Nggak ada yang namanya teman itu sampah, kecuali mereka!
-Langit
Teriakan Bintang masih menggema di otak gue, gue bingung kenapa suara itu nggak mau pergi. Bahkan tamparan maut tu cewek masih ada bekas di pipi, walau sih nggak seberapa kelihatan. Ending dari murkanya ayah semalem itu, ponsel gue tetap disita. Bunda nolak bicara sama gue, begitupun ayah. Sunny berkali-kali minta maaf sama gue, sebenarnya itu bukan sepenuhnya salah Sunny.
Sepupu laknat gue datang ke rumah tiga puluh menit setelah Sunny nganterin Bintang ke kamar tamu. Setelah gue sama Sunny sibuk debat tentang masalah Bintang. Saat gue mandi. Iya sepupu laknat itu ngobrak-abrik kamar gue. Nemuin sekotak kardus yang isinya ponsel - ponsel gue, dia baca satu per satu ketika gue mandi. Harusnya Sunny nyegah itu semua, tapi cewek kampret itu malah enak - enakan baca buku di pojok kamar.
Setelah semuanya jelas, sepupu gue laporin semuanya ke ayah. Beserta bukti kejahatan gue selama ini, gue nggak tahu pasti. Yang tahu itu si Sunny, akhirnya selepas mandi gue langsung diseret ayah ke bawah. Ke ruang tamu, gue diomelin abis-abisan. Kuping gue panas, serius.
Sunny berkali-kali ngirim isyarat maaf lewat bibir, tapi gue ngacuhin dia. Hingga tiba pada adegan yang bikin gue ngakak, tapi gue tahan-tahan. Ya kali, ntar ayah makin marah sama gue. Setelah gue ke tempat kejadian, gue lihat posisi Bintang yang — ah nggak etis banget serius. Dia nyungsep, setelah itu ayah nyuruh Bintang buat gabung ke bawah.
Rasa sakit akibat ditampar Bintang semalem itu beneran bikin perih, walau sih merahnya nggak seberapa kelihatan. Karena Sunny nebus rasa bersalahnya dengan ngompres gue ampe gue ketiduran di kamar.
Semalem gue kan bilang, pacar gue cuma sembilan puluh delapan orang. Nah, semalem naik jadi seratus dong. Screenshot udah gue kirim ke Kevin, gue juga udah resmi jadi anggota geng mereka. Tetapi, setelah itu semua gue mendadak bingung. Yang gue rasain itu hambar.
Tadi, bunda sama ayah pergi, mereka nggak pamit sama gue. Dan itu tumben, biasanya mereka itu nanya minimal oleh-oleh. Tapi hari ini, gue serasa sepi serius. Gue lihat Bintang dari sini, cewek itu lagi ngangkat telepon.
"Lang, gue sungguh minta maaf. Gue nggak tahu kalo si Geland-ang itu ngobrak-abrik kamar elu."
Gue masih ngacuhin Sunny, walau nadanya udah dimelas-melasin gitu. Cara dia nyebut nama sepupu gue aja, gue udah nahan ngakak dari tadi. Astaga Sunny, emang gue terlihat marah, ya?
"Lang, lu kok diam aja, sih? Bilang iya kek, atau apa gitu?" rajuk Sunny lagi.
Kalian nanya kenapa gue nggak berangkat ke sekolah? Yeah, sekarang gue lagi otw lomba sih. Masih jam sepuluh, dan sekarang jam enam pagi. Sunny sibuk nyerocos di belakang gue, sedangkan gue ngelamunin yang gue lakuin semalem.
"Ny," panggil gue, motong curhatannya — yang masih ngarep maaf dari gue.
"Lu marahnya lama amat sih, Lang. Gue nggak enak tahu dikacangin kek kacang rebus, kacang rebus aja lu makan. Masa gue lu anggurin sih, kenapa nggak lemonin aja." Sunny memilin bajunya, menatap lantai, kayaknya dia masih nggak berani natap gue.
"Yang bilang gue marah siapa, sih?" tanya gue heran.
Sungguh semalam itu gue emang kesel seratus delapan puluh derajat sama Sunny, tapi gue nggak ada sama sekali niatan buat marah berhari-hari sama dia.
Pluk
"Aww." Gue meringis sakit, gimana nggak sakit. Ini cewek sarap nimpuk gue pake buku segede kamus, ya sakit lah. Gila banget, tangannya lemes sumpah. Lemes mukul orang.
"Nyesel gue minta maaf berkali-kali sampe kayak debt collector sama elu, mana gue paham kalo lu nggak marah sama sekali!" ketus Sunny kemudian.
Lho, kok malah dia yang ngambek, sih? Gue melongo lihat pemandangan di depan, ini drama apa lagi.
"Apa lu liat-liat!" Sunny melotot, gue cuma lihat dia sebentar padahal.
"Ih, berhenti liatin gue! Pake mata lagi!" dengkusnya, lagi.
"Emang lu pikir lihat orang pake apa?" tanya gue penasaran, gue beneran penasaran.
"Pake mulut! Ya pake mata lah!"
"Dahlah, Ny. Gue cuma mau bilang sesuatu, bentar lagi gue mau lomba—"
"Gue udah tahu dari Bintang."
Gue natap Sunny tajam, enak aja dia motong pembicaraan kek motong martabak.
"Lu nggak usah ikut!" seru gue santai.
"Lho?" Sunny natap gue nggak terima, jelas saja dia mau ikut.
"Mobil gue nggak muat, lu banyak dosa," celetuk gue lagi.
Sunny mencubit lengan gue kencang banget, gue mengaduh kesakitan. Berakhir dengan kita kejar-kejaran keliling rumah sambil terbahak-bahak, hati dan pikiran gue perlahan mulai lupain kejadian semalem, walau nggak sepenuhnya gue bisa lupa.
"Lang," panggil Sunny.
Gadis itu telah menyerah, dia duduk selonjoran di rerumputan. Gue ber-hm pelan.
"Lu nyesel ya, punya sahabat kek gue? Lu pengen punya temen cowok ya, Lang?"
Gue terkesiap, sungguh semalem itu gue nggak ada sama sekali niatan buat nyakitin Sunny. Mungkin, sebagian uneg-uneg gue semalem nyakitin dia banget.
"Gue nggak tahu, Lang. Lu nggak pernah sekali pun cerita ke gue, Lang." Sunny terisak pelan.
Gue bingung harus nanggepin gimana, gue ragu buat meluk dia. Padahal biasanya dia seneng banget gue peluk, akhirnya gue beneran meluk Sunny. Sambil ngelus-ngelus dia kek kucing.
"Sunny, semalam saat lu ngompres gue. Gue ngerenungin kata-kata Bintang, ternyata elu benar-benar temen gue, Ny. Makasih ya, Ny. Lu selalu ada saat gue benar-benar butuh, lu teman terbaik gue."
Tanpa sadar gue nangis, gue ngucapin sederet kata itu sambil nangis. Astaga, drama banget hidup gue.
.
.
.
.
.
.
.Happy Reading
Mila-chan🥰