Menu : Ayam Bakar Sehat

95 3 0
                                    

Bahan :

- ½ kg ayam (pilih dada atau paha)
- Beberapa lembar daun selada
- Beberapa lembar kubis
- kemangi secukupnya
- Timun

Bumbu :

- Mentega
- kecap
- 3 siung Bawang putih
- Garam
- Daun Jeruk
- Daun salam
- 1 ruas kunyit


=> Sambal tomat :

- 10 biji cabe rawit
- 1 terasi
- Garam secukupnya
- Gula merah secukupnya
- ¼ kg tomat
- 3 siung bawanng putih
- 3 siung bawang merah

(Goreng semua bahan, tumis tomat dan uleg atau blender semua bahan sambal hingga halus. Lalu panaskan sebentar dalam api sedang agar lebih nikmat dan sambal tahan beberapa hari)

=> Sambal kacang:

- 10 biji cabe rawit
- ¼ kacang tanah, sangrai
- 3 siung bawang
- Sedikit asam jawa
- Daun jeruk
- Garam secukupnya
- 2 ons gula merah
- Air sedikit saja

(uleg atau blender semua bahan, lalu panaskan sebentar diapi sedang agar lebih nikmat dan tahan beberapa hari)






Cara membuat ayam bakar sehatnya:

- Haluskan bawang putih, kunyit, garam lalu masukan ke air ditambah dengan daun salam dan jeruk agar lemak dalam ayam berkurang kadarnya.
- Rebus selama kurang lebih 15-20 menit, angkat dan tiriskan hingga airnya hilang.
- Panaskan minyak jagung sedikit saja, goreng ayam setengah matang lalu angkat.
- Siapkan teplon atau alat pemanggang. Lumuri ayam dengan mentega lalu panggang dengan api sedang, bolak balik ayam sambil sesekali lumuri ayam dengan kecap agar ada rasa manis dalam gurihnya.
- panggang kurang lebih 5-10 menit hingga matang.
- Siapkan piring saji yang di isi dengan daun selada, kubis, kemangi dan timun sebagai pelengkap. Lalu letakkan ayam panggang diatasnya.
- Ayam panggang siap dinikmati dengan sambalnya. Bisa dimakan bersama keluarga tercinta atau para sahabat.









Yang suka pedas boleh ditambah cabenya ya? Aku biasanya kalau buat sambal memang 2 varian jadi biar gak bosen saja jika dinikmati bersama dengan keluarga atau teman-teman kalian. Kalau untuk dimakan hanya sendiri ayam bisa disimpan dikulkas setelah direbus, jadi memanggangnya sedikit-sedikit saja.
Selamat mencobanya ya bagi yang saat ini sedang melakukan proses diet.











@purpleshina

Daily Diet : Diet Sehat Tanpa Menyiksa [Didedikasikan Untuk Para Pejuang Diet] √Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang