Kemana?aku harus melangkah?
Agasbara
Samar-samar bara mendengar dari ruang tamu jika ada beberapa langkah laki yang berjalan pelan menaiki arah tangga,bara mencoba melihat nya dia ada dapur untuk mengambil air minum,jika kalian tanya mengapa bara bisa masuk kedalam rumah dia terpaksa membuat kunci duplikat karena memang hanya ini satu-satunya cara.dia melihat jika keluarga Narendra tengah membawa kue ulang tahun berserta lilin menyala di atasnya,mungkin mereka akan merayakan ulang tahun widya,karena setiap tahun memang akan ada surprise terlebih dahulu sebelum adanya pesta nantinya.
Bara selalu bersyukur ibunya tidak menangis lagi,bara juga bersyukur mendapatkan donor tepat sebelum hari ulang tahun Widya,dia tidak mungkin bisa membayangkan jika saja anan tidak kunjung mendapatkan donor mungkin ibunya tidak akan pernah mengingat hari kelahirannya.bara terlalu lama melamun hingga tak sadar jika mereka telah sampai di depan pintu kamar Widya.dia baru bisa mulai mengikuti setelah mereka semua masuk kedalam. bara selalu berdoa agar dia tidak pernah menghancurkan hidup widya lagi.
saat sampai pada lantai atas bara dapat melihat dengan jelas banyak senyuman kebahagiaan di wajah mereka terutama wajah ibunya.Widya selalu cantik jika sudah tersenyum walau tidak muda lagi tapi tetap saja ibunya selalu cantik di matanya.
Sedangkan dirinya hanya bisa melihat dari balik pintu yang sedikit terbuka,jika boleh jujur bara juga ingin ada di sana merasakan hangatnya keluarga dan manisnya kue ulang tahun dengan suapan tangan Widya.sedari kecil bara tidak pernah di ajak meski iya pernah meminta,amarah serta pukulan selalu menjadi jawaban ketika bara mulai memintanya
"Tiup lilin dulu ma"suara lembut Aluna membuyarkan lamunannya bara menatap ibunya tengah menutup mata sembari meminta permohonan,bara juga melakukan hal yang sama menutup rapat matanya dan membuat permohonan doa untuk ibunya.
Semoga mama selalu di kelilingi hal-hal baik
Bara juga berharap mama panjang umur dan selalu bahagia di manapun mama berada.
Terakhir .
Bara berharap mama mau sayang bara
Aminn.."Semoga tahun berikutnya mama mau rayain ulang tahun bareng bara,untuk sekarang aku temenin di sini dulu"dia meremat kaos polos miliknya,bara hanya anak 17 tahun yang masih butuh cinta dan juga kasih sayang seorang ibu.
••••
Pagi harinya bara sudah bersiap mengenakan seragam sekolahnya,menatap kearah kaca dimana pantulan dirinya terlihat jelas,garis mata yang menandakan lelah serta senyum penuh paksa bara selalu coba perlihatkan,miris kan dia hanya punya dirinya sekarang.