2. Siapa sih, Dia?

242 76 13
                                    

"Maaf atuh, Teh."

"Bukan gara-gara kamu nggak bisa jemput, Ru. Enggak apa-apa kalo emang ada ngumpul dadakan mah, Teteh ngerti. Tapi maksudnya ngapain gitu, bilang ke Haikal segala?"

"Aru 'kan juga mikir, Teh. Kalo Teteh pulang naik umum pasti sampe rumah malam. Ya kali Aru biarin aja."

"Masalahnya nggak enak sama ceweknya Haikal, Ru. Teteh tuh posisinya mantan. Mau Teteh dilabrak pacarnya gitu?"

"Tapi—"

"Mau?"

"Nggak, atuh."

      Aku bilas piring terakhir, kemudian selesainya aku letakkan di rak piring sebelah westafel. Setelah mencuci tangan dan mematikan keran, aku balik badan. Lihat Aru masih duduk di kursi makan sambil bertukar pandang ke Ayah yang lagi makan melon di sebelahnya. 

"Yah, bantuin!"

      Dia bisik-bisik ke Ayah, tapi kenceng. Nggak jelas. Abis makan malam aku akhirnya marah-marah ke Aru. Tapi sambil cuci piring, jadi aku marah-marahnya munggungin adikku. Iya, Alfharu yang panggilannya Aru itu adik laki-lakiku, si bungsu di keluarga. Dia kelas sepuluh, sedangkan aku kelas duabelas. Beda sekolah. 

"Maafin dong, Teh, adiknya. Mau gimana juga 'kan Aru mikirin Teteh," kata Ayah. Aku diam saja. Sebenarnya dibanding bertengkar, lebih banyak akurnya antara aku dan Aru ini. Walaupun anaknya resek dan nyebelin, dia memang selalu mikirin aku. 

"Gih ke minimarket depan, gih! Beli jajanan."

***

      Akhirnya waktu itu aku dan Aru belanja ke minimarket. Aru yang minta maaf juga udah aku maafin. Semarahnya aku sama Aru juga mana bisa lama-lama. Tapi anehnya Aru yang kalau lagi ngambek sama aku pasti bakalan lama. Idih kayak cewek aja. 

"Teh, Aru ambil Kinder Joy, boleh?"

"Ambil aja, atuh. Disuruhnya juga yang jajan 'kan bukan Teteh doang."

"Oke."

"Teteh," panggil Aru yang bawain keranjang belanjaan. Sedangkan aku lagi mikir-mikir mau ambil apa lagi. 

"Apa?"

"A Haikal suka nyebelin gitu emang sama Teteh?" tanya Aru.

      Jadi Haikal yang merupakan mantanku itu temannya Aru juga. Biasa, bujang komplek yang suka pada main bareng walaupun beda blok. Aku pacaran sama Haikal nggak lama sebenernya, mungkin setengah tahun dan baru aja putus dua bulan lalu waktu itu. 

      Aku sama Haikal bisa dibilang putus nggak dalam keadaan yang baik. Aku ngira dia selingkuh, terus dianya juga jelasin ke akunya udah malas duluan. Mungkin karena aku tuh anaknya keras kepala. Ya udah akhirnya gitu aja. Kitanya sama-sama nggak jelas.

"Nggak sih. Tapi aku mah udah males aja sama apa-apa yang berhubungan sama Haikal. Jadi kamu temenan mah temenan aja, nggak usah ribetin aku ataupun dia. Udah nggak ada apa-apa juga," ujarku ke Aru, berharap anak itu ngerti. 

"Ya udah ah, jangan marah lagi."

"Marah ke siapa?"

"Ke Aru lah."

"Teteh 'kan bilang udah dimaafin."

"Ah masih judes!"

Aku ketawa kecil jadinya.

"Nah, baru!" katanya sumringah. Aku geleng-geleng kepala aja. 

      Aku nggak bingung kenapa dia bisa semanja ini ke aku. Sosok perempuan yang harusnya bisa dipanggil Ibu nggak ada. Ibu pergi ninggalin aku, Ayah, dan Aru waktu Aru masih umur lima tahun. Kita bertiga berusaha baik-baik aja walaupun sulit. Semua urusan rumah dipegang Mbak Cici yang kerja di keluarga dari aku bayi. Tapi yang ngasih kita kasih sayang seorang Ibu nggak ada. 

"Aku aja yang ngantri," kata Aru mengambil alih keranjang belanjaan pas kita jalan ke kasir. Aku ngangguk, kemudian keluar dari Indomart.

      Aku nunggu Aru di kursi depan Indomart sambil lihat ke jalanan. Terus di sebrang sana, aku lihat ada cowok jalan dan masuk ke toko buku yang memang letaknya di sebrang Indomart ini. Itu si Laki-laki Hujan. Aku yakin seratus persen karena aku lihat jelas wajahnya. Baru aja aku bangun dari duduk dengan niat hati mau nyebrang nyamperin,

"Teh, ayo pulang!"

***

seblak squad

masa gaada yg kenal sih lu smua |

Gina: ya klo lo tau namanya bisa jadi gue kenal, jane

Gina: lo nya aja cuman diskripsiin fisiknya doang. nga jelas euy

Kana: alis tebel? 

ck gua ga sempet liat nametag nya kemaren |

Kana: jeno kali anak kls 11

jeno mah gua tau, Na |

Gina: dih gue ikut penasaran 

Kana: sama

katanya sih rumahnya deket sekolah |
tapi klo rumahnya deket sekolah |
kenapa bisa gua liat dia di toko buku deket rumah gua? |
rumah gua kan jauh dari sekolah |


Gina: toko buku yg depannya indomart deket gapura rumah lo?

iyaaa |
mana ga bilang makasih lagi padaha l abis minjem payung gua |


Kana: kalo anak baru pasti kita tau kan

iyalah, secara kita ada gina |
pak johnny ganti parfume aja kita baka l tau gara gara dikasih tau gina |


Gina: BERGUNA BGT KAN GUE

Kana: MAK MAK GOSIP BANGGA

Gina: HARUS LAH ANYING

ah |

Gina: ganteng emangnya, Jane? 

Kana: kayaknya sih. soalnya doi penasaran banget tuhhhh

GA GUNA LO SMUA |

Gina: dih anying maneh

Kana: garoblog ah

Aku meletakkan handphone di sampingku dengan cara melemparnya pelan. Ah, siapa sih dia?! 



**********************************

📝 :

mau kenalan sama adeknya jane nga? tapi ga boleh minta nomor wasafnya ya! apalagi minta nomor wasaf si ayah>:(

mau kenalan sama adeknya jane nga? tapi ga boleh minta nomor wasafnya ya! apalagi minta nomor wasaf si ayah>:(

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Sorai [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang