Pentingnya ber Thoreqoh

157 3 6
                                    


.syareat laksana perahu, thoriqoh laksana laut, haqiqat adalah mutiaranya.

Arti "Thoriqoh" adalah jalan.
Jalan harus ada ... untuk sampai pada suatu tujuan.
Tanpa jalan semua akan tersesat tak tentu arah.
Jika pun sampai, kalau tanpa jalan, pasti sampai nya sangat lama.

Thoriqoh adalah cara atau metode ibadah.
Tanpa cara, semuanya berantakan.
Cari uang pake cara
Make uang  pake cara
Ngasih uang juga pake cara
Apalagi ibadah...
Semuanya harus pakai cara.

Thoriqoh adalah wadah
Siapa saja orang yang ingin taubat, ingin bersuci dari lumpur dosa.
Siapa saja orang yang ingin belajar baik, ingin belajar ingat agar bertemu dengan Alloh, wadahnya adalah Thoriqoh.

Didalam Thoriqoh semua atas bimbingan syaikh.
Sholat, dzikir, shoum, shodaqoh, akhlaq, dll semuanya harus dengan bimbingan Syaikh (Guru).

من لا شيخ له فشيخه الشيطان

"Orang yang tidak punya Guru,
Maka Guru nya adalah setan. "

Thoriqoh kita adalah dzikir
Karena dzikir adalah inti setiap ibadah.
Tanpa dzikir semua ibadah kosong tak bernilai.
Tanpa dzikir,,,, sholat, shoum, ibadah haji akan menjadi bangkai yang dilempar ke wajah pemiliknya.

Jasad manusia hidup karena ada ruh.
Sedangkan Ruh hidup dengan dzikir.
Tanpa dzikir,,, manusia adalah mayat hidup.

Carilah Thoriqoh walau harus berjalan 1000 tahun.
Carilah Syaikh walau pun harus mengarungi gunung, jurang, dan samudera.

Seperti kata Tuan Syaikh Abdul Qodir qs.

سافر الي الف عام لتسمع مني كلمة

Berjalanlah 1000 tahun (datanglah) kepadaku untuk mendengar (menerima) satu kalimat dariku.

Yaitu kalimat Dzikir.

**
Dzikir tanpa Thoriqoh adalah dzikir tanpa cara.
Dzikir tanpa Thoriqoh adalah dzikir tanpa guru.
Dzikir tanpa guru ibarat pohon yang tidak ditanamkan.

Dzikir adalah benih ma'rifat yang harus ditanam didalam hati yang subur.
Hanya syaikh yang bisa menanamkan dzikir dengan metode yang tepat.
Bahkan syaikh lah yang membimbing kita untuk memelihara dzikir.

Banyak orang memandang Thoriqoh seperti memandang buah durian.
Mereka takut akan durinya....

Padahal.. isinya sangatlah manis, enak dan lembut..
Durian jangan hanya dipandang, apalagi dipikirin ...

Durian dimakan saja... buahnya manis.....
Kamu akan menyesal kenapa dari dulu tidak memakan buahnya.

---------------------------------------------------------------------------

Mungkin banyak yang bertanya-tanya??? Bagaimana ya saya ikut thoreqoh nya Kyai Nur ini, saya kan belum di baiat, saya juga belum ketemu beliau? Apa saya sdh diakui sah jadi jamaahnya beliau.

Bagi yang masih ragu, sedikit saya jelaskan, sebenarnya pemikiran pemikiran seperti itu adalah bisikannya iblis, untuk melemahkan keyakinan kita, agar kita lepas tidak mengikuti thoreqoh nya beliau, ya wajar saja kita selalu digoda dibisiki iblis seperti itu, itu tandanya kita sudah dijalan yang benar, kalau kita dijalan yg salah jelas tdk akan digoda dikasih pemikiran seperti itu.

Mungkin masih ada pertanyaan? Kenapa di thoreqoh lain kalau ikut langsung di baiat salaman langsung sama gurunya biar sah.

Memang kebanyakan seperti itu, tetapi di thoreqoh nya beliau ini yang lebih di arahkan kepada hakikatnya, ruhani kita, batin kita, agar tersambung kuat dengan beliau dan sampai ke Rosulullah dan sampai ke Allah ta'ala, sebetulnya kita semua itu sudah sering Baiat malah sehari kita baiat 5 kali dalam sehari setiap selesai sholat 5 waktu, di dalam dzikir pondasi TQN atau TQNS kan ada,

Kyai Nur CahyaningTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang