Sembakung adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Nunukan Propinsi Kalimantan Utara. Propinsin Kalimantan Utara adalah propinsi pemekaran dari Propinsi Kalimantan Timur yang beribukota di Tanjung Selor. Propinsi ini terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota, yaitu Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan.
.
Kabupaten Nunukan sendiri adalah pemekaran dari Kabupaten Bulungan. begitu juga dengan Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan. Praktis, Kalimantan Uatar Sebenarnya adalah Kabupaten Bulungan yang mekar pesat.
.
Dahulu, Kabupaten Nunukan terdiri dari beberapa kecamatan saja. Antara lain Sebatik, Nunukan, Sembakung, Lumbis dan Krayan. Saat ini masing masing kecamatan sudah mekar menjadi beberapa kecamatan. Nah kecamatan Sembakung ini sudah mekar menjadi dua kecamatan yaitu kecamatan Sembakung dan Sembakung Atulai.***
.
Tahun 2014, pendidikanku selesai. Aku memutuskan untuk mencari kerja segera, dan kebetulan dapat info lowongan kerja di kalimantan. Tanpa babibu lagi segera aku kirim lamaran dan CVku. Dan ternyata fast respon banget. Langsung HRD telpon aku dan menyatakan diterima. Padahal tanpa wawancara tatap muka 😅. Dulu masih lugu ya, jadi ya bahagia banget kalo dapat panggilan kerja langsung kayak gitu. Kalo skrg? Kayaknya mending wawancara dulu, dan saat wawancara ada penjelasan jobdes, hak n kewajiban. Agar semua lebih jelas diawal dan gak ada ini inu dibelakangnya.
.
Aku berangkat dari bandara Juanda Sedati Sidoarjo. FYI, meskipun kodenya adalah SUB (surabaya) dan sebagian besar orang juga tahunya juanda itu di surabaya, tapi secara administrasi Bandara Juanda berada di kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Sama halnya dengan terminal Purabaya/Bungurasih, terletak di kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.
.
Sesaat sebelum aku check in, Bapak memeluk dan mencium pipiku. Ini momen terbaper dalam bertahun tahun hubungan ku dengan bapak. Yups, sejak aku beranjak remaja aku mulai kehilangan rasa akrab dengan bapak. Bapak sibuk bekerja. Aku sibuk sekolah. Pun ketika dulu bapak melepasku untuk kuliah di Sby pun, gak sebaper ini. Gak ada tuh ritual peluk dan cium. Ya mungkin karena aku mau pergi jauh, ke seberang lautan. Ditambah lagi sejak ibu meninggal, praktis aku cuma punya bapak.
.
Bapak berkaca kaca. Aku pun demikian. Meski aku punya segudang kegembiraan n harapan saat melangkah masuk ke ruang check in bandara.
.
Setelah tiba waktunya, aku pun masuk ke pesawat. Dan setelah tiba waktunya pula, pesawat membawaku terbang menyeberangi laut jawa menuju pulau seberang : Kalimantan. Ini pertama kalinya aku naik pesawat. 😅. Awalnya agak gugup dan takut sih. Terutama saat tinggal landas. Tapi lama-lama biasa aja. Kayak naik bis.
.
Karena pertama kali, aku excited banget. Apalagi tempat duduk ku di pinggir jendela. Ya iyalah aku lihat lihat awan tanpa jemu jemu nya. 😂
.
Setelah Sekitar 1 jam kami terbang, pesawat pun mendarat di bandara Sepinggan Balikpapan. Loh koq Balikpapan sih? Kan tujuanku Tarakan. Sempat bingung sih. Eh ternyata berhenti dulu. Ya mungkin kayak kalo kita ke Yogyakarta ya, kan kita singgah dulu di Madiun dan Solo sebentar, terus lanjut.