Rumah megah namun sepi menyambut kedatangan Endra dan Suta. Hari ini, sepulang sekolah, Endra sengaja mengajak Suta untuk main ke rumah karena dia merasa sepi orang tuanya pergi ke Bandung. Suta pun mengiyakan tanpa banyak kata. Hari ini lelaki itu tidak banyak bicara, membuat Endra bingung seketika. Penampilannya yang klimis, mendadak tidak terurus. Namun saat ditanya, Suta menjawab dengan nada malas, "Nanti aja gue cerita." Yasudah Endra hanya bisa pasrah sambil nenebak-nebak apa yang sebenarnya sudah menimpa Suta.
Selepas masuk ke kamar Endra yang luas dan berfasilitas lengkap -namun tidak membuat lelaki itu betah, Suta langsung menghempaskan tubuhnya ke tempat tidur beralaskan bed cover abu-abu. Sedangkan Endra duduk di atas karpet berbulu yang ada di sisi tempat tidur dan membalas pesan dari orang tuanya.
"Gue kemaren nemuin Rila di rumah pacarnya," Suta memulai ceritanya. Endra seketika menaruh ponselnya dan fokus mendengarkan. "Pakaiannya cuma tanktop sama hotpants dan ada lebam di pundaknya." Suta menelan salivanya dengan susah payah. Berantahkan dia. Dia bilang gak usah bilang Mama, tapi gue minta dia jelasin ke gue."
Suta menatap langit-langit beton kamar Endra dengan tatapan kosong. "Gue gak goblok buat nebak apa yang barusan mereka lakuin. Tapi gue gak habis pikir dengan luka lebam yang Rila dapet, kalau emang pacarnya yang ngelakuin, gue benar-benar bakalan ngehabisin tuh bajingan."
"Buat?"
"Karena dia udah ngerusak Rila dan buat lebam yang diterima Rila." Suta menjelaskan itu sarat akan emosi. Dia merubah posisinya menjadi duduk. "Sial!" teriaknya lantang. Mencoba menyalurkan emosi yang terpendam.
"Lah, kenapa lo marah?" pertanyaan itu membuat kening Suta mengerut tidak suka. "Jaman sekarang kan emang udah biasa gaya pacaran kayak gitu, Ta." Jelas Endra enteng.
Dengan berang, Suta meringsek maju dan menarik kerah seragam Endra penuh amarah. "Maksud lo apa hah?!"
Endra terkekeh, "Ya kalo emang dua-dua nya sama-sama mau ngelakuin hal itu, apanya yang jadi masalah?"
Buk!
Endra meringis saat tinju melayang di pipi kirinya. Belum puas, Suta kembali maju namun kali ini Endra melawan dengan mendorong Suta keras ke belakang. "Seharusnya lo inget Ta apa yang udah lo lakuin juga ke beberapa mantan lo! Lo juga pernah gituan kan? Kenapa sekarang lo marah dengan mantan Mbak lo yang udah buat hal yang sama?! Emang lo gak pernah mikir juga gimana perasaan mantan-mantan lo yang udah lo rusak?! Hah!" bentak Endra keras dan telak. Suta tidak berkutik. Tubuhnya mendadak limbung dan berakhir terduduk di tepi tempat tidur.
"Seharusnya lo mikir Ta atas kejadian ini, mungkin aja Tuhan nyoba buat ngebuka pikiran lo dengan hal nyakitin kayak gini. Gimana juga perasaan mantan-mantan yang udah pernah lo ajakin begituan? Mungkin aja mereka sama-sama hancur, cuma lo nya aja yang gak tau. Lo gak berhak marah kalo gitu, anggep aja ini balasan perilaku lo yang sama bejatnya dengan mantan pacar Mbak lo." Endra menghela nafas, "Terus sekarang lo mau gimana? Toh Mbak lo gak bisa balik bener lagi?" tanya Endra kejam namun sangat sesuai fakta.
"Gue bakalan cari tuh mantannya yang udah ngehancurin dia."
"Eh goblok, lo harusnya cari tau lebam yang Rila dapet, beneran dari mantannya itu atau ada orang lain. Paling gak lo punya alesan lain buat ngehancurin mantannya. Kalo lo pake alesan karena Rila udah ngasi keperawanannya, yang ada dia ketawa dan ngebales lo telak, toh kemarin Rila gak nolak."
Lagi. Perkataan Endra benar. Suta jadi merasa risih lama-lama kalau begini. Endra terlalu frontal, membuat Suta merasa teredam sesalnya sendiri.
"Gue bakalan bantu lo buat nyari siapa yang udah ngelakuin kekerasan ke Rila." Endra berdiri, dia ingin mengambil minum karena berbicara panjang lebar membuat tenggorokannya kering. "Oh ya, satu hal lagi. Lo udah sadar kan apa yang lo lakuin selama ini salah? Berhenti, Ta. Kalo cuma ngedeketin perempuan kayak maen boneka bongkar pasang gak masalah, itu urusan lo. Tapi jangan sampe waktu lo ngedapetin mereka, lo juga ngerusak mereka. Dampak dari perbuatan lo itu gak cuma berdampak ke lo sendiri, tapi ke orang-orang terdekat lo." Selesai ceramahnya, Endra keluar kamar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Endra & Suta
Teen Fiction[WARNING! Cerita ini mengandung konten kekerasan] Ini bukan romansa anak remaja. Bukan. Ini tentang persahabatan antara Endra dan Suta. Dua lelaki kelas XI yang hidupnya baru saja diubah oleh takdir. Tidak ada lagi kehidupan sesederhana nongkrong, m...