Seperti biasa, lagu penutup dulu
Dengan selesainya buku ini, maka saya nyatakan seri detektif Roy benar-benar selesai! (Dan bener-bener nggak nyangka karena saya udah nulis serial ini selama sekitar dua tahun).
Seperti biasa, TERIMA KASIIIHHH BANYAK untuk teman-teman yang sudah sering membaca, membantu, mendukung, berkomentar, dan apapun bentuknya untuk saya terus berkarya. I do appreciate it, really do. Bahkan, awalnya saya nggak kepikiran buat ngebuat ini jadi serial (seperti yang udah pernah saya sebutkan sebelumnya).
Selain itu, untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terkadang ... sering ... ya pokoknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama saya nulis, bakal saya jawab di sini deh, heeehehe.
- Serial Roy nggak dibukuin?
Seperti biasa, jawabannya nggak. Saya ingin nyajiin cerita ini khusus di wattpad biar seenggaknya cerita yang ada di platform itu bisa sedikit beragam. Juga karena berbagai revisi yang sebelumnya udah saya buat itu hilang gara-gara laptop rusak, hehe :) Jadinya males lagi aja benerinnya. Tapi kalau bener-bener banyak permintaan, mungkin saya bisa berubah pikiran.
- Dapet ide cerita dari mana?
Dari mana-mana. Buku, film, bahkan browsing-browing nggak jelas di reddit, 9gag, deviantart juga bisa jadi ide. Walaupun begitu, influence terbesar saya (menurut saya sih, hehehe), tetep dari film-film film noir yang kental akan cerita-cerita polisi jahat dan baik :D
- Kok bisa ngebuat karakter Luthfi?
Saya nggak akan bohong, kalau karakter itu sebenernya terinspirasi dari salah satu karakter fiktif lainnya. Walaupun sebenernya banyak karakter anti-hero yang mirip sama dia, tapi saya ngambil model karakternya dari serial 'Person of Interest'. Kalau kalian suka karakternya, saya bener-bener nyaranin (maksa!) buat nonton serialnya :) genre-nya misteri/thriller/action/scifi, tapi menurut saya elemen terkuatnya itu ya dari kemisteriusan setiap tokoh utamanya yang selalu berinteraksi setiap saat, tapi mereka saling menutupi jati diri mereka satu sama lain :)
- Ceritanya bakal lanjut nggak? Gantung soalnya
Ada dua konsep yang saya pegang buat mengakhiri cerita. Pertama, karakternya gagal menempuh apa yang diinginkannya. Kedua, karakternya berhasil menempuh apa yang diinginkannya. Dan menurut saya di buku kelima ini karakter yang saya buat sudah berhasil mencapai salah satunya. Jadi ... nggak ada lanjutan, spin-off, atau apapun itu karena saya nggak ingin atmosfer cerita yang disajikan berbeda, padahal masih berkutat dalam universe yang sama :) Intinya, nggak :) It's time for me to move on tho. Trankuilansia, here
Sekali lagi, terima kasiiiihhh banyak untuk teman-teman yang sudah mengikuti serial ini dari awal sampai akhir :) It's been a good ride for two years.
Kalau masih ada pertanyaan-pertanyaan lain, berkaitan dengan apapun itu, silakan ditanyakan di sini, heeehehe :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Detektif Roy : Keparat-keparat Metropolitan [SELESAI]
Mystery / ThrillerAKP ... ah, Komisaris Roy kini harus berhadapan dengan musuh yang mendeklarasikan perang dengannya. Namun, tindakan yang dilakukan Komisaris Roy malah membuatnya kembali menyelidiki kasus tujuh tahun lalu yang melibatkan seorang anak biasa. Atau...