Bagi gue hari Senin adalah hari yang paling membosankan diantara hari lainnya. Ya, bayangin aja panas-panasan hampir satu jam, belum lagi entar ngedengerin ceramah dari pembina yang panjangnya mengalahi panjang rel kereta api.
Gue hari ini hadir ke sekolah kayak jam biasa—07:00 pagi tanpa kurang tanpa lebih—selama bersekolah di SMA BTI, gue jarang banget telat. Bokap ama nyokap emang udah ngebiasain sikap on time dari gue kecil, bahkan zigot mungkin. Kalo diinget-inget gue pernah telat satu kali, itupun gue alamin saat gue masih duduk di bangku kelas 10.
Gue berjalan santai saat melewati koridor menuju kelas gue. Teman-teman sepermainan yang berpapasan sama gue menyapa dengan begitu ramah yang pastinya gue balas juga dengan sapaan yang tak kalah ramah. Saat gue melewati koridor kelas IPA, gue nyempetin aja tuh buat liat kelas IPA 2 yang notabenenya adalah kelas calon makmum gue, pede banget gue yak wkwk tapi aminin aja deh. Kepala udah gue munculin dibalik dinding IPA 2 yang membuat Adeera—sohib Fatimah—yang kali itu piket terkejut terheran-heran. Gila! Dikira gue setan kali yak.
“RAYHAN! LO NGAGETIN GUE AJA SIH!” Adeera teriak-teriak kayak orang kesurupan sambil nyodorin sapu yang ada di tangannya ke kepala gue.
“Ye.. siapa juga yang mau ngagetin lo, lo nya aja yang emang kagetan.”
Adeera ngacuhin gue. Tega bener emang ni cewek satu, masa cowok seganteng gue diacuhin begini. Gak papalah diacuhin dia asalkan engga diacuhin Fatimah hehe.
“Fatimah mana?”
“Ngapain lo nanya-nanya dia?” Adeera nanya sambil menyapu debu ke arah gue. Dia nyapu udah kayak orang kesetanan tau gak, cepat bin kilat. Saat mulut gue terbuka buat jawab pertanyaan dia, nih cewek malah makin cepet nyapunya sampai bikin itu debu masuk ke mulut gue. Tenggorokan yang awalnya adem ayem, sekarang gatel-gatel sampai gue batuk-batuk. Untung si Adora ini cewek, kalau enggak udah gue cubit jantungnya.
“Lo kayaknya ada dendam tak terbalaskan ya ke gue?”
“Emang!” ketus bet dah ah sahutannya kayak emak-emak kos-kosan yang nagih uang bulanan tapi enggak dibayar. “Lagian lo kenapa masih disini sih?!”
“Salah elu belum ngasih tau gue Fatimah dimana.”
Adora mengernyit keheranan. Fyi, nama dia itu emang Adeera, tapi gue lebih nyaman manggil dia Adora. Salah dia juga kenapa rambutnya kayak dora, makanya gue manggil kayak gitu. “Belum dateng.” Adora langsung berjalan ke arah belakang kelasnya buat naruh sapu, habis itu dia jalan ke meja dia sama Fatimah. Gue menghela nafas putus asa, tapi demi dapetin hati Fatimah sang calon makmum, gue kudu semangat. Semangat Rayhan ganteng! Ucap gue dalam hati.
Gue ngelanjutin langkah menuju kelas kebanggan gue yang jaraknya cukup lumayan dari kelas Fatimah. Sesampainya di kelas, gue disambut hangat sama dua sobat gue—Gara dan Zainal, nama kerennya Zai—gue bertos sama dua human itu ala-ala laki macho terus ambil tempat di mejanya Zainal.
“Lo ngapa dah pagi-pagi udah kusut begitu?”
“Ya elah Zai, apasih yang bisa bikin seorang Rayhana Adriwinata mukanya kusut kayak rambut yang gak dikeramas satu minggu kalo bukan gara-gara calon makmumnya.”
“Nama gue Rayhan, gak pake tambahan 'A' di akhirannya kalo lo lupa.”
Si Gara-gara cuma cengar-cengir kagak jelas kayak kuda, kan makin tambah kesel gue. Tapi gue mesti tahan emosi, karena Fatimah selalu bilang, “Orang yang sabar itu disayang Allah.” Kalau di versi gue nambah satu, orang yang sabar itu disayang Allah dan disayang Fatimah, itu berlaku buat gue aja tapi, hehe.
Lama gue berbincang-bincang sama duo kampret, akhirnya pemberitahuan tentang upacara segera dimulai berbunyi. Dengan gerakan yang santuy, gue bangkit dari meja Zainal terus buka resleting tas gue buat ngambil topi yang rasa-rasanya udah gue masukin ke dalam sana. Tapi kayaknya hari ini adalah hari yang paling apes buat gue.
“Zai!”
“Ck, paan?”
“Lo tadi buka tas gue?”
Zainal ngelirik sekilas ke arah tas gue terus geleng-geleng kepala. “Kagak. Ngapain gue bongkar-bongkar tas elo, kuker banget.”
Mampuslah gue! Kenapa gitu keapesan gue harus terjadi hari ini? Ya Allah, gue gak bisa berkata-kata selain mengucap istigfhar sambil ngelus dada dan tentunya menguatkan diri untuk kena hukuman yang entahlah gue harus bahagia apa enggak nerima hukuman itu. Ketika gue lagi asik-asiknya ngucap istigfhar, tiba-tiba aja tangan gue ditarik secara paksa oleh abang Gara. Pantes aja ni anak dikasih nama Gara, hidupnya nyari gara-gara mulu ama orang.
Dengan sangat terpaksa gue ngikutin nih anak sampai lapangan sambil lari-lari ala film India kuch-kuch hota hai. Baru aja kaki gue nyentuh lapangan, eh.. tangan gue yang awalnya ditarik kenceng ama ni Gara-gara, tiba-tiba dihempaskan begitu saja sampai gue sendiri mau jatuh nyium lapangan. Demi Zainal yang sekarang cintanya masih digantung di pohon cabe, si Gara-gara bakal gue ceburin ke kolam yang ada buaya-nya. Buaya darat sekalian kalo perlu.
Gue yang masih terengah kini langsung sadar saat suara bapak Tono—kepala sekolah—sudah menghiasi pengeras suara agar murid-murid segera merapat ke lapangan. Gue berjalan dengan langkah tegap sedikit lesu ke arah barisan paskibra untuk melaksanakan hukuman. Tuh kan, kurang teladan apalagi coba gue? Tanpa disuruh guru, gue langsung nyerahin diri daripada diceramahin panjang lebar ama guru BK di barisan kelas, kan makin malu.
Upacara dimulai, satu persatu murid yang ada di lapangan tiba-tiba aja mingkem seolah mereka robot yang sudah diatur. Dari posisi gue saat ini, mata elang gue.. asekk kenapa gak sekalian mata dinosaurus biar lebih gede? Lanjut.. mata elang gue membelah barisan kelas 12 IPA 2 untuk mencari keberadaan sang calon makmum. Pas banget, barisan 12 IPA 2 itu gak jauh-jauh banget dari hadapan gue, jadi lebih enak liatinnya. Tapi yang gue cari-cari kok kagak ada nampak batang hidungnya ya? Mata gue yang minus apa gimana, nih?
Gue coba kucek-kucek mata gue lagi tapi hasilnya tetap sama, Fatimah gak ada di barisan.
Suasana hati yang awalnya secerah pagi hari ini tiba-tiba aja langsung mendung kayak mau hujan badai angin ribut halilintar, eh jatuhnya kayak lagu yak. Gue menunduk lesu. Sehari tanpa kehadiran Fatimah di hari-hari gue rasanya kayak sayur tanpa micin, kurang sedap. Ketika gue masih setia menatap sepatu converse hitam putih gue, tiba-tiba ada kaki seseorang yang berhenti tepat di sebelah gue. Gue melirik sekilas ke arah kaki tersebut yang dibaluti dengan sepatu hitam polos dan rok abu-abu panjang.
Bentar-bentar, rok abu-abu panjang? Perasaan yang pakai rok panjang sampai mata kaki di sekolah ini cuma..
“Fatimah?” gue membeo sedikit tak percaya karena baru pertama kalinya gue ngeliat Fatimah dihukum.
“Waalaikumsalam Ray..” Fatimah membalas kata-kata gue dengan ucapan salam yang begitu menyejukkan hati yang awalnya mendung ini.
“Eh, Assalamualaikum Fat. Maaf lupa.” Gue menggaruk tengkuk gue yang gak gatel karena saking gugupnya gue, cuy!
“Waalaikumsalam.” Sahut dia sambil nunduk dan tersenyum manis. Ya Allah, abang meleleh dek!
“Kok tumben-tumbennya telat?”
“Nanti aja bicaranya, lagi upacara.” Setelah kalimat itu, obrolan gue sama calon makmum berakhir. Untuk sementara waktu aja, sih gara-gara upacara udah dimulai dan mau memasuki sesi pengibaran bendera. Tapi upacara kali ini membawa berkah bagi gue karena hari ini gue bisa berdiri berdampingan dengan sang calon makmum walaupun berjarak dua jengkal. Dan hukuman hari ini gue jalani dengan amat bahagia.
Ya Allah, nikmat mana lagi yang kau dustakan!
Masih semangat buat puasa hari ini? Masih semangat juga gak merjuangin orang yang disayang kayak Rayhan? Wkwk.Babang gans kita si Rayhan lagi bahagia nich enaknya diapain yak?🤔
Next? Komen sebanyak-banyaknya dan vote part ini. Kalau udah kecantol suka sama kisah Rayhan dan Fatimah share ke temen² kalian ya! Karena SCM Akan menemani di setiap hari kalian selama bulan Ramadhan.
Salam kemas, kecup, manis dan sayang!😘
KAMU SEDANG MEMBACA
Sang Calon Makmum [SELESAI]
Teen Fiction"Ini tasbih buat kamu biar sehabis sholat kamu nggak ngelupain dzikirannya." Fatimah memberikan sebuah tasbih kecil berwarna kecoklatan yang gue terima dengan keterkejutan. Itulah salah satu kenangan yang diberikan oleh Fatimah, perempuan berhijab y...