07. bakcang

691 118 8
                                    

lami nepuk-nepuk pundak gue.

"masih jam setengah lima," gue ngucek-ngucek mata.

"bu yoona udah masak banyak," mata gue langsung seger. oke siap.

di ruang makan, udah ada bu yoona sama cowok-cowok. mereka masih ngantuk, rambutnya berantakan, matanya merem-melek. kecuali ibu pemilik rumah, sama cowok yang pake apron, si mantan.

anjir mereka masak bakcang. tau kan? gampangnya ketan kukus. makanan kesukaan gue :( siapa sih yang ga lemah dapet makanan favorit :(

gue tadinya duduk disamping kak haechan, tapi dia langsung pindah ke kursi lain pas kak renjun lepas apron. kakak gue siul-siul ga tau diri sambil ngambil sendok.

kak renjun berdecih. ga ada kursi lain, kita duduk sebelahan.

"kalian sering-sering kesini ya, sepi cuma berdua," kata bu yoona sambil gigit bakcangnya.

"nanti rumah ini dikira panti asuhan," kata kak haechan.

bu yoona ketawa. "ajak papa mama kalian juga boleh, biar kaya arisan."

"besanan sekalian bu, sama saya." kak haechan naik turunin alis. ini pasti gue kena.

kak renjun ngeliatin kak haechan sambil milih-milih bakcang yang udah ga terlalu panas. gue nelen ludah.

bu yoona senyum cerah banget. gue sama kak renjun diliatin dari ujung ke ujung. "bener, jun?"

"besok makanan gosongnya kasih ke haechan aja ma." kata kak renjun.

dia tuh...

emang kalo ngomong suka ga straightforward gitu ya...

"semalem kalian kayanya berantem, sekarang udah gapapa kan?" tanya bu yoona.

"biasa bu, anak muda..." kak haechan udah mau cepu tapi kak renjun masukin daun pisang ke mulutnya.

"gapapa kok ma," jawab kak renjun.

"bener gapapa, ning?"

gue kaget nama gue disebut. gue kira bisa pura-pura invisible. "eh iya, gapapa tan."

"kok ga ngasih tau tante sih kalo ningning pacar lo. udah gede gausah kucing-kucingan." jisung ikut ngomporin.

kak haechan high five sama jisung. muka gue udah merah banget. mungkin abis ini gue harus ngelist ya siapa temen beneran siapa yang bukan.

"pak taeil sama bu wendy udah tau, ning?" tanya bu yoona.

kok... malah ikut-ikut bu...

gue cuma cengengesan. gatau mau ngomong apa. dijawab iya ntar dikira pacaran, dijawab engga apa lagi.  mama papa taunya gue jomblo dari lahir.

"ehem," kak renjun berdeham keras-keras. "udah dulu ya wawancaranya."

temen-temen nyengir. gue mau ambil bakcang aja sampe grogi.

"emang ga seru renjun ini bu. kalo penasaran, tanya saya aja." kata kak haechan.

woy udah dong :(

gue makan bakcang sambil berusaha tabah. capek dengerin kak haechan

🍒🍒🍒

gue sama anak-anak berangkat pake bus. tadinya mau dianter bu yoona, tapi jisung usul pake bus, soalnya mau nemenin kak chenle yang baru pertamakali naik transport publik.

"le, lo kalo pacaran dianter mama lo juga?" tanya jisung.

"engga, pacar gue yang ke rumah."

"ngapain? nanem?"

gue nyimak sambil pegangan ke tiang. cowok-cowok juga suka gosip, pemirsa. jangan heran. dan ini berlaku di semua usia.

"iya, nanem saham," kak chenle ketawa. "gue jomblo, bocah."

dua bocah itu lengket banget kaya anak kembar. di deket gue, kak haechan lagi mepetin lami. emang kalo sahabatan tuh mau sengaja mepetin atau engga gampang yah.

yongsan udah keliatan dari tempat gue berdiri. ga sampe 5 menit pasti bus ini berhenti.

eh gue inget sesuatu.

gue ngubek-ubek tas. yang gue cari masih ada disitu. gue liatin depan. beberapa meter depan gue, kak renjun baru berdiri sambil pegangan tiang. dia ngeliatin luar bus.

gue jalan ke arah kak renjun. busnya ga sesak, untungnya. jadi enak kalo mau jalan.

"kak," gue sodorin cokelat yang kapan gitu kak haechan kasih. dia nengok ke gue. "makasih udah masakin bakcang."

dia naikin satu alisnya. ga mau nih? seinget gue, dia suka cokelat, kok. yah emang lebih suka moomin, tapi seinget gue ga bakal nolak cokelat.

gue ambil tangannya terus gue taruh cokelatnya. gini gan, gue serius mau temenan. tolong dipikirin baik-baik, oke.

bus berhenti di halte yongsan. lami, jisung, sama kak chenle lompat keluar pas pintu dibuka. kak haechan masih ditempatnya tadi. kayanya liatin gue daritadi.

"bye," kata gue ke kak renjun sambil turun dari bus.

ini pasti gue kena lagi. hadeh. udah lah bodoamat aja.

-----

hi!

gue seneng banget nulis ini, i love ningning-renjun so much uwu

btw gue sebenernya belum pernah makan bakcang hahaha kalo deskripsinya salah kasih tau gue ya.

xoxo,
nao

Renjun x Ningning || 434 MilesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang