Beberapa hari setelah kejadian hari itu, gue gak memunculkan batang hidung gue lagi ke hadapan Fatimah. Setiap kali gue muncul di hadapan Fatimah, rasa sakit itu kembali datang. Apalagi ketika melihat Fatimah sama Furqan di kantin, langsung aja dah gue melenyapkan diri saat itu juga. Semakin hari gue melihat hubungan mereka yang makin deket dan tentunya semakin membuat gue patah hati.
Hari-hari tanpa percakapan dengan Fatimah rasanya hidup gue gak tentu arah. Jujur, gue sekarang lebih banyak ngelamun. Gak di rumah gak di sekolah kerjaan gue sekarang ya ngelamun, pengejaran cinta gue untuk mendapatkan hati Fatimah dan restu orang tuanya udah pupus di tengah jalan. Dalam lamunan, gue selalu membayangkan kebersamaan gue dengan Fatimah, tapi ujung-ujungnya gue kembali tersadar kalau itu akan hanya jadi khayalan belaka. Cowok model kayak gue mana cocok sama Fatimah?
Seperti hari pada biasanya gue bertolak dari rumah ke sekolah menggunakan vespa oranye kesayangan acu. Setelah sampai di sekolah lalu memarkirkan si oranye, gue langsung masuk ke dalam area sekolah menuju kelas untuk ngelamun kembali. Oh iya, semenjak hari itu terjadi gue banyak menghilangkan kebiasaan gue, salah satunya menanyakan keberadaan Fatimah kepada Mang Ajri. Entah kenapa gue males aja ngelakuin itu, toh gak ada gunanya juga gue nanyain keberadaaan seseorang yang udah punya dambaan hati. Gue gak mau disebut pebinor, jadi biarlah gue yang mengalah :(
Langkah terus membawa gue ke sebuah kelas yang berpapan nama XII IPS 1. Tapi sebelum itu, gue mampir dulu ke tempat bude buat beli permen batang yang gambarnya sapi lagi berdiri sambil bergaya di depan kamera.
Gue mengambil permen rasa melon dan coklat masing-masing satu buah. Setelah itu memberikan uang berwarna ungu pada bude yang saat itu tengah bersantai ria, “Ini Bude,” si bude langsung nerima uang itu dengan riang gembira lalu memberikan kembaliannya ke gue. “Makasih Bude.” Gue mengucapkan rasa terima kasih lalu berniat untuk meninggalkan kantin. Namun, bude menahan langkah gue menggunakan ucapan beliau.
“Cah lanang, kemarin Fatimah nyariin kamu.”
Lantas gue berbalik badan, “Kenapa nyari saya?”
“Bude kurang tau’e. Pokoknya dia nyariin kamu gitu.” Bude berucap dengan logat Jawa-nya yang bikin gue menekan pangkal hidung untuk menghilangkan rasa pening yang tiba-tiba menjalar. Gue gak pusing sama logat yang dipakai bude, tapi pusing sama diri gue sendiri karena kembali memikirkan Fatimah dan berangan-angan kembali. Ck, lemah banget lu Ray jadi cowok! Benci gue liatnya.
Setelah mendengar penjelasan bude barusan, gue langsung berjalan meninggalkan kantin. Namun, baru beberapa langkah gue menjauh dari kantin, seseorang yang memanggil nama gue dari belakang membuat gue kembali berhenti melangkah. Dia mengucapkan salam dengan suara lembut khas miliknya. Jujur, gue rindu suara ini. gue gak bisa membohongi perasaan gue kalau saat ini gue sedang dilanda kerinduan yang menadalam. Sehari tanpa mendengar suaranya saja membuat gue rindu berat, Ya Allah maafkan hambamu ini yang terlalu mengikuti syahwat untuk merindukan dia.
“Waalaikumsalam.” Sahut gue tanpa berbalik sedikit pun ke arahnya.
“Ray, ini buku Matematika punya kamu. Kemarin aku ditugasin Ibu Candy buat ngoreksi punya kamu. Tapi pas—“
“Makasih.” Gue memotong omongan Fatimah dan langsung mengambil buku milik gue tanpa permisi. Tanpa berbasa-basi seperti biasanya, gue melanjutkan langkah gue kembali untuk menuju kelas. Sedikit merasa bersalah sih ketika gue melakukan hal tadi ke Fatimah. Muka dia yang awalnya sumringah langsung cengo gara-gara kelakuan aneh gue. Duhai Fatimah, tolong maafkan aku, aku tak bermaksud untuk membuat wajahmu muram, tetapi aku hanya berusaha menghindar. Menghindar dari kenyataan bahwa kamu sudah memilih orang lain. Pftt, galau bet dah gue ini.
Bertepatan dengan bel pertanda masuk berbunyi, gue telah sampai di kelas dan langsung duduk manis di samping Zainal yang saat itu sibuk nge-stalk ig mantan. Gimana mau move on kalau hobi masih nge-stalkin mantan? Makanya yang punya hobi kayak si Zainal nih, cepet-cepet dah ganti profesi. Kalau lu nge-stalk ig mantan mulu yang ada lu sakit hati sendiri, nangis-nangis sendiri. Mendingan stalk ig gue aja wkwk.
“Eh, Ray. Ini si Mawar playgirl cap kakap bener dah. Masa baru putus sama si ikan Louhan semenit yang lalu udah posting foto sama cowok lain lagi.” Zainal mengoceh disamping gue sambil ngeliatin foto mantannya yang bermesra-mesraan sama pacar barunya. Heran gue tuh, udah jadi mantan masih aja ngerecokin. Entar dia kesenengan lah!
“Ck! Jangan nge-stalk mantan mulu. Lu itu udah jadi mantan bor, bukan pacar dia lagi. jadi gak usah terlalu ngerecokin hidupnya dia. Entar dianya kesenengan lu stalk-in. Dikira lu gak bisa move on dari dia.”
“Lah, gue kan emang belum seratus persen lupain dia, Ray.”
Sahutan dari Zainal tadi bikin gue mengumpat dalam hati. Ya Allah, punya temen kok bego semuanya ya? “Serah lu dah.” Ucap gue pasrah karena terlalu spechless sama pengakuan yang dibuat Zainal tadi.
Gue mengalihkan pandangan ke arah buku Matematika yang diberikan Fatimah saat di kantin tadi. Sebenernya gue mau dengerin kelanjutan ucapannya dia. Tapi.. ah, bodoh banget lu, Ray! Kalau kayak gini caranya, yang ada Fatimah makin ilfeel sama lo!
“Btw, gimana Fatimah? Mau lanjut apa kagak?”
Gue menghela nafas berat, “Gak tau. Gue juga bingung.” Sahut gue lemah sambil menatap buku tulis yang ada di depan gue dengan sendu. Entah kenapa gue sekarang jadi melow-an gini semenjak hari itu. Gue merasa kayak cewek sekarang, dikit-dikit melow, dikit-dikit sensitif-an, dikit-dikit ambekan. Ah elah, entah apa yang merasuki jiwa gue—bacanya jangan bernada, entar pada joget-joget kagak jelas—
“Pagi anak-anak!” Ibu Mega yang mengajar bidang Sosiologi di kelas kami akhirnya masuk setelah beberapa menit kami menunggu. Gue dan yang lainnya menyahut sapaan beliau lalu mengeluarkan buku Sosiologi sesuai dengan perintah beliau.
Ketika gue membuka tas dan hendak memasukkan buku Matematika gue itu ke dalam sana, gue agak sedikit kepo sama nilai yang gue peroleh dan akhirnya gue membuka lembar demi lembar buku itu untuk menemukan tugas yang diberikan Ibu Permen kemarin.
Angka 20 menghiasi lembar tugas gue. Gue mah udah biasa dapet bebek sama telurnya kayak gini, bahkan cuma telurnya aja juga pernah, gede lagi. Jujur aja, gue emang lemah di Matematika. Tapi kalau pelajaran di bidang IPS yang lain, gue jago apalagi sejarah. Tentang sejarah mah gue pantengin terus sampe gurunya moloran juga gue pantengin karena gue suka sejarah. Tapi sejarah tentang hubungan yang dulu sama mantan mah hempaskan aja. Untuk yang satu itu gak perlu dikenang lagi.
Tapi kali ini bukan bebek sama telurnya yang gue salfok-in. Gue salfok sama sebuah notes atau pesan yang ditulis tangani oleh seseorang di pojok kanan bawah lembar kertas jawaban gue.
Notes: Matematika itu bukan pelajaran yang sulit, kamu cuma kurang mengerti dan memahaminya. Kalau aja kamu memiliki dua hal itu, aku yakin kamu pasti bisa ngerjakan soal ini. Tetap semangat belajar :)
Fatimah.
Gue mengerjapkan mata beberapa kali karena masih gak percaya kalau yang nulis itu adalah calon makmum gue. Gue lagi mimpi apa gimana nih? Bilang enggak supaya gue sadar kalau ini bukan mimpi. Gue kembali mengulang kalimat yang dituliskan Fatimah di baris kedua. Jadi gini Fatimah calon makmumku tercinta, aku udah berusaha mengerti dan memahami kamu, tapi kamunya yang gak paham aku. Sakittt hati abang, Fatimah :(
Udah lah ya, dari pada drama gue berlanjut gak karuan mending gue akhiri dengan akhirul kalam, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perjuangan kembali bermula!
Sang Calon Makmum up-nya agak telat nih soalnya ketiduran😅
Ada yang kangen kisah perjuangannya Babang Ray? Hm, nih Babang Ray hadir untuk menemani waktu sahur kalian. Semangat puasanya!🥰
KAMU SEDANG MEMBACA
Sang Calon Makmum [SELESAI]
Fiksi Remaja"Ini tasbih buat kamu biar sehabis sholat kamu nggak ngelupain dzikirannya." Fatimah memberikan sebuah tasbih kecil berwarna kecoklatan yang gue terima dengan keterkejutan. Itulah salah satu kenangan yang diberikan oleh Fatimah, perempuan berhijab y...