"Sa, elo gak apa-apa 'kan?"
Sepersekian detik gue ngerasain lagi yang namanya sakit hati. Ngelihat orang yang gue suka bahagia sama orang lain.
Di sebrang sana, dua meja dari tempat gue berdiri sekarang, gue ngelihat Irgi yang lagi makan malam sama seseorang. Gue gak yakin cowok itu siapa yang jelas dia kelihatan akrab sama Irgi. Mereka berdua kelihatan asik banget, Irgi sama cowok itu lagi ngobrol dan sesekali gue lihat Irgi ketawa lepas waktu nanggepin omongan si cowok itu.
"Gue mau pulang, Drick." Gue gak mau lama-lama di sini. Gue takut sisi jahat dalam diri gue bakal kambuh dan gue ngerusak semuanya di depan Irgi.
Gue jalan ninggalin Edrick yang gue rasa dia juga lagi bingung sama sikap gue ini. Pipi gue basah, sesuatu terus keluar dari mata gue, rasanya gue enek banget gue pingin marah, tapi gue gak tahu mau marah ke siapa. Lihat Irgi sama orang lain itu bikin gue cemburu, apalagi sikap Irgi ke gue selama ini baik banget dan perhatian. Salah siapa sebenernya, gue yang terlalu besar kepala atau emang Irgi yang keterlaluan dalam bersikap.
* * *
"Suami gue tiap hari pulang malem, pagi-pagi gak sempet anterin anaknya ke sekolah, cuma buat kerja di perusahaan elo. Eh, eh, yang punyanya malah nongkrong di sini."
"Gue lagi males ke kantor, lagian hari ini suami elo kan di kantornya om Faris."
Gue lagi suapin Rachel, anak ketiganya Alby sama Eka. Hari ini gue gak masuk kantor, perasaan gue sekarang lagi labil banget, gak ada gairah buat kerja.
"Kok Si Rachel tembem banget sih, elo kasih makan apaan By?"
"Yang jelas bukan makan hati."
"Sialan," gue lemparin boneka Rachel ke pantatnya Alby.
Alby ketawa lepas di depan gue, tadi gue emang cerita sama Alby soal kejadian kemarin malem di restoran itu.
"Kenapa elo gak ungkapin aja sih, Sa?"
"Apa?"
"Ya perasaan elo itu, kalo kalian gak ada yang mau mulai duluan, sampai kapanpun hubungan kalian itu ya, cuma sebatas kaya gini aja."
Si Rachel makanya banter banget, gue gemes sendiri lihatinnya. Pipi dia tembem banget.
"Elo dengerin gue gak sih, Sa?"
" Apa?"
Alby lagi sibuk nyiapin makan siang buat Jevan sama Kavin. Ya, semenjak Aldy meninggal gue jadi lebih akrab sama Alby. Gak tahu kenapa, tapi gue ngerasa keluarga Aldy udah jadi bagian dari keluarga gue. Di sini gue diterima, om Hansa, om Faris dan juga neneknya Alby, mereka semua nerima gue, layaknya anak mereka sendiri.
"Gue gak yakin sama perasaannya Irgi, By. Apalagi lihat Irgi kemarin sama cowok lain."
"Lo bilang kemarin dia ngajakin elo buat makan di restoran mamanya, berarti itu udah satu langkah awal yang bagus dong." Alby lagi masukin tupperware yang isinya makan siang buat Jevan sama kavin di sekolah ke dalem tas. "Kalo kalian kelamaan pendekataan itu bakal bikin kalian bosen."
"Terus kalo ternyata cowok yang semalem itu pacarnya Irgi gimana?"
Alby ngelihatin gue sambil kesel gitu, "gak usah berprasangka, gak usah mikirin hal yang belom tentu terjadi. Mending elo ketemu dia, ngobrol sama dia."
Dan ternyata kalo emang jawabannya bener itu cowok temen deketnya Irgi, gue gak tahu mesti gimana. Gue gak mau kalo kenyataan kaya gitu bikin gue ngelakuin hal yang bikin diri sendiri gue rugi.
"Setahu gue, Irgi itu bukan tipe orang yang bakal kasih harapan palsu buat seseorang."
"Sok tahu,"