Stage 14: Haruhide

12 2 0
                                    

Haru terdiam, tidak mampu mengatakan apa-apa. Bahkan tidak berani menatap teman-temannya.

"Haru... apakah kau... adalah anak yang hilang itu?" tanya Dylan.

"A... Aku tidak...." Haru tidak mampu menjawab.

"Tapi foto anak yang hilang itu jelas-jelas mirip denganmu. Apakah Prof. Hakone tidak memberitahukan sesuatu kepadamu? Atau...,"

"Prof. Hakone tidak memberitahu apapun!" sergah Haru.

Dylan sudah ingin melontarkan pertanyaan lagi, namun dihentikan oleh Erio. "Haru, jika ada yang ingin kau katakan, maka katakan saja. Tidak apa-apa jika kau belum mau..."

"Tidak, kurasa aku akan menjelaskan semuanya kepada kalian," tukas Haru. "Karena cepat atau lambat, kalian mungkin akan tahu."

"H-Haru...,"

Mechadroid itu membuka eyepatch hitamnya. Ketika dia menyibak poni yang menutupi mata kanannya, yang lain terkejut.

Merah cerah, sama seperti warna mata anak yang hilang itu.

"Seperti yang kalian tahu, aku memang anak yang hilang itu," kalimat Haru sukses membuat teman-temannya tertegun. "Aku tanpa sengaja mengetahui tentang anak itu saat Prof. Hakone meninggalkan dokumen tentangnya tanpa pengawasan. Saat itu, Android K dan Android O sedang menjalani tes, sementara kami Android H dan Android A disimpan ke tabung. Kemudian, terjadi malfungsi pada Android O. Prof. Hakone meninggalkan ruangan. Aria sendiri sudah lebih dulu dinonaktifkan dan beliau tanpa sengaja membiarkanku dalam keadaan aktif.

Aku menjelajahi seluruh ruangan dengan bebas untuk pertama kalinya, tanpa mendengar perintah apapun dari asisten-asisten Prof. Hakone. Dan tanpa sengaja, aku menemukan sebuah dokumen tentang seorang anak yang mirip denganku. Anak itu berasal dari kaum Hayrith dan memiliki mata merah cerah, Haruhide."

"Haruhide?"

"Haruhide Kirisame, anak dari pasangan Hogosha ternama di kota Celestine, Wilayah Hayrith," jelas Nenek Grace. "Haruhide terlahir dengan darah percampuran sehingga dirinya lebih kuat dibandingkan para pendahulunya. Tidak, malah dialah yang terkuat dari seluruh Hogosha dan Akuma di Amaveri. Namun ada hal tak menyenangkan terjadi di keluarga itu hingga gadis malang tersebut kabur dari rumah."

"Apa yang terjadi kepadanya?" tanya Iriya.

"Keturunannya sendiri ingin membunuhnya. Mereka menganggap kalau suatu hari nanti Haruhide akan bersekongkol dengan kaum Seraphine dan mengkhianati kaumnya. Gadis malang itu melarikan diri dan bertemu dengan Prof. Hakone. Dia meminta profesor yang telah menjadi pencipta banyak robot untuk menjadikan dirinya sebuah robot.

Tadinya pihak laboratorium menolak mentah-mentah gagasan itu, apalagi Haruhide berasal dari kaum Hayrith. Namun, setelah melalui perdebatan yang panjang, mereka akhirnya menyetujui keputusan Prof. Hakone dan melahirkan kembali anak itu sebagai sebuah Mechadroid. Yang saat ini kalian kenal sebagai Android H, Haru." Nenek Grace mengakhiri penjelasan. "Aku tahu semuanya dari pertama kali melihat Haru."

"Jadi, Haru adalah... reinkarnasi dari Haruhide?" Dylan menyimpulkan.

"Selebihnya bisa kalian tanya sendiri kepada Haru."

Ketiga anggota Four Savior menatap Haru yang menundukkan kepalanya, tidak berani menatap reka-rekannya.

"Haru, jadi kau adalah anak yang hilang itu?" tanya Iriya.

"Sayangnya, iya. Akulah anak yang dicari oleh para Hogosha dan Akuma dari Seraphine selama ini," jawab Haru. "Dengan kata lain, aku juga memiliki darah percampuran Seraphine dan Hayrith."

[End] Descendants of Dark & LightTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang