Diet : Susu Kedelai

198 4 0
                                    

       => Susu kedelai sarat vitamin yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Susu yang satu ini juga merupakan sumber protein, kalsium, zat besi dan vitamin D. Susu kedelai diekstraksi dari kacang kedelai. Karena itu, susu yang satu ini lebih sehat khususnya bagi mereka yang menderita gangguan pencernaan. Sekedar diketahui ya bahwa laktosa yang terdapat dalam susu sapi juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan bagi sebagian orang. Tak hanya lebih sehat susu kedelai juga bisa membantu menurunkan berat badan lho! Karena susu kedelai mengandung protein yang membangun otot anda, dan membuat anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

        => Susu ini juga bebas kolesterol, dan tidak menggemukkan, jika anda membandingkannya dengan susu sapi.
Untuk menurunkan berat badan, ahli gizi biasanya memberi saran kepada pasien untuk mengurangi asupan karbohidrat mereka, dan makan lebih banyak protein
yang didapat dari susu kedelai. Selain itu juga untuk meningkatkan aktivitas fisik.

      => Minum susu kedelai merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan asupan protein alami anda setiap hari. Cobalah minum dua cangkir susu kedelai per hari, sambil mengikuti rencana penurunan berat badan yang tepat, dan anda pasti akan melihat hasilnya. Susu kedelai sendiri sebenarnya merupakan sari dari kedelai yang memiliki warna putih sehingga disebut susu. Namun, susu kedelai ini rasanya akan hambar jika kita tidak memberikan tambahan apa-apa ketika meminumnya. Karenanya banyak orang memberikan tambahan gula pada susu kedelai ini sebelum meminumnya.

      => Susu kedelai merupakan salah satu minuman murah yang memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya. Salah satu manfaat yang dapat kita peroleh dari susu kedelai adalah mampu membantu program diet kita. Dan pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan sajian informasi tentang cara diet menggunakan susu kedelai.

1. Mengkonsumsi Susu Kedelai di Pagi Hari
Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan susu kedelai adalah dengan mengkonsumsi kedelai di pagi hari. Cara ini terbilang sangat mudah dan juga murah karena kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa melakukannya, selain itu kita juga tidak perlu repot - repot untuk bisa mengkonsumsi susu kedelai di pagi hari. Saat mengkonsumsi susu kedelai di pagi hari, sebaiknya kita mengkombinasikannya dengan berbagai macam makanan sehat lainnya seperti buah dan juga sayuran. Bagaimana pun, susu kedelai sangat baik untuk kita jadikan sebagai alternatif pengganti susu sapi ketika sarapan.

2. Dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai Sebelum Makan
Cara untuk bisa diet dengan susu kedelai
yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai sebelum makan. Cara ini sangat baik untuk dilakukan oleh orang yang sedang diet karena dengan mengkonsumsi susu kedelai sebelum makan, kita bisa menekan nafsu makan sehingga kita tidak akan makan terlalu banyak. Cara ini baik dilakukan ketika sebelum makan siang atau pun sebelum makan malam.

3. Dengan Mencampurkan Bahan Lain
Cara selanjutnya yang juga dapat kita
lakukan untuk bisa diet dengan susu kedelai adalah dengan mencampurkan susu kedelai dengan bahan - bahan lain. Cara ini baik dilakukan untuk mengurangi rasa bosan terhadap susu kedelai yang begitu - begitu saja. Beberapa bahan yang bisa kita campurkan dengan susu kedelai adalah seperti madu, jeruk nipis, atau bisa juga dengan bahan - bahan yang lainnya.



=> Dan berikut ini adalah beberapa
manfaat lain dari susu kedelai selain untuk diet.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain baik dikonsumsi untuk diet, susu
kedelai juga baik kita konsumsi untuk
menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini
disebabkan karena susu kedelai kaya akan
kandungan lemak tak jenuh dan rendah
akan kandungan lemak jenuh di dalamnya. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan kandungan protein sehingga mampu mencegah masalah kardiovaskular. Tak hanya itu saja, perbandingan lemak jenuh dan lemak tak jenuh pada susu kedelai juga mampu mencegah tekanan darah tinggi dan
kolestrol.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain dapat kita manfaatkan untuk
kesehatan tubuh, susu kedelai juga dapat
kita manfaatkan untuk kecantikan tubuh
kita. Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kedelai mampu memperlancar produksi kolagen pada tubuh sehingga kulit kita akan tampak lebih halus, lembut, dan juga lebih kenyal.

3. Mengatasi Sembelit atau Susah Buang
Air Besar
Manfaat selanjutnya yang dapat kita peroleh dari susu kedelai adalah mampu
melancarkan pencernaan dan mengatasi
susah buang air besar. Hal ini disebabkan
karena susu kedelai kaya akan kandungan
serat di dalamnya. Kandungan serat yang
terdapat pada susu kedelai mampu secara
efeketif melancarkan sistem pencernaan
sehingga mampu mengatasi malasah
sembelit atau susah buang air besar.




=> Cara membuat susu kedelai yang aku lakukan sendiru dirumah.
Siapkan bahan-bahan dibawah ini :

1. ¼kg biji kedelai
2. Air sebanyak 1 panci sedang
3. Gula sesuai selera atau bisa diganti madu saat mau dinikmati
4. Garam sedikit saja
5. Daun pandan 3 lembar

Cara membuat :
1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi dan buang kulitnya hingga bersih.
2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan air. Lalu saring dengan saringan bersih sebelum direbus.
3. Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan gula dan daun pandan. Aduk-aduk terus hingga mendidih.
4. Saring lagi susu kedelai menggunakan saringan bersih.
5. Nah, Susu kedelai telah siap disajikan. Bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin.




Nah, itu adalah cara membuat susu kedelai untuk diet ala aku ya sahabat, aku buat sendiri loh susu kedelainya karena terjamin kebersihan dan kesehatannga. Kalau gak mau ribet buat kalian bisa beli susu kedelai rendah lemak atau bisa disangrai sebelum diblender agar mudah mengkonsumsi dengan menyeduhnya setiap pagi dan sore. Keluargaku lebih suka disangrai dan diseduh setiap pagi untuk mengkonsumsinya karena lebih tahan lama bisa sampai satu bulan. Kalau aku belum pernah diet dengan susu kedelai karena aku itu gak bisa minum segala jenis minum susu dalam jangka yang panjang tapi aku mengkonsumsi susu kedelai seminggu 2-3 kali untuk menjaga berat badanku. Keluarga dan teman-temanku bisa turun 2-3 kg ada juga yang turun hingga 4 kg dengan rutin mengkonsusmi susu kedelai selama seminggu, namun ingat ya pola makan juga memengaruhi keberhasilan diet. Jadi jangan lupa sebelum diet dibuat dulu program dietnya karena hasil setiap orang berbeda-beda.

Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat!








@purpleshina

Daily Diet : Diet Sehat Tanpa Menyiksa [Didedikasikan Untuk Para Pejuang Diet] √Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang