presiden berhenti sambil berbalik arah natap gue. Otomatis gue juga berhenti. Gue naikin alis, meminta penjelasan secara tidak langsung. Sayangnya, tangannya dia cepet banget buat narik ujung headset dari HP dan telinga gue trus ngebuang headset-nya ke kolam. Iya, dilempar gitu gengs. Kaya ngelempar krikil. Enteng banget.

Gue gak terima dong. Apa-apaan ini? Itu kan milik gue, harusnya itu hak gue. Kok jadi dia yang seenaknya sendiri?

"Lo apa-apaan sih?!" teriak gue waktu Harja jalan ninggalin gue di jembatan. Gue menatap headset gue yang udah jauh masuk ke kolam.

Gue ngejar Harja. Tapi beberapa orang ngehalangin jalan gue, jadi baru kekejar waktu Harja udah duduk manis sambil natap buku menu. "Ganti headset gue!" perintah gue dengan setengah teriak. Jilian sama Bagas udah natap gue dengan kebingungan. Harja malah tetep lanjut baca menu.

Gue narik tangan dia, tapi dikibiasin gitu aja. Matanya natep gue tajem. "Gue yakin lo udah dikasih tau sama salah satu dari mereka kalau gue gak suka ada yang pakai headset waktu keluar."

"Headset itu punya gue, kok lo yang ngatur sih?!"

Harja balik lagi natap buku menu. Jilian dengan sigap narik tangan gue buat duduk di bangku sebelah dia. Gue duduk berhadapan sama Bagas. Tapi dia cuma bilang, "Sorry," tanpa suara. Ngeselin banget! Kenapa semua takut sama Harja? Kenapa apa yang Harja gak suka, kita juga harus ikut ngehindarin hal itu?

Terpaksa saat itu juga gue langsung nyari toko online buat beli headset. Kali ini gue milih yang wireless, biar si Harja gak bisa asal narik.

[]

SUMMER HOLIDAYTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang